KINERJA PELAYANAN TIM PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI DALAM MEWUJUDKAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DI KABUPATEN SLEMAN

Alfi Mareta, Dwi Harsono

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  mengetahui  dan  menjelaskan  kinerja  pelayanan  Tim  Pejabat Pengelola  Informasi  
dan  Dokumentasi  Kabupaten  Sleman  beserta  faktor  pendukung  dan penghambatnya.  Desain  penelitian  ini  adalah  
metode  kualitatif  dengan  jenis  penelitian  deskriptif. Teknik  pengumpulan  data  dengan  wawancara,  observasi,  
dan  dokumentasi.  Teknik  pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Adapun teknik analisis
data terdiri dari pengumpulan  data,  reduksi  data,  penyajian  data,  dan  penarikan  kesimpulan.  Hasil  penelitian
menunjukkan  bahwa  kinerja  Tim  PPID  ini  sudah  berjalan  baik  tetapi  belum  optimal.  Kinerja pelayanan Tim PPID
telah memiliki responsivitas yang baik karena mampu menyediakan pelayanan informasi secara online maupun offline serta
mampu menanggapi masukan dari masyarakat. Kinerja tim PPID sudah sesuai aturan akan tetapi peraturan mengenai Standar
Layanan Informasi Publik Desa belum terlaksana dengan maksimal, di mana belum semua pemerintah desa membentuk PPID Desa.
Akuntabilitas  kinerja  tim  baik  karena  mampu  mempertanggungjawabkan  kinerja.  Tim  PPID  juga mampu  beradaptasi
dengan  baik  melalui  inovasi  dalam  menghadapi  perubahan  lingkungan.  Tim PPID rutin dalam melakukan koordinasi,
monitoring dan evaluasi agar memiliki kelangsungan hidup yang baik. Tim PPID juga memiliki transparansi kinerja yang baik
serta memiliki empati yang baik dalam  proses  pelayanan  informasi.  Kinerja  pelayanan  Tim  PPID  ini  dipengaruhi  
oleh  faktor pendukung  berupa  catatan  komisioner,  komitmen  Pimpinan  Daerah,  dan  komunikasi  antar  PPID. Adapun  
faktor  penghambatnya  adalah  pola  pikir  SDM  PPID,  keterbatasan  jumlah  sumber  daya manusia, dan masyarakat yang
mengajukan permohonan informasi yang dikecualikan.   

Kata Kunci: Kinerja, Pelayanan, Tim PPID, Informasi Publik.


Full Text:

PDF

References


Dwiyanto, Agus. (2006). Mewujudkan Good Geovernance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: UGM Press.

Hikmat, Dr. Harry. (2010). Monitoring dan Evaluasi Proyek.

Kusnadi. (2003). Teori dan Manajemen Konflik. Malang: Taroda

Mulyadi, Deddy dkk. (2018). Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Mulyadi, Deddy. (2016). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik: Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Berbasis Analisis Bukti untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Bupati Sleman No 9 tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi Publik

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. (2018). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sutaryo. (2004). Dasar-Dasar Sosialisasi. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Najiyati dan Slamet. (2011). Sinergitas Instansi Pemerintah Dalam Pembangunan Kota Terpadu Mandiri. Jurnal Ketransmigrasian Vol. 28 No. 2 Desember 2011. 113-124 diakses pada hari Jumat, 2-10-2020 pukul 18:00 WIB

Sohiron, dkk. (2019). Sifat Empati Pemimpin Terhadap Bawahan Sebagai Kunci Keberhasihan Kepemimpinan Dalam Sistem Manajemen Pendidikan Islam. IJIEM: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan, Vol. 2, No. 1, April 2019, Hal. 43-52 diakses pada hari, Minggu 4-10-2020 pukul 18:16 WIB.

Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v5i1.21015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress