MANAJEMEN PERUBAHAN PELAYANAN DARI UNIT PELAYANAN TERPADU SATU ATAP MENJADI DINAS PERIJINAN DIKABUPATEN BANTUL

Mohammad Anang Sukmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Perubahan yang terjadi diKabupaten Bantul yang dulunya UPTSA menjadi Dinas Perijinan yang mengiginkan banyaknya perubahan untuk menambah kepuasan masyarakat serta menambah cepatnya proses perijinan di Kabupaten Bantul.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini berlangsung selama satu bulan di kantor Dinas perizinan Kabupaten Bantul Komplek ll Perkantoran Kab Bantul Jl Lingkar Timur Manding Trirenggo Bantul. Informan penelitian ini adalah Ketua Dinas Perizinan,Kepala Subag Pelayanan,Mantan Kepala UPTSA, Masyarakat yang mengurus perizinan Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Triangulasi sumber dipilih sebagai teknik keabsahan data. Teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.Penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen Perubahan pelayanan yang berada di Dinas Perizinan Kabupaten Bantul yang dulunya UPTSA untuk mempercepat. Hasil penelitian oini dalam proses serta kepuasan masyarakat Bantul tentang perizinan belum sesuai yang diharapkan dikarenakan proses yang ada masih berbelit belit serta kepuasan pelayanan pada masyarakat belum begitu puas sedangkan fasilitas di Dinas Perijinan Kabupaten Bantul sudah sangat memadahi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v1i2.3852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress