KINERJA LEMBAGA OMBUDSMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENANGANI LAPORAN PENGADUAN MASYARAKAT
Abstract
Yogyakarta untuk mengetahui: produktivitas, kualitas pelayanan, responsivitas, akuntabilitas,
responsibilitas.faktor penghambat dalam menangani laporan pengaduan masyarakat. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dilakukan dengan ini mengambil lokasi penelitian di Lembaga
Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi , dan dokumentasi .
Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan
melalui pengumpulan data, penyaji data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa kinerja Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menangani laporan pengaduan masyarakat masih
belum optimal yang dilihat dari indikator Responsivitas, LOD DIY mengenalkan fungsi dan tugasnya dengan
sosialisasi kurang diketahui oleh masayarakat. Lembaga Ombudsman DIY dalam menangani laporan pengaduan
masyarakat bekerja secara win win solution, memiliki prosedur pelayanan dengan mengikuti substansi atau prosedur
pelayanan yang sudah ditetapkan, LO DIY memiliki tahapan dalam menangani laporan pengaduan yaitu: klarifikasi,
investigasi, mediasi, dan koordinasi.
Kata Kunci: Kinerja, Lembaga Ombudsman, dan Pelayanan Pengaduan Masyarakat.
Full Text:
PDFReferences
Dwiyanto, Agus. (2007). Kinerja Tata Pemerintahan Daerah Di Indonesia. Yogyakarta: Pusat Studi Kependudukan Dan Kebijakan UGM.
Dwiyanto, Agus. (2014). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Moleong, L. J. (2014) Metode Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Sumaryadi, I Nyoman. (2010). Sosiologi Pemerintahan: Dari Perspektif Pelayanan Pemberdayaan Interaksi Dan Sistem Kepemimpinan Pemerintahan Indonesia. Bogor Ghalia Indonesia.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuanti dan Kualitatif. Bandung. Suryabrata, S (1987). Metode Penelitian. Jakarta. Rajawali. Sugiyono.2014. Metode Penelitian Kuantitaif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung Alfabeta.
Sulistiyani, Ambar T. Dan Rosidah (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu: Yoyakarta.
Sunartono N. (2004). Manajemen Perpustakaan Suatu Praktik. Jakarta Samitra Media Utama.
Gubernur DIY. (2014). Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 69 Tahun 2014 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta.
Gubernur DIY. (2004). Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 134 Tahun 2004 Tentang Pembentukan Organisasi Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta
Undang-Undang Republik Indonesia No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v5i2.21047
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress