MANAJEMEN DIFA BIKE DALAM UPAYA PEMENUHAN HAK-HAK PENYANDANG DISABILITAS DI KOTA YOGYAKARTA

Virna Primiana, Francisca Winarni

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  dan  menganalisis  manajemen  Difa  Bike.  
Penelitian ini juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen Difa Bike dalam
upaya pemenuhan hak-hak  bagi  penyandang  disabilitas  di  Kota  Yogyakarta.  Penelitian  ini  
merupakan  penelitian  deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan data primer
dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan  melalui  wawancara,  observasi,  dan  
dokumentasi.  Teknik  pemeriksaan  keabsahan  data  dilakukan dengan  triangulasi  sumber  dan  
metode.  Teknik  analisis  data  dilakukan  melalui  tahapan  pengumpulan  data, reduksi  data,  
penyajian  data,  serta  penarikan  kesimpulan.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  manajemen
Difa  Bike  dalam  upaya  pemenuhan  hak-hak  penyandang  disabilitas  di  Kota  Yogyakarta  dapat    
dijelaskan berdasarkan  fungsi  manajemen  menurut  George  R.  Terry,  yaitu  Perencanaan,  
Pengorganisasian,  Pengarahan,  dan  Pengawasan.  Manajemen  Difa  Bike  berbeda  dengan  manajemen  
usaha  transportasi  pada umumnya karena memperhatikan pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas,
khususnya hak aksesibilitas, pekerjaan,  dan  berkaitan  dengan  kehidupan  sosial.  Faktor  
penghambat  dalam  pengelolaan  Difa  Bike,  yaitu belum  ada  regulasi  transportasi  umum  roda  
dua  dan  3  serta  legalitas  kendaraan  modifikasi  penyandang disabilitas  serta  kurangnya  
financial.  Faktor  pendukungnyaadalah  adanya  regulasi  tentang  peyandang disabilitas dan
persamaan keadaan pengemudi dan pengguna layanan Difa Bike.

Kata Kunci: manajemen, Difa Bike, hak, penyandang disabilitas


Full Text:

PDF

References


Cendrawati, Mega Ayu. 2018. Psychological Capital dan Kinerja pada Pekerja Penyandang Disabilitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Yogyakarta. UII : Skripsi.

Endraswara, S. 2006. Metodologi Penelitian Kebudayaan. Cetakan Kedua. Yogyakarta: UGM Press

Etzioni, Amitai dan Suryatim (penerjemah). 1985. Organisasi-Organisasi Modern. Jakarta: UI Press.

Terry, George R..2013. Prinsip-Prinsip Manajemen. (cetakan ke-12). Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko, Hani T.. 2015. Manajemen Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.

Handoyo, dkk.. 2017. Paket Wisata bagi Difabel di Yogyakarta. Jurnal Pariwisata Terapan. Volume 1, Nomor 2.

Hasibuan, Malayu S.P.. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P.. 2014. Organisasi dan Motivasi : Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya). Yogyakarta: Gava Media.

Manullang, M.. 2008. Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Miles, Mattew B dan Huberman, Amichael. 2014. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terj. Tjejep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy J.. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdokarya.

Moenir, H.A.A.. 1995. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 4 Tahun 2019 tentang Pemajuan, Perlindungan, dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas.

Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012.

Philip, Kotler dan Kevin, Keller Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Purwantara. 2019. Ide Kota Inklusif di Kota Yogyakarta: Persepsi Publik. Diakses di https://mpwk.ugm.ac.id/2019/02/08/ide- kota-inklusif-di-kota-yogyakarta- persepsi-publik/ pada 18 September2019 pukul 12:35 WIB.

Rahayu, Sugi, dkk..2013. Pelayanan Publik Bidang Transportasi bagi Difabel di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. Volume 10, Nomor 2.

Rahmawati, Dina Ulfah. 2019. Peran Komunitas Difa City Tour dan Transport (Ojek Difa) dalam mewujudkan Nilai-Nilai Publicness bagi Penyandang Disabilitas. UGM : Skripsi.

Ratminto dan Winarsih, Atik Septi. 2005. Manajemen Pelayanan (pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohmi, Khayu. 2019. Efektivitas Pelayanan Ojek Difa bagi Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas di Daerah Istimewa Yogyakarta. UNY : Skripsi.

Sabardi, Agus. 2001. Manajemen Pengantar. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Siagian, Sondang P.. 2007. Fungsi-Fungsi Manajerial. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Tempo.Co. 2016. Ojek Difabel Yogya Desak Pemerintah Beri Legalitas. Diakses di https://bisnis.tempo.co/read/816209/oje k-difabel-yogya-desak-pemerintah-beri- legalitas pada 18 September 2019 pukul 13.00 WIB.

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Yogyakarta, Provinsi. 2019. Data hasil konsolidasi dan pembersihan database kependudukan oleh Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri 2019 (diolah Biro Tata Pemerintahan Setda DIY). Diakses di https://kependudukan.jogjaprov.go.id/ol ah.php?module=statistik&periode=12&j enisdata=penduduk&berdasarkan=disab ilitas∝=34&kab=00&kec=00 pada 18 September 2019 pukul 12:30 WIB.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v5i4.21150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress