CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. TELKOM YOGYAKARTA DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN UMKM DI DIY

Ayu Nabila, Marita Ahdiyana

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  Corporate  Social  Responsibility  PT.  Telkom  Yogyakarta
dalam  rangka  pemberdayaan  UMKM  di  DIY  dan  mengetahui  faktor-faktor  pendukung  maupun penghambatnya.    
Corporate  Social  Responsibility  memiliki  peran  penting  dalam  menentukan  kinerja program  kemitraan  
PT.  Telkom  Yogyakarta  dan  mewujudkan  perkembangan  perekonomian  para pengusaha  kecil  dan  menengah.  
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  deskriptif  dengan  pendekatan kualitatif  dengan  menggunakan  data  
primer  dan  data  sekunder.  Teknik  pengumpulan  data  dilakukan melalui  wawancara,  observasi,  dan  
dokumentasi.  Teknik  pemeriksaan  keabsahan  data  dilakukan dengan  triangulasi  sumber.  Sedangkan  teknik  
analisis  data  menggunakan  model  interaktif  Miles  dan Huberman  (2014)  yang  terdiri  dari  tahap  
pengumpulan  data,  reduksi  data  dan  penarikan  kesimpulan. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  CSR  
PT.  Telkom  Yogyakarta  pada  program  kemitraan  dalam memberdayakan  UMKM  di  DIY  belum  optimal  dalam  
pemberian  pelatihan  dan  pembinaan,  serta kurangnya  pemantauan  dan  pengendalian  kepada  seluruh  mitra  
binaannya.  Adapun  faktor  pendukung CSR PT. Telkom Yogyakarta adalah ketepatan mitra binaan dalam pengembalian
dana pinjaman, serta adanya  dana  CSR  Perusahaan.  Sedangkan  faktor  penghambatnya  yaitu  mitra  binaan  yang  
tidak melakukan  pengembalian  pinjaman  dana,  baik  karena  unsur  kesengajaan  maupun  unsur ketidaksengajaan.    
Hasil    penelitian    ini    diharapkan    mampu    memberikan    referensi    kajian    terkait corporate social
responsibility  di seluruh perusahaan BUMN sehingga mampu memberikan kontribusi yang nyata dalam peningkatan program
kemitraan  di PT. Telkom Yogyakarta

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Kemitraan, Pemberdayaan UMKM

Full Text:

PDF

References


Adi, Isbandi Rukminto. (2005). Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. FISIP UI PRESS.

Adisasmita, Rahardjo. (2005). Dasar-dasar Ekonomi Wilayah. Penerbit Graha

Ardianto, Elvinaro dan Dindin Machfudz. (2011). Efek Kedermawanan Pebisnis dan CSR. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Daniri. (2008). Standardisasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hafsah, Mohammad Jafar. (2000). Kemitraan Usaha: Konsepsi dan Strategi. Jakarta: PT. Pustaka Sinar Harapan.

Kartini, Dwi. (2009). Corporate Social Responsibility: Transformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia. Bandung: Refika Aditama..

Rahman, Reza. (2009). Corporate Social Responsibility Antara Teori dan Kenyataan.Jakarta : Buku Kita

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. (1989). Metode Penelitian Survey. LP3ES. Jakarta.

Saidi, Abidin. (2014). Corporate Social Responsibility Alternatif Bagi Pembangunan Indonesia, Jakarta: ISCD.

Solihin, Ismail. (2011). Corporate Social Responsibility : From Charity to sustainability, Jakarta: Salemba Empat.

Suyanto, Bagong. (2005). Metode PenelitianSosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susanto, A.B. (2009). Reputation Driven Corporate Social Responsibility Pendekatan Startegic Management Dalam CSR. Jakarta: Erlangga

Wibisono, Yusuf. (2007). Membedah Konsep dan Aplikasi CSR. Gresik: Fascho

.(2017). Corporate Social Responsibility PT. Telkom Yogyakarta Indonesia. www.telkom.co.id Diakses pada 22 April 2020 pukul 20.00 WIB




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v5i2.21025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress