CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. TELKOM YOGYAKARTA DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN UMKM DI DIY
Abstract
dalam rangka pemberdayaan UMKM di DIY dan mengetahui faktor-faktor pendukung maupun penghambatnya.
Corporate Social Responsibility memiliki peran penting dalam menentukan kinerja program kemitraan
PT. Telkom Yogyakarta dan mewujudkan perkembangan perekonomian para pengusaha kecil dan menengah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan data
primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Sedangkan teknik
analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman (2014) yang terdiri dari tahap
pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR
PT. Telkom Yogyakarta pada program kemitraan dalam memberdayakan UMKM di DIY belum optimal dalam
pemberian pelatihan dan pembinaan, serta kurangnya pemantauan dan pengendalian kepada seluruh mitra
binaannya. Adapun faktor pendukung CSR PT. Telkom Yogyakarta adalah ketepatan mitra binaan dalam pengembalian
dana pinjaman, serta adanya dana CSR Perusahaan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu mitra binaan yang
tidak melakukan pengembalian pinjaman dana, baik karena unsur kesengajaan maupun unsur ketidaksengajaan.
Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan referensi kajian terkait corporate social
responsibility di seluruh perusahaan BUMN sehingga mampu memberikan kontribusi yang nyata dalam peningkatan program
kemitraan di PT. Telkom Yogyakarta
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Kemitraan, Pemberdayaan UMKM
Full Text:
PDFReferences
Adi, Isbandi Rukminto. (2005). Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. FISIP UI PRESS.
Adisasmita, Rahardjo. (2005). Dasar-dasar Ekonomi Wilayah. Penerbit Graha
Ardianto, Elvinaro dan Dindin Machfudz. (2011). Efek Kedermawanan Pebisnis dan CSR. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Daniri. (2008). Standardisasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hafsah, Mohammad Jafar. (2000). Kemitraan Usaha: Konsepsi dan Strategi. Jakarta: PT. Pustaka Sinar Harapan.
Kartini, Dwi. (2009). Corporate Social Responsibility: Transformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia. Bandung: Refika Aditama..
Rahman, Reza. (2009). Corporate Social Responsibility Antara Teori dan Kenyataan.Jakarta : Buku Kita
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. (1989). Metode Penelitian Survey. LP3ES. Jakarta.
Saidi, Abidin. (2014). Corporate Social Responsibility Alternatif Bagi Pembangunan Indonesia, Jakarta: ISCD.
Solihin, Ismail. (2011). Corporate Social Responsibility : From Charity to sustainability, Jakarta: Salemba Empat.
Suyanto, Bagong. (2005). Metode PenelitianSosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Susanto, A.B. (2009). Reputation Driven Corporate Social Responsibility Pendekatan Startegic Management Dalam CSR. Jakarta: Erlangga
Wibisono, Yusuf. (2007). Membedah Konsep dan Aplikasi CSR. Gresik: Fascho
.(2017). Corporate Social Responsibility PT. Telkom Yogyakarta Indonesia. www.telkom.co.id Diakses pada 22 April 2020 pukul 20.00 WIB
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v5i2.21025
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress