KUALITAS PELAYANAN INFORMASI PUBLIK PADA PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI PEMERINTAH KABUPATEN MAGELANG

Binti Mukharomah, Dwi Harsono

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  secara  mendalam  kualitas  pelayanan  informasi  publik
yang dilakukan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Kabupaten Magelang serta
mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya sehingga menghasilkan temuan yang bisa menjadi bahan  masukan  
bagi  peningkatan  kualitas  pelayanan  informasi  PPID  Pemerintah  Kabupaten  Magelang. Desain penelitian
ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen utama dalam penelitian  ini  adalah  
peneliti.  Data  dikumpulkan  dengan  cara  observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi. Teknik  pemeriksaan  
keabsahan  data  yaitu  dengan  triangulasi  sumber.  Teknik  analisis  data  meliputi pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan
informasi publik di PPID Pemerintah Kabupaten Magelang belum berjalan dengan baik sesuai dengan dimensi kualitas  
yang berlaku. Pada ruang pelayanan  informasi publik di PPID  Utama masih sempit dan menyatu dengan Dinas Komunikasi
dan Informatika Kabupaten Magelang sedangkan pada meja informasi belum dilengkapi dengan formulir dan perangkat
komputer. Selain itu, di PPID Utama juga masih kekurangan pegawai pelayanan informasi serta adanya keluhan terkait
waktu pemenuhan permohonan informasi.  Faktor  pendukung:  tersedianya  data  dan  informasi;  adanya  kesadaran  
SKPD  dalam  melakukan update data dan informasi tersebut; sarana prasarana seperti meja layanan informasi, komputer,
dan jaringan internet  serta  tersedianya  anggaran.  Sedangkan  faktor  penghambatnya  yaitu  kurangnya  jumlah  
pegawai, sebagian  masyarakat  masih  belum  paham  mengenai  regulasi  tentang  PPID  dan  kurangnya  kesadaran  
yang dimiliki oleh setiap SKPD yang menghambat koordinasi.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Informasi Publik, PPID


Full Text:

PDF

References


Dwiyanto, Agus. (2008). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yoyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya). Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Mulyadi, Deddy. (2016). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik (Konsep dan Aplikasi Proses Kebijkan Publik Berbasis Analisis Bukti untuk Pelayanan Publik). Bandung: Alfabeta.

Mulyawan, Rahman. (2016). Birokrasi dan Pelayanan Publik. Bandung: Unpad Press.

Nurdin, Ismail. (2019). Kualitas Pelayanan Publik: Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik. Kota Surabaya: Penerbit Media Sahabat Cendekia.

Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik

Peraturan Bupati Magelang No 37 tahun 2014 tentang pedoman PPID di lingkungan Pemeritah Kabupaten Magelang

PPID Kabupaten Magelang. (2018). Laporan Pelayanan dan Register Permohonan Informasi Publik Pemerintah Kabupaten Magelang 2018. Magelang: PPID Kabupaten Magelang.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. (2018). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Subagiyo, Henri. (2014). Implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi untuk Mendorong Peningkatan Pelayanan Publik. Jakarta: USAID-KINERJA.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v5i2.21029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress