MANAJEMEN TAMAN KOTA DALAM MEWUJUDKAN MAGELANG KOTA SEJUTA BUNGA

Desarta Purnaning Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen yang dilakukan Dinas
Kebersihan, Pertamanan, dan Tata Kota (DKPT) Magelang dalam upaya
mewujudkan Magelang Kota Sejuta Bunga sebagai city branding baru Kota
Magelang. Dalam penelitian ini juga dipaparkan mengenai kendala yang muncul
dalam kegiatan manajemen taman kota. Desain penelitian yang dipakai adalah
deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen taman kota
yang dilakukan oleh DKPT Kota Magelang dalam mewujudkan city branding
Kota Magelang sudah baik. Hal ini ditunjukkan dengan perencanaan yang
dilakukan sesuai dengan Master Plan dari BAPPEDA. Pelaksanaan yang meliputi
organizing, staffing, directing, leading, coordinating, dan motivating dinilai sudah
baik dan sesuai dengan target dalam perencanaan. Pengawasan yang dilakukan
setiap harinya bersamaan dengan tahap pelaksanaan yang dibukukan untuk setiap
bulannya. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya pengetahuan teknis pada
pekerja DKPT dan masih kurangnya partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam
pembangunan taman – taman kota.
Kata kunci: Manajemen, city branding


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v1i5.2503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress