KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI LANSIA MELALUI PROGRAM TUA KELADI DI PUSKESMAS GAMPING 1 SLEMAN
Abstract
Tua Keladi di Puskesmas Gamping 1 Sleman serta faktor penghambat dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi
permasalahan layanan kesehatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan bagi lansia di Puskesmas 1 Gamping sudah
baik berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan publik menurut Zeithaml. Hal tersebut dibuktikan dengan tesedianya
fasilitas penunjang kesehatan, kemudahan alur layanan kesehatan khusus lansia, sikap responsif petugas puskesmas
dalam menanggapi keluhan, adanya jaminan tepat waktu dan biaya pelayanan, serta sikap petugas yang tidak
diskriminatif. Adapun faktor penghambat yang muncul adalah rendahnya kesadaran lansia, terbatasnya jumlah
fasilitas kesehatan, dan kurangnya tenaga keperawatan. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan
tersebut adalah, mengadakan penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran lansia, membuat plan of action untuk
diajukan kepada Dinas Kesehatan, dan membuka program magang untuk mengatasi kekurangan perawat.
Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan Kesehatan dan Lansia.
Full Text:
PDFReferences
Ali Syahid. 2015. Kualitas Pelayanan Kesehatan (Studi Deskriptif tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Lanjut Usia di Poli Lansia Puskesmas Gurah, Kabupaten Kediri). Universitas Airlangga
Azwar. 2010. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Dita Aulia Putri Jati. 2018. Kualitas Pelayanan Puskesmas Gedongtengen Dalam Pelaksanaan Program Puskesmas Rumah ODHA. Universitas Negeri Yogyakarta.
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Moenir. 2014. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Indonesia
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Peraturan Menteri Kesehatan No. 67 tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia di Pusat Kesehatan Masyarakat
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.75 tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).
Tjiptjono, Aditya.2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi
Soejono.2000. Pedoman Pengelolaan Kesehatan Pasien Geriatric untuk Dokter dan Perawat. Jakarta : FK UI
Sugiyono.2015. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i6.20985
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress