KINERJA FORUM CSR KESEJAHTERAAN SOSIAL DIY DALAM PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITYDI PROVINSI DIY
Abstract
akademik dasar penyusunan program optimalisasi kinerja Forum CSR Kesejahteraan Sosial DIY
pada pelaksanaan program CSR, serta mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat kinerja
forum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Subyek penelitian dalam penelitian ini meliputi: Dinas Sosial DIY; Pengurus Forum CSR
Kesejahteraan Sosial DIY; perwakilan pelaku usaha; dan perwakilan masyarakat penerima manfaat
bantuan program CSR. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data penelitian menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Apirasi yang masuk baik yang berasal dari
dalam maupun luar keanggotaan sudah direspon dengan cukup baik oleh Forum CSR Kesejahteraan Sosial DIY;
2) Pelaksanaan program CSR yang dilakukan oleh forum masih belum berjalan secara maksimal;
3) Kegiatan pertanggungjawaban yang dilaksanakan oleh Forum CSR Kesejahteraan Sosial DIY
sudah berjalan cukup baik. Hambatan yang dihadapi oleh Forum CSR Kesejahteraan Sosial DIY
dalam melaksanakan program CSR meliputi keanggotaan yang terlalu banyak, kegiatan sosialisasi
yang belum maksimal, dan belum adanya tata tertib forum.
Kata Kunci : kinerja, Kesos, CSR.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Wahab, Solichin. (2004). “Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara”. Jakarta: Bumi Aksara.
Anggara, Sahya. (2014). “Kebijakan Publik”. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Arni, Muhammad. (2002). “Komunikasi Organisasi”. Jakarta: Bumi Aksara.
Brynard, Petrus A. (2005). “Policy Implementation for service delivery (paper of 27th in Zumbia AAPIA”. Annual Rountable conference.
Dwiyanto, Agus. (2008). “Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia”. Yogyakarta: PPSK-UGM.
Herdiansyah, Haris. (2010). “Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial.” Jakarta: Salemba Humanika.
Ratminto, dan Atik Septi Winarsih. (2005). “Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
.(2016). “Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal (Edisi Revisi)”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mahsun, Mohammad. (2006). “Pengukuran Kinerja Sektor Publik”. Yogyakarta: Penerbit BPFE.
.(2012). “Pengukuran Kinerja Sektor Publik”. Yogyakarta: Penerbit BPFE.
Miles, Matthew B. Dan Huberman. (1992). “Analisis Data Kualitatif”. Jakarta: Universitas Indonesia.
Moleong, J. Lexy. (2008). “Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi)”. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nugroho, Riant. (2014). “Kebijakan Sosial untuk Negara Berkembang”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto, Erwan Agus & Dyah Ratih Sulistyastuti. (2015). “Implementasi Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia”. Yogyakarta: Gava Media.
Rakhmat. (2009). “Teori Administrasi dan Manajemen Publik”. Jakarta: Pustaka Arief.
Rakhmatullah dkk. (2011). “Panduan Praktis Pengelolaan CSR (Corporate Social Responsibility)”. Yogyakarta: Samudra Biru.
Semuel, Hatane & Elianto Wijaya. (2008). “Corporate Social Responsibility, Purchase Intention dan Corporate Image pada Restoran di Surabaya dari Perspektif Pelanggan”. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 3, No. 1, April 2008.
Sinambela, Lijan Poltak. (2012). “Kinerja Pegawai”. Jakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2011). “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & B”. Bandung: Alfabeta.
.(2012). “Metode Penelitian Kualitatif”. Bandung: CV Alfabeta.
.(2014). “Metode Penelitian Administrasi: dilengkapi dengan Metode R&D”. Bandung: CV. Alfabeta.
Suharto, E. (2009). “Pekerjaan Sosial di Dunia Industri Memperkuat Corporate Social Responsibility (CSR)”. Bandung: Alfabeta.
Suharto, Edi. (2011). “Kebijakan Sosial Sebagai Kebijakan Publik”. Bandung: Alfabeta Bandung.
Taftazani, Budi Muhammad. (2017). “Masalah Sosial dan Wirausaha Sosial”. Jurnal: Social Work Journal. Volume 7 Nomor 1. ISSN:2339- 0042(p).
Tangkilisan, Hassel Nogi S. (2005). “Manajemen Publik”. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Wibisono, Yusuf. (2007). “Membelah Konsep dan Aplikasi CSR”. Gresik: Fascho Publishing.
Winarno, Budi. (2014). “Kebijakan Publik: Teori, Proses, dan Studi Kasus”. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas, Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 106.
Peraturan Menteri Sosial Nomor 13 Tahun 2012 tentang Forum Tanggung Jawab Dunia Usaha dalam Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.
Peraturan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2019). “Berita Resmi Statistik: Tingkat Ketimpangan Pengeluaran Penduduk Daerah Istimewa Yogyakarta Maret 2019”. diunduh via https://yogyakarta.bps.go.id/pr essrelease/2019/07/15/955/gini -ratio-daerah-istimewa- yogyakarta-bulan-maret- 2019.htmlpada 23 November 2019.
Dinas Sosial DIY. (2013). “Data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial dan Sarana Kesejahteraan Sosial (PMKS) Daerah Istimewa Yogyakarta 2008-2011”. Diakses dari https://dinsos.jogjaprov.go.id/? p=978 pada 19 Juni 2020.
Kuntadi. (2013). “Forum CSR Kesejahteraan Sosial DIY Siap Tekan Kemiskinan”. Diakses dari https://ekbis.sindonews.com/re ad/751311/34/forum-csr- Kesejahteraan Sosial-diy-siap- tekan-kemiskinan-1371559455
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v5i3.21122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress