MANAJEMEN PERUBAHAN PT KAI DAERAH OPERASI VI YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JASA KERETA API

Ulfa Amalia Offie Commarill

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen perubahan PT KAI Daerah
Operasi VI Yogyakarta dalam meningkatkan kualitas pelayanan jasa kereta api dan faktor
penghambatnya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif.
Subyek penelitian ini meliputi Manager Humasda, Manager Unit Pelayanan, pegawai
Unit Pelayanan dan SDM PT KAI Daop VI Yogyakarta beserta pengguna jasa kereta api.
Instrumen penelitian adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu pedoman
wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi.. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Triangulasi sumber dipilih sebagai teknik pemeriksaan data. Teknik analisis
data menggunakan model interaktif, meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
manajemen perubahan PT KAI Daop VI Yogyakarta dalam meningkatkan kualitas
pelayanan jasa kereta api dilakukan dengan (1) membangun rasa urgensi melalui
workshop dan pembinaan mental, (2) penguatan pimpinan disetiap lini perusahaan, (3)
perumusan visi dan misi oleh PT KAI (Persero), (4) pengkomunikasian visi dan misi
kepada pihak internal melalui perubahan identitas perusahaan dan pengkomunikasian
eksternal melalui media televisi, radio, surat kabar dan spanduk. (5) pemberdayaan
melalui penyesuaian gaji, perubahan struktur, perubahan orientasi, penegakan
kedisiplinan dan realisasi strategi. (6) kemenangan jangka pendek dengan kenaikan gaji,
berubahnya paradigma baru dan pengukuran kepuasan pelanggan. (7) mendorong
perubahan lebih besar dengan perbaikan SDM dan perubahan sistem internal, (8)
pernambatan budaya dilakukan pada saat perubahan yaitu Budaya Lima Nilai Utama.
Faktor penghambat dalam manajemen perubahan ini adalah (1) para pegawai tidak
merasakan rasa urgensi perubahan (2) sabotase eksternal melalui pencurian baut di Rel
kereta api tetapi tidak menghambat secara langsung terhadap perubahan.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v1i5.2504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress