KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI LANSIA MELALUI PROGRAM TUA KELADI DI PUSKESMAS GAMPING 1 SLEMAN

Eugenio Aprilikokusuma, Argo Pambudi

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  kualitas  pelayanan  kesehatan  bagi  lansia melalui Program  
Tua Keladi  di  Puskesmas Gamping 1  Sleman serta  faktor  penghambat dan upaya  yang dilakukan dalam mengatasi
permasalahan layanan kesehatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa  kualitas  pelayanan  kesehatan  bagi  lansia  di  Puskesmas  1  Gamping  sudah  
baik berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan publik menurut Zeithaml. Hal tersebut dibuktikan dengan  tesedianya  
fasilitas  penunjang kesehatan,  kemudahan alur  layanan kesehatan  khusus lansia, sikap responsif petugas puskesmas
dalam menanggapi keluhan, adanya  jaminan  tepat  waktu  dan  biaya  pelayanan,  serta  sikap  petugas  yang  tidak
diskriminatif. Adapun faktor penghambat  yang  muncul  adalah  rendahnya  kesadaran  lansia,  terbatasnya  jumlah  
fasilitas kesehatan,  dan    kurangnya  tenaga  keperawatan.  Upaya    yang  dilakukan  untuk  mengatasi hambatan  
tersebut  adalah,  mengadakan  penyuluhan  untuk  meningkatkan  kesadaran  lansia, membuat  plan  of  action  untuk  
diajukan  kepada  Dinas  Kesehatan, dan  membuka program magang untuk mengatasi kekurangan perawat.
 
Kata Kunci:  Kualitas, Pelayanan Kesehatan dan Lansia.


Full Text:

PDF

References


Ali Syahid. 2015. Kualitas Pelayanan Kesehatan (Studi Deskriptif tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Lanjut Usia di Poli Lansia Puskesmas Gurah, Kabupaten Kediri). Universitas Airlangga

Azwar. 2010. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Dita Aulia Putri Jati. 2018. Kualitas Pelayanan Puskesmas Gedongtengen Dalam Pelaksanaan Program Puskesmas Rumah ODHA. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Moenir. 2014. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Indonesia

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Peraturan Menteri Kesehatan No. 67 tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia di Pusat Kesehatan Masyarakat

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.75 tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Tjiptjono, Aditya.2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi

Soejono.2000. Pedoman Pengelolaan Kesehatan Pasien Geriatric untuk Dokter dan Perawat. Jakarta : FK UI

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i6.20985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress