KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA THE QUALITY OF PUBLIC SERVICES IN THE OFFICE OF SUBDISTRICT DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA

Ngaini Rochmah

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik di Kantor
Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. Desain penelitian yang dipakai adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah Camat Depok, Kepala
Seksi Pelayanan Umum, Pegawai Subbagian Umum dan Kepegawaian, dan
Masyarakat pengguna pelayanan. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan
alat bantu berupa pedoman wawancara, pedoman obeservasi dan dokumentasi.
Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik
analisis data menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Depok sudah memenuhi indikator
(1) bukti fisik (tangible), (2)daya tanggap (responsiveness), dan (3) empati
(empathy), pada indikator (4) keandalan (reliability) dan (5) jaminan (assurance)
perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan publik dilihat
dari dimensi tersebut yaitu: (1) Kantor Kecamatan Depok sudah memiliki sarana
dan prasarana yang lengkap. (2) Pegawai pelayanan di Kantor Kecamatan Depok
memberikan pelayanan dan respon setiap pertanyaan dari masyarakat. Selain itu di
Kantor Kecamatan Depok juga tersedia wadah untuk menampung aspirasi. (3)
Pegawai memiliki rasa peduli dengan mengedepankan kepentingan masyarakat
dan adil tanpa memandang golongan seseorang. (4) Pegawai tidak cermat dalam
melakukan pelayanan. Hal ini dibuktikan masih ada kesalahan pengetikan maupun
foto yang tertukar. (5) Masih banyak masyarakat yang mengeluhkan ketepatan
proses pembuatan layanan yang tidak sesuai dengan SOP.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v1i4.2492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress