KUALITAS PELAYANAN APLIKASI DEPOK SINGLE WINDOW DI KOTA DEPOK
Abstract
penghambat dalam proses pelayanan aplikasi Depok Single Window di Kota Depok. Desain
penelitian ini mengggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data
dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman
melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan aplikasi Depok Single Window belum optimal.
Ditinjau dari dimensi tangible, sebagian masyarakatnya belum banyak menggunakan aplikasi Depok Single
Window, sehingga manfaat kualitas pelayanan melalui aplikasi Depok Single Window belum dapat
dirasakan. Ditinjau dari dimensi realibility, sebagian ASN sudah handal dalam menggunakan aplikasi
Depok Single Window. Ditinjau dari dimensi responsiviness, ASN sudah baik dalam memberikan penjelasan kepada
masyarakat terkait keluhan penggunaan aplikasi Depok Single Window. Ditinjau dari dimensi Assurance,
terkait jaminan waktu dan biaya lebih cepat dan tepat. Ditinjau dari dimensi Emphaty, ASN cukup ramah
dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang belum memahami penggunaan aplikasi Depok Single
Window. Faktor penghambat, kurangnya sosialisasi, ASN merasa belum wajib menggunakan aplikasi Depok
Single Window, kurangnya minat masyarakat dalam menggunakan aplikasi Depok Single Window.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik, Depok Single Window Abstract
Full Text:
PDFReferences
Feru, Lantara. (2020). RSUD Depok jadi rumah sakit khusus COVID-19, pelayanan keseha-tan masyarakat dialihkan. Di-ambil dari https:// sumbar. antaranews.com/berita/354621/rsud- depok-jadi-rumah-sakit-khusus- covid-19-pelayanan-ke-sehatan-masyarakat-dialihkan. Diakses pada Selasa 12 Mei 2020.
Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya). Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Inpres Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 Tenatang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E- Government.
Irsan. (2012). Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Simpur di Bandar Lampung. Tesis. Universitas Lampung Bandar Lampung.
Keputusan Menteri Negara Pendayagunaaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Kuswati, Esa Ratna. (2017). Kualitas Pelayanan Publik di Kecama-tan Tanjung Sari Kabupaten Gunung Kidul. Skripsi. Pro-gram Pendidikan Administrasi Perkantoran. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yog- yakarta.
Love, Cynthia. (2018). Aplikasi Depok Single Windows. Mudahkan Warga Akses Layanan Kesehatan Hingga Pajak. Diambil dari https://megapolitan.kompas. com/read/2018/08/25/20301151/aplik asi-depok-single-window-mudahkan- warga-akses-layanankesehatan? Page =all. Diakses pada Senin, 11 November 2019.
Maryori, Devi. (2020). Selama Pandemi Covid-19, Tetap Tunda Kunjungan Anda ke Rumah Sakit Kecuali Darurat. Diambil dari www.m.detik.com. diakses pada 08 Mei 2020.
Moleong, Lexy J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Nurdiansyah, Rusdy. (2018). Depok Single Window, Aplikasi Layanan yang Memanjakan Warga. Diambil dari https://nasional.republika.co.id/berita/ pf72hx423/emdepok-single- windowem- aplikasi-layanan-yang- memanjakan-warga. Diakses pada Senin 11 November 2019.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan.
Ratminto dan Atik Septi Winarsih. (2006). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rezha, Fahmi, dkk. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kota Depok. Jurnal Administrasi Publik (JAP) Volume 1. No 5 Hal 981-990. Diambil dari http://administrasi publik.studenjournal.ub.ac.id Diakses pada Minggu, 10 November 2019.
Rizal Syamsuri, Shandy. (2020). Kualitas Pelayanan melalui Aplikasi Depok Single Windows di Kota Depok. Wawancara langsung di kantor Diskominfo Depok.
Sopandi, Aris. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Coblong Kota Bandung. Skripsi. Program Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Pasundan.
Sufianti, Ely. (2007). Aplikasi E- Government Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Beberapa Daerah Kota/Kabupaten di Indonesia. Jurnal Ilmu Administrasi Volume 4 No 4. Diambil dari https://jia.stialanbandung.ac.id/index. php/jia/article/view/388. Diakses pada Jumat, 8 November 2019.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Vokal, Agustina Simanjuntak. (2018). Anggota DPRD Depok sebut pelayanan publik masih jauh dari harapan. diambil dari indopos.co.id. Diakses pada 28 Februari 2020.
Widayatmoko, Danang. (2020). Kualitas Pelayanan melalui Aplikasi Depok Single Windows di Kota Depok. Wawancara langsung di kantor Diskominfo Depok.
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v5i3.21110
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress