KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA YOGYAKARTA

Anita Nur Safitri, Dwi Harsono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik dan faktor pendukung serta penghambat  
dalam  pelayanan  publik  yang  diberikan  oleh  Dinas Kependudukan  dan  Pencatatan  Sipil Kota Yogyakarta.
Kualitas pelayanan publik memiliki peran penting dalam menentukan kinerja Dinas Kependudukan  dan  Pencatatan  
Sipil  Kota  Yogyakarta  dan  mewujudkan  pemenuhan  hak-hak  warga negara.  Desain  penelitian  yang  digunakan  
adalah  penelitian  deskriptif  dengan  pendekatan  kualitatif. Instrumen  penelitian  dalam  penelitian  ini  
yaitu  peneliti  sendiri.  Teknik  pengumpulan  data  melalui wawancara,  observasi,  dan  dokumentasi.  Teknik  
pemeriksaan  keabsahan  data  menggunakan  teknik triangulasi  sumber.  Teknik  analisis  dalam  metode  menggunakan  
Model  interaktif.  Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  kualitas  pelayanan  publik  di  Dinas  Kependudukan  dan  
Pencatatan  Sipil  Kota Yogyakarta sudah berjalan dengan baik sesuai dengan indikator kualitas pelayanan. Dalam
analisis ini peneliti  menggunakan  5  dimensi  yaitu  dimensi  reliability  (kehandalan),  dimensi    responsiveness
(ketanggapan),  dimensi  assurance  (jaminan),  dimensi  emphaty  (empati),  dan  dimensi  tangible  (bukti fisik).
Pada proses pelayanan juga terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung pada proses  pelayanan  adalah  
pengguna  layanan,  peraturan  pemerintahan,  dan  sarana  prasarana  yang  ada. Sedangkan  faktor  penghambatnya  
adalah  jaringan  sering  eror,  listrik  padam,  dan  belum  adanya peraturan  atau  perundang-undangan  yang  
mengatur  fenomena  yang  terjadi  di  masyarakat.  Hasil penelitian  ini  diharapkan  mampu  memberikan  referensi  
kajian  terkait  pelayanan  publik  di  bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil sehingga mampu  memberikan
kontribusi yang nyata dalam peningkatan kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta.

Kata Kunci:  Kualitas Pelayanan Publik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta




Full Text:

PDF

References


Batinggi A & Ahmad Badu. (2005). Manajemen Pelayanan Publik. Yogyakarta: Andi Offset.

Dwiyanto, Agus. (2006). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik; Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Subarsono. (2005). Analisis Kebijakan Publik Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian: Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (1996). Manajeman Jasa. Yogyakarta: PT. Andi.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan

Dnh. (2017). Hasil Survei Ombudsman Soal Standar Pelayanan Publik, Pemda DIY Belum Dapat Kepatuhan Tinggi. http://jogja.tribunnews.com/2017/1 2/08/hasil-survei-ombudsman-soal- standar-pelayanan-publik-pemda- diy-belum-dapat-kepatuhan-tinggi. Diakses pada 23 Oktober 2019 pukul 14.30 WIB.

Humas MENPANRB. (2019). Agar Tak Jalan Ditempat, Inovasi Pelayanan Publik Perlu Evaluasi. https://www.menpan.go.id/site/berit a-terkini/agar-tak-jalan-ditempat- inovasi-pelayanan-publik-perlu- evaluasi. Diakses pada 13 November 2019 pukul 10.00 WIB.

.(2010). Pelayanan Publik Buruk; Reformasi Brokrasi Dinilai Gagal Pelayanan Paling Parah Justru Oleh Birokrasi. https://antikorupsi.org/id/news/pela yanan-publik-buruk-reformasi- birokrasi-dinilai-gagal-pelayanan- paling-parah-justru-oleh. Diakses pada 13 November 2019 pukul 14.15 WIB.

.(2018). Survey Kepuasan Masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta Tahun 2017-2018. www.kependudukan.jogjaprov.go.i d. Diakses pada 3 Maret 2020 pukul 12.30 WIB.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v5i1.21019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress