KINERJA FORUM CSR KESEJAHTERAAN SOSIAL DIY DALAM PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITYDI PROVINSI DIY

Rizka Choirunnisa, Lutfia Septiningrum

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendapatkan  informasi  faktual  dalam  rangka pembuatan  naskah  
akademik  dasar  penyusunan  program  optimalisasi  kinerja  Forum  CSR Kesejahteraan  Sosial  DIY  
pada  pelaksanaan  program  CSR,  serta  mengetahui  faktor-faktor yang  menjadi  penghambat  kinerja  
forum.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  penelitian kualitatif  dengan  pendekatan  deskriptif.  
Subyek  penelitian  dalam  penelitian  ini  meliputi: Dinas  Sosial  DIY;  Pengurus  Forum  CSR  
Kesejahteraan  Sosial  DIY;  perwakilan  pelaku usaha;  dan  perwakilan  masyarakat  penerima  manfaat  
bantuan  program  CSR.  Teknik pengumpulan  data  menggunakan  observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi.  
Teknik  analisis data  penelitian  menggunakan  tiga  tahap  yaitu  reduksi  data,  penyajian  data,  
dan  penarikan kesimpulan/verifikasi.  Teknik  pengujian  keabsahan  data  menggunakan  triangulasi  
sumber. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  1)  Apirasi  yang  masuk  baik  yang  berasal  dari  
dalam maupun luar keanggotaan sudah direspon dengan cukup baik oleh Forum CSR Kesejahteraan Sosial DIY;
2) Pelaksanaan program CSR  yang dilakukan oleh forum masih belum berjalan secara  maksimal;  
3)  Kegiatan  pertanggungjawaban  yang  dilaksanakan  oleh  Forum  CSR Kesejahteraan  Sosial  DIY  
sudah  berjalan  cukup  baik.  Hambatan  yang  dihadapi  oleh  Forum CSR  Kesejahteraan  Sosial  DIY  
dalam  melaksanakan  program  CSR  meliputi  keanggotaan yang terlalu banyak, kegiatan sosialisasi
yang belum maksimal, dan belum adanya tata tertib forum.  

Kata Kunci : kinerja, Kesos, CSR.

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab, Solichin. (2004). “Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara”. Jakarta: Bumi Aksara.

Anggara, Sahya. (2014). “Kebijakan Publik”. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Arni, Muhammad. (2002). “Komunikasi Organisasi”. Jakarta: Bumi Aksara.

Brynard, Petrus A. (2005). “Policy Implementation for service delivery (paper of 27th in Zumbia AAPIA”. Annual Rountable conference.

Dwiyanto, Agus. (2008). “Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia”. Yogyakarta: PPSK-UGM.

Herdiansyah, Haris. (2010). “Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial.” Jakarta: Salemba Humanika.

Ratminto, dan Atik Septi Winarsih. (2005). “Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

.(2016). “Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal (Edisi Revisi)”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahsun, Mohammad. (2006). “Pengukuran Kinerja Sektor Publik”. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

.(2012). “Pengukuran Kinerja Sektor Publik”. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Miles, Matthew B. Dan Huberman. (1992). “Analisis Data Kualitatif”. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, J. Lexy. (2008). “Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi)”. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nugroho, Riant. (2014). “Kebijakan Sosial untuk Negara Berkembang”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, Erwan Agus & Dyah Ratih Sulistyastuti. (2015). “Implementasi Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia”. Yogyakarta: Gava Media.

Rakhmat. (2009). “Teori Administrasi dan Manajemen Publik”. Jakarta: Pustaka Arief.

Rakhmatullah dkk. (2011). “Panduan Praktis Pengelolaan CSR (Corporate Social Responsibility)”. Yogyakarta: Samudra Biru.

Semuel, Hatane & Elianto Wijaya. (2008). “Corporate Social Responsibility, Purchase Intention dan Corporate Image pada Restoran di Surabaya dari Perspektif Pelanggan”. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 3, No. 1, April 2008.

Sinambela, Lijan Poltak. (2012). “Kinerja Pegawai”. Jakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2011). “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & B”. Bandung: Alfabeta.

.(2012). “Metode Penelitian Kualitatif”. Bandung: CV Alfabeta.

.(2014). “Metode Penelitian Administrasi: dilengkapi dengan Metode R&D”. Bandung: CV. Alfabeta.

Suharto, E. (2009). “Pekerjaan Sosial di Dunia Industri Memperkuat Corporate Social Responsibility (CSR)”. Bandung: Alfabeta.

Suharto, Edi. (2011). “Kebijakan Sosial Sebagai Kebijakan Publik”. Bandung: Alfabeta Bandung.

Taftazani, Budi Muhammad. (2017). “Masalah Sosial dan Wirausaha Sosial”. Jurnal: Social Work Journal. Volume 7 Nomor 1. ISSN:2339- 0042(p).

Tangkilisan, Hassel Nogi S. (2005). “Manajemen Publik”. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Wibisono, Yusuf. (2007). “Membelah Konsep dan Aplikasi CSR”. Gresik: Fascho Publishing.

Winarno, Budi. (2014). “Kebijakan Publik: Teori, Proses, dan Studi Kasus”. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas, Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 106.

Peraturan Menteri Sosial Nomor 13 Tahun 2012 tentang Forum Tanggung Jawab Dunia Usaha dalam Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.

Peraturan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2019). “Berita Resmi Statistik: Tingkat Ketimpangan Pengeluaran Penduduk Daerah Istimewa Yogyakarta Maret 2019”. diunduh via https://yogyakarta.bps.go.id/pr essrelease/2019/07/15/955/gini -ratio-daerah-istimewa- yogyakarta-bulan-maret- 2019.htmlpada 23 November 2019.

Dinas Sosial DIY. (2013). “Data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial dan Sarana Kesejahteraan Sosial (PMKS) Daerah Istimewa Yogyakarta 2008-2011”. Diakses dari https://dinsos.jogjaprov.go.id/? p=978 pada 19 Juni 2020.

Kuntadi. (2013). “Forum CSR Kesejahteraan Sosial DIY Siap Tekan Kemiskinan”. Diakses dari https://ekbis.sindonews.com/re ad/751311/34/forum-csr- Kesejahteraan Sosial-diy-siap- tekan-kemiskinan-1371559455




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v5i3.21122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress