KINERJA PELAYANAN TIM PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI DALAM MEWUJUDKAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DI KABUPATEN SLEMAN
Abstract
dan Dokumentasi Kabupaten Sleman beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Desain penelitian ini adalah
metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Adapun teknik analisis
data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kinerja Tim PPID ini sudah berjalan baik tetapi belum optimal. Kinerja pelayanan Tim PPID
telah memiliki responsivitas yang baik karena mampu menyediakan pelayanan informasi secara online maupun offline serta
mampu menanggapi masukan dari masyarakat. Kinerja tim PPID sudah sesuai aturan akan tetapi peraturan mengenai Standar
Layanan Informasi Publik Desa belum terlaksana dengan maksimal, di mana belum semua pemerintah desa membentuk PPID Desa.
Akuntabilitas kinerja tim baik karena mampu mempertanggungjawabkan kinerja. Tim PPID juga mampu beradaptasi
dengan baik melalui inovasi dalam menghadapi perubahan lingkungan. Tim PPID rutin dalam melakukan koordinasi,
monitoring dan evaluasi agar memiliki kelangsungan hidup yang baik. Tim PPID juga memiliki transparansi kinerja yang baik
serta memiliki empati yang baik dalam proses pelayanan informasi. Kinerja pelayanan Tim PPID ini dipengaruhi
oleh faktor pendukung berupa catatan komisioner, komitmen Pimpinan Daerah, dan komunikasi antar PPID. Adapun
faktor penghambatnya adalah pola pikir SDM PPID, keterbatasan jumlah sumber daya manusia, dan masyarakat yang
mengajukan permohonan informasi yang dikecualikan.
Kata Kunci: Kinerja, Pelayanan, Tim PPID, Informasi Publik.
Full Text:
PDFReferences
Dwiyanto, Agus. (2006). Mewujudkan Good Geovernance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: UGM Press.
Hikmat, Dr. Harry. (2010). Monitoring dan Evaluasi Proyek.
Kusnadi. (2003). Teori dan Manajemen Konflik. Malang: Taroda
Mulyadi, Deddy dkk. (2018). Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.
Mulyadi, Deddy. (2016). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik: Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Berbasis Analisis Bukti untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.
Peraturan Bupati Sleman No 9 tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi Publik
Ratminto dan Atik Septi Winarsih. (2018). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sutaryo. (2004). Dasar-Dasar Sosialisasi. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Najiyati dan Slamet. (2011). Sinergitas Instansi Pemerintah Dalam Pembangunan Kota Terpadu Mandiri. Jurnal Ketransmigrasian Vol. 28 No. 2 Desember 2011. 113-124 diakses pada hari Jumat, 2-10-2020 pukul 18:00 WIB
Sohiron, dkk. (2019). Sifat Empati Pemimpin Terhadap Bawahan Sebagai Kunci Keberhasihan Kepemimpinan Dalam Sistem Manajemen Pendidikan Islam. IJIEM: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan, Vol. 2, No. 1, April 2019, Hal. 43-52 diakses pada hari, Minggu 4-10-2020 pukul 18:16 WIB.
Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v5i1.21015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress