STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI KERETA API INDONESIA

Indra Wiratama, Sugi Rahayu

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi peningkatan kualitas pelayanan transportasi kereta api Indonesia  
DAOP  VI  Yogyakarta  dan  hambatan  dalam  melaksanakan  strategi  tersebut.  Penelitian  ini  merupakan penelitian  
deskriptif  dengan  pendekatan  kualitatif.  Hasil  penelitian  menunjukkan  strategi  peningkatan  kualitas transportasi  
kereta  api  Indonesia  DAOP  VI  Yogyakarta  adalah:  (1)Harga  Diri,  PT  KAI  DAOP  VI  Yogyakarta melaksanakan  pelayanan  
inovatif,  menempatkan  karyawan  sesuai  kemampuan,  suasana  kerja  yang  kondusif. (2)Memenuhi harapan, sudah dianggap baik
dan tanggap. (3)Pembenahan dan penemuan kembali,  mengidentifikasi masalah  melalui  saran  dan  keluhan  penumpang.  (4)Pandangan  
kedepan,  penggunaan  e-ticketing,  aplikasi  KAI Access  dan  website,  peninkatan  kecepatan  kereta  ke  80  Km/jam  keatas.  
(5)Perbaikan  terus  menerus,  konfigurasi kursi lebih lapang, penambahan AC dan colokan listrik, pengecekan periodik sebelum
keberangkatan, studi banding. (6)Penuh  Perhatian,  kesigapan  dan  keramahan  petugas  pelayanan.  (7)Selalu  mengadakan  pemberdayaan,
rolling pegawai,  reward  and  punishment.  Adapun  faktor  penghambat  adalah  tindakan  indisipliner  beberapa  petugas, rendahnya  
kesadaran  penumpang  terhadap  lingkungan  dan  kebersihan,  kurang  taatnya  penumpang  terhadap peraturan.

Kata Kunci:  Strategi, Kualitas Pelayanan, Kereta Api Indonesia.



Full Text:

PDF

References


Barata, Atep Adya. (2003). Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta : PT Gramedia Pustaka.

B.Siswanto Sastrohadiwiryo. (2003). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta : Bumi Aksara

B.N Marbun. (2003). Kamus Manajemen. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Creswell, John W. (1993). Research Design: Qualitative & Quantitative Approach. London: Sage Publication.

Griffin. (2004). Komitmen Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Ibrahim, Amin. (2008). Teori dan Konsep Pelayanan Publik serta Implementasinya. Jakarta: Mandar Maju.

Lovelock, C and Wirtz, . (2004). “Services Marketing”, Fifth Edition, Prentice Hall, New Jersey.

Moleong, Lexy J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nawawi, Hadari, (2000), Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Romansyah, Kartika M. P. (2015). Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan PT. KAI (Persero) DAOP VIII Stasiun Gubeng Surabaya (Studi pada Ticketing). Surabaya: Program Ilmu Administrasi Negara, FIS, UNESA.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhendra, K. (2006). Peranan Birokrasi dalam Pemberdayaan Masyarakat. CV. Alfabeta. Bandung.

Surjadi, (2009). Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung. PT Rafika ADITAMA

Wibisono. (2006). Manajemen Kinerja:Konsep Desain dan Teknik Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Erlangga

Winardi. (2004). Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yanuaria, Lusi W. (2012). Strategi PT. Kereta Api Indonesia (KAI) dalam Meningkatkan Pelayanan Transportasi Kereta Api (Studi Kasus di Kantor Daerah Operasi VII Madiun Periode 2009-2011). Yogyakarta: Program Ilmu Administrasi Negara, FIS, UNY.

Republik Indonesia. (2003). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang pedoman umum penyelenggaraan pelayanan publik. Jakarta: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.

Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Perhubungan No. 47 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Minimum untuk Angkutan Orang dengan Kereta Api. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014, Nomor 1571. Jakarta: Menteri Perhubungan Republik Indonesia.

Republik Indonesia. (2015). Peraturan Menteri No. 48 Tahun 2015 tentang Standar Minumum Angkutan Orang dengan Kereta Api. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2015, Nomor 322. Jakarta: Menteri Perhubungan Republik Indonesia.

PT. Kereta Api Indonesia. (2015). Keputusan Direksi PT Kereta Api Indonesia Nomor KEP.U/LL.003/XI/1/KA-2015 tentang Syarat-Syarat dan Tarif Angkutan Kereta Api Penumpang. Bandung: Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia.

https://bps.go.id. Diakses tanggal 18 Maret 2019 pukul 13.00 WIB.

https://www.google.com/amp/s/bisnis.tempo.co/amp/1157564/menhub-usul-lansia-dapat- diskon-saat-beli-tiket-kereta-api. Diakses tanggal 19 Maret 2019 pukul 13.15 WIB




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i5.20927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress