EFEKTIVITAS PEMBUATAN PASPOR DENGAN SISTEM ONLINE DI KANTOR IMIGRASI KELAS I KHUSUS TPI SOEKARNO HATTA
Abstract
dengan sistem online di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno Hatta dan mengetahui hambatan
dihadapai Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno Hatta dalam pelaksanaan pembuatan paspor
dengan sistem online. Desain penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik
pengumupulan data melalui wawancara dengan informan. Teknik pemeriksanaan keabsahan data
dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan
efektivitas pelayanan pembuatan paspor online di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno
Hatta dilihat dari indikator efektivitas menurut Richard M. Steers sudah dikatakan berjalan dengan
baik dilihat dari tujuan dibuatnya sistem online ini. Indikator pencapaian tujuan menunjukkan bahwa
dengan sistem online ini sudah sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu mempermudah
masyarakat dalam mendapatkan antrean serta kepastian waktu untuk datang melengkapi dokumen.
Adaptasi, dalam hal ini para pegawai sudah dibekali pengetahuan dalam pelaksanaan sistem
online. Integrasi, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta dalam menyampaikan
informasi kepada masyarakat bahwa untuk membuat paspor harus dengan online dulu sudah
cukup aktif melalui media sosial yang ada.
Kata Kunci : efektivitas, paspor online, Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno Hatta .
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Said Zainal. (2002). Kebijakan Publik. Jakarta: Yayasan Pancur Siwah.
Aji, K.P. & Wilonotomo. (2018). Pelayanan Pembuatan Paspor dalam Kajiannya Terhadap Teori Manfaat Teknologi Informasi. eJournal Ilmiah kebijakan hukum, Volume 12, Nomor 2: 163 – 178.
Bungin, M. Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Bungkaes, H. R., Posumah, J. H., & Kiyai, B. (2013). Hubungan Efektivitas Pengelolaan Program Raskin dengan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Mamahan Kecamatan Gemeh Kabupaten Kepulauan Talaudd. Journal “Acta Diurna”.
Danial dan Nanan. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.
Effendi, Sofian dan Tukiran. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.
Georgopulous dan Tannembaum. (1985). Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Hamidi. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang.
Indrajit, Richardus Eko. (2004). E- Government Strategi Pembangunan Dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Soekarno Hatta: Alfabeta.
Marshal B. Romney, & Steinbart, P.J. (2015). Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 13. Jakarta: Salemba Empat.
Moleong, L.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mukarom, Zaenal, & Laksana, M.W. (2016). Membangun Kinerja Pelayanan Publik. Soekarno Hatta. CV Pustaka Setia.
Mulyanto, Agus. (2009). Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
O’Brien dan Marakas. (2009). Management Information Systems, Ninth Edition. New York: McGraw-Hill.
Ramadhan, G.H. (2018). Tingkat Efektivitas Pelayanan Pembuatan Paspor Online di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta Provinsi Banten. Skripsi. Soekarno Hatta: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Setiowati, Lusy. (2016). Kualitas pelayanan Publik Keimigrasian dalam Pembuatan Paspor Perspektif Good Governance (Studi di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Siagian, S.P. (1978). Manajemen. Yogyakarta: Liberty.
Simangunsong, Yohanna. (2018). Implementasi Pelayanan Publik dalam Antrian Permohonan Paspor Secara Online di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Steers, M. Richard. (1985).Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga
Suwarno, Yogi. (2008). Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN Press.
Suyadi, Prawirosentono. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE.
Yunus, Hadi Sabari. (2010). Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v5i2.21103
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress