CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY RUMAH BUMN GUNUNGKIDUL DALAM PENGEMBANGAN UMKM

Rizka Diansari, Pandhu Yuanjaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan sesuatu dalam Corporate Social Responsibility oleh Rumah BUMN Gunungkidul. Penelitian ini penting dilakukan sebagai bahan evaluasi upaya CSR Rumah BUMN Gunungkidul dalam pengembangan UMKM beserta faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan program. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan upaya CSR berdasarkan indikator enabling yaitu Rumah BUMN Gunungkidul belum mampu menciptakan suasana yang memungkinkan potensi masyarakat untuk dapat berkembang. Secara empowering, pelaksanaan program tersebut belum menimbulkan dampak yang signifikan terhadap kemandirian dan pengembangan UMKM mitra binaan. Sedangkan secara protecting, belum menunjukkan adanya program yang keberlanjutan. Kegiatan hanya berjalan diawal saja, mengakibatkan program berakhir tidak terlaksana dengan baik. Komunikasi yang terbangun kurang melibatkan proses dialog dengan UMKM mitra binaan sehingga kurang memahami masalah dan kebutuhan anggota. Faktor pendorong yaitu terdapat variasi program CSR, serta penyediaan fasilitas dan display produk. Sedangkan faktor penghambat meliputi sosialisasi terhadap UMKM yang belum gencar, penyediaan fasilitas yang belum dimanfaatkan, dan perlunya perbaikan dari internal.

Full Text:

PDF

References


Anatan, L. (2009). Corporate Social Responsibility (CSR): Tinjauan Teoritis dan

Praktik di Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha Christian University, 8(2), 66–77.

Arifiyama, A., & Widiari, P. W. (2020). Kurangnya sosialisasi terkait program CSR

memberikan impact dalam citra perusahaan. Junal Ilmu Komunikasi, 293–305.

Arifiyama, A., & Widiarti, P. W. (2021). Implementasi Program Corporate Social

Responsibility Dalam Meningkatkan Citra PT Solusi Bangun Indonesia TBK Cilacap.

Jurnal Ilmu Komunikasi.

Bappeda DIY. (2022). Koperasi dan UKM. Bappeda.Jogjaprov.Go.Id.

Budi, H. (2014). Tiap Orang Bisa Menjadi Pengusaha Sukses dan Kelas Dunia Melalui

UMKM. Jakarta: Gramedia.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed

Methods Approaches (Edition 4). SAGE Publications, Inc.

Degie, B., & Kebede, W. (2019). Corporate Social Responsibility and Its Prospect for

Community Development in Ethiopia. International Social Work, 62(1), 376–389.

https://doi.org/10.1177/0020872817731148

Dharmacahya, B., Padmaningrum, D., & Wibowo, A. (2022). Implementasi Program

Corporate Social Responsibility PT. Pertamina Terhadap Pemulihan Bisnis UMKM

Binaan Akibat Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Dan Penyuluhan Pertanian,

(1), 13. https://doi.org/10.19184/jkrn.v3i1.29082

Dinas Koperasi dan UKM Kab. Kulonprogo. (2018). Mengitimewakan UMKM DIY.

Fadilah, A., Syahidah, A. nur’azmi, Risqiana, A., Nurmaulida, A. sofa, Masfupah, D.

D., & Arumsari, C. (2021). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah

Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. BERNAS: Jurnal Pengabdian

Kepada Masyarakat, 2(4), 892–896. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1525

Kusmanto, H., & Warjio, W. (2019). Pentingnya Legalitas Usaha bagi Usaha Mikro

Kecil dan Menengah. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(2), 324.

https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i2.13583

Mudrajat, K. (2008). Tujuh Tantangan UMKM di Tengah Krisis Global.

Pratama, M. A. (2013). Analisis Efektivitas Corporate Social Responsibility Dalam

Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara (Studi Kasus pada Perkembangan

UMKM Mitra Binaan PT. Perkebunan Nusantara VII Unit Usaha Rejosari). Jurnal

Natapraja, 1(1), 105–113.

Rusli, R. (2020). Ekosistem Pasar Digital adalah Komitmen BUMN dalam

Pengembangan UMKM. https://bumn.go.id/media/press-conference/ekosistem-pasardigital-umkm-adalah-komitmen-bumn-dalam-pengembangan-umkm-iy

Suci, Y. R. (2008). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. UU No. 20 Tahun 2008, 1, 1–

Sudrajat. (2018). Pemberdayaan UMKM dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan

Milenium (Penanggulangan Kemiskinan). Jurnal UPBJJ-UT Denpasar, 53(9), 1689–

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sunariani, N. N., Suryadinata, A. O., & Mahaputra, I. I. R. (2017). Pemberdayaan

Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Program Binaan Di Provinsi

Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 1–20.

Suparnyo. (2016). Model Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm)

Melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Industri Rokok Di

Kudus. Jurnal Sosial Budaya, 6(2), 29–39. https://scholar.google.co.id/

Syamsulbahri, D. (2018). MSMES in inclusive financing perspective in Indonesia.

Jurnal Ekonomi Pembangunan, 26(1), 59–76.

https://jurnalekonomi.lipi.go.id/JEP/article/view/228

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan

usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja, 19(1), 170–182.

https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207

Widjaja, S. R., & Natakoesoemah, S. (2021). Penerapan Konsep Corporate Social

Responsibility Dalam Mengembangkan UMKM Melalui Program BRIncubator.

Communication, 12(1), 34. https://doi.org/10.36080/comm.v12i1.1331

Widodo, R. M. (2014). Analisis Urgensi Implementasi Corporate Social

Responsibility. Iqtishadia, 7(2), 315–334.

http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/IQTISHADIA/article/view/1092




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v8i4.21211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress