PERWUJUDAN SMART GOVERNANCE MELALUI APLIKASI JOGJA SMART SERVICE DI KOTA YOGYAKARTA
Abstract
di Kota Yogyakarta beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Teknis analisis data menggunakan model Miles and Huberman melalui empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perwujudan smart governance
melalui Aplikasi JSS sudah baik tapi masih belum optimal. Pemerintah telah menyediakan sarana yang
dapat digunakan untuk menyampaikan aspirasi. Aplikasi JSS juga telah mengintegrasikan seluruh layanan di
Pemerintah Kota Yogyakarta, termasuk layanan aduan, akan tetapi kategori jenis laporan yang kurang detail
serta wilayah di pinggiran kota yang terkadang sulit terdeteksi menjadi penghambat kelancaran pelayanan
publik. Aplikasi JSS juga telah menyediakan portal yang dapat membuka akses informasi. Kehadiran Aplikasi JSS
merupakan strategi pemerintah mengatasi permasalahan pelayanan publik. Selain itu, pemerintah telah berupaya
memberikan kebermanfaatan melalui Aplikasi JSS dengan menghadirkan layanan Nglarisi dan Dodolan. Adapun
faktor pendukungnya yaitu, adanya regulasi, keinginan pemerintah, serta tersedianya portal informasi. Sementara itu,
faktor penghambatnya yaitu, kesulitan memperoleh jaringan internet, serta penguasaan teknologi yang belum merata.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Smart Governance, Aplikasi Jogja Smart Service
Full Text:
PDFReferences
Giffinger, R., et al. (2007). Smart Cities- Ranking of European Medium- SizedCities. Vienna: Vienna University of Technology.
Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Madia.
Indrayani, Etin. (2016). E-government: Konsep, Implementasi dan Perkembangannya di Indonesia (Buku Literatur MK E-government). Sumedang: Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
Jakarta Smart City. (2017) Sistem Pendukung Indikator Smart Governance di Jakarta Smart City diakses pada tanggal 25 November 2019 melaluihttps://smartcity.jakarta.go.id/ blog/233/sistem-pendukung-indikator-smart-governance-di-jakarta-smart- city.
Keputusan Walikota Yogyakarta Nomor 373 Tahun 2018 tentang Penerapan Jogja Smart Service.
Keputusan Walikota Nomor 431 Tahun 2018 tentang Penetapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Jogja Smart Service
Mukarom, Zaenal & Wijaya. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 15 tahun 2015 tentang E-government.
Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 23 Tahun 2018 tentang Program Gandeng Gendong Kota Yogyakarta.
Pratama, Agus Eka. (2014). Smart City Beserta Cloud Computing. Bandung: Informatika.
Ratminto dan Atik. (2018). Manejemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rusqiyati, Eka Arifa. (2019). Pengunduh JSS ditarget Bertambah 10.000 Hingga Akhir Tahun diakses pada tanggal 3 Desember 2019 melalui https://jogja.antaranews.com/berita/391 280/pengunduh-jss-ditarget-bertambah- 10000-hingga-akhir-tahun.
Salim, Agus. (2006). Teori & Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v5i4.21144
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress