EFEKTIVITAS PEMBUATAN PASPOR DENGAN SISTEM ONLINE DI KANTOR IMIGRASI KELAS I KHUSUS TPI SOEKARNO HATTA

Elliona Dewi, Lena Satlita

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  dan  memahami  efektivitas  pembuatan  paspor  
dengan sistem online di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno Hatta dan mengetahui hambatan
dihadapai Kantor  Imigrasi  Kelas  I  Khusus  Soekarno  Hatta  dalam  pelaksanaan  pembuatan  paspor  
dengan  sistem online.  Desain  penelitian  yang  digunakan  deskriptif  kualitatif.  Teknik  
pengumupulan  data  melalui wawancara  dengan  informan.  Teknik  pemeriksanaan  keabsahan  data  
dengan  triangulasi  sumber. Teknik analisis data melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan  verifikasi.  Hasil  penelitian  menunjukkan  
efektivitas  pelayanan  pembuatan  paspor  online  di  Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno
Hatta dilihat dari indikator efektivitas menurut Richard M. Steers sudah dikatakan berjalan dengan
baik dilihat dari tujuan dibuatnya sistem online ini. Indikator pencapaian tujuan  menunjukkan  bahwa  
dengan  sistem  online  ini  sudah  sesuai  dengan  tujuan  yang  diharapkan  yaitu mempermudah  
masyarakat  dalam  mendapatkan  antrean  serta  kepastian  waktu  untuk  datang  melengkapi dokumen.  
Adaptasi,  dalam  hal  ini  para  pegawai  sudah  dibekali  pengetahuan  dalam  pelaksanaan  sistem
online.  Integrasi,  Kantor  Imigrasi  Kelas  I  Khusus  TPI  Soekarno  Hatta  dalam  menyampaikan  
informasi kepada  masyarakat  bahwa  untuk  membuat  paspor  harus  dengan  online  dulu  sudah  
cukup  aktif  melalui media sosial yang ada.  

Kata Kunci : efektivitas, paspor online, Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno Hatta .


Full Text:

PDF

References


Abidin, Said Zainal. (2002). Kebijakan Publik. Jakarta: Yayasan Pancur Siwah.

Aji, K.P. & Wilonotomo. (2018). Pelayanan Pembuatan Paspor dalam Kajiannya Terhadap Teori Manfaat Teknologi Informasi. eJournal Ilmiah kebijakan hukum, Volume 12, Nomor 2: 163 – 178.

Bungin, M. Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Bungkaes, H. R., Posumah, J. H., & Kiyai, B. (2013). Hubungan Efektivitas Pengelolaan Program Raskin dengan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Mamahan Kecamatan Gemeh Kabupaten Kepulauan Talaudd. Journal “Acta Diurna”.

Danial dan Nanan. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.

Effendi, Sofian dan Tukiran. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.

Georgopulous dan Tannembaum. (1985). Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Hamidi. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang.

Indrajit, Richardus Eko. (2004). E- Government Strategi Pembangunan Dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Soekarno Hatta: Alfabeta.

Marshal B. Romney, & Steinbart, P.J. (2015). Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 13. Jakarta: Salemba Empat.

Moleong, L.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukarom, Zaenal, & Laksana, M.W. (2016). Membangun Kinerja Pelayanan Publik. Soekarno Hatta. CV Pustaka Setia.

Mulyanto, Agus. (2009). Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

O’Brien dan Marakas. (2009). Management Information Systems, Ninth Edition. New York: McGraw-Hill.

Ramadhan, G.H. (2018). Tingkat Efektivitas Pelayanan Pembuatan Paspor Online di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta Provinsi Banten. Skripsi. Soekarno Hatta: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Setiowati, Lusy. (2016). Kualitas pelayanan Publik Keimigrasian dalam Pembuatan Paspor Perspektif Good Governance (Studi di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Siagian, S.P. (1978). Manajemen. Yogyakarta: Liberty.

Simangunsong, Yohanna. (2018). Implementasi Pelayanan Publik dalam Antrian Permohonan Paspor Secara Online di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Steers, M. Richard. (1985).Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga

Suwarno, Yogi. (2008). Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN Press.

Suyadi, Prawirosentono. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE.

Yunus, Hadi Sabari. (2010). Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v5i2.21103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress