MANAJEMEN DIFA BIKE DALAM UPAYA PEMENUHAN HAK-HAK PENYANDANG DISABILITAS DI KOTA YOGYAKARTA
Abstract
untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen Difa Bike dalam upaya pemenuhan hak-hak bagi penyandang
disabilitas di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif
dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Teknik
analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen Difa Bike dalam upaya pemenuhan hak-hak penyandang
disabilitas di Kota Yogyakarta dapat dijelaskan berdasarkan fungsi manajemen menurut George R. Terry,
yaitu Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, dan Pengawasan. Manajemen Difa Bike berbeda dengan manajemen
usaha transportasi pada umumnya karena memperhatikan pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas, khususnya hak aksesibilitas,
pekerjaan, dan berkaitan dengan kehidupan sosial. Faktor penghambat dalam pengelolaan Difa Bike, yaitu belum ada
regulasi transportasi umum roda dua dan 3 serta legalitas kendaraan modifikasi penyandang disabilitas serta
kurangnya financial. Faktor pendukungnya adalah adanya regulasi tentang peyandang disabilitas dan persamaan keadaan
pengemudi dan pengguna layanan Difa Bike.
kata kunci: manajemen, Difa Bike, hak, penyandang disabilitas
Full Text:
PDFReferences
Cendrawati, Mega Ayu. 2018. Psychological Capital dan Kinerja pada Pekerja Penyandang Disabilitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Yogyakarta. UII : Skripsi.
Endraswara, S. 2006. Metodologi Penelitian Kebudayaan. Cetakan Kedua. Yogyakarta: UGM Press
Etzioni, Amitai dan Suryatim (penerjemah). 1985. Organisasi-Organisasi Modern. Jakarta: UI Press.
Terry, George R..2013. Prinsip-Prinsip Manajemen. (cetakan ke-12). Jakarta: Bumi Aksara.
Handoko, Hani T.. 2015. Manajemen Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.
Handoyo, dkk.. 2017. Paket Wisata bagi Difabel di Yogyakarta. Jurnal Pariwisata Terapan. Volume 1, Nomor 2.
Hasibuan, Malayu S.P.. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, Malayu S.P.. 2014. Organisasi dan Motivasi : Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya). Yogyakarta: Gava Media.
Manullang, M.. 2008. Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Miles, Mattew B dan Huberman, Amichael. 2014. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terj. Tjejep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Moleong, Lexy J.. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdokarya.
Moenir, H.A.A.. 1995. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 4 Tahun 2019 tentang Pemajuan, Perlindungan, dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas.
Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012.
Philip, Kotler dan Kevin, Keller Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Purwantara. 2019. Ide Kota Inklusif di Kota Yogyakarta: Persepsi Publik. Diakses di https://mpwk.ugm.ac.id/2019/02/08/ide- kota-inklusif-di-kota-yogyakarta- persepsi-publik/ pada 18 September2019 pukul 12:35 WIB.
Rahayu, Sugi, dkk..2013. Pelayanan Publik Bidang Transportasi bagi Difabel di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. Volume 10, Nomor 2.
Rahmawati, Dina Ulfah. 2019. Peran Komunitas Difa City Tour dan Transport (Ojek Difa) dalam mewujudkan Nilai-Nilai Publicness bagi Penyandang Disabilitas. UGM : Skripsi.
Ratminto dan Winarsih, Atik Septi. 2005. Manajemen Pelayanan (pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rohmi, Khayu. 2019. Efektivitas Pelayanan Ojek Difa bagi Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas di Daerah Istimewa Yogyakarta. UNY : Skripsi.
Sabardi, Agus. 2001. Manajemen Pengantar. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.
Siagian, Sondang P.. 2007. Fungsi-Fungsi Manajerial. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Tempo.Co. 2016. Ojek Difabel Yogya Desak Pemerintah Beri Legalitas. Diakses di https://bisnis.tempo.co/read/816209/oje k-difabel-yogya-desak-pemerintah-beri- legalitas pada 18 September 2019 pukul 13.00 WIB.
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.
Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).
Yogyakarta, Provinsi. 2019. Data hasil konsolidasi dan pembersihan database kependudukan oleh Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri 2019 (diolah Biro Tata Pemerintahan Setda DIY). Diakses di https://kependudukan.jogjaprov.go.id/ol ah.php?module=statistik&periode=12&j enisdata=penduduk&berdasarkan=disab ilitas∝=34&kab=00&kec=00 pada 18 September 2019 pukul 12:30 WIB.
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v5i1.21007
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress