STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI KERETA API INDONESIA
Abstract
DAOP VI Yogyakarta dan hambatan dalam melaksanakan strategi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan strategi peningkatan kualitas transportasi
kereta api Indonesia DAOP VI Yogyakarta adalah: (1)Harga Diri, PT KAI DAOP VI Yogyakarta melaksanakan pelayanan
inovatif, menempatkan karyawan sesuai kemampuan, suasana kerja yang kondusif. (2)Memenuhi harapan, sudah dianggap baik
dan tanggap. (3)Pembenahan dan penemuan kembali, mengidentifikasi masalah melalui saran dan keluhan penumpang. (4)Pandangan
kedepan, penggunaan e-ticketing, aplikasi KAI Access dan website, peninkatan kecepatan kereta ke 80 Km/jam keatas.
(5)Perbaikan terus menerus, konfigurasi kursi lebih lapang, penambahan AC dan colokan listrik, pengecekan periodik sebelum
keberangkatan, studi banding. (6)Penuh Perhatian, kesigapan dan keramahan petugas pelayanan. (7)Selalu mengadakan pemberdayaan,
rolling pegawai, reward and punishment. Adapun faktor penghambat adalah tindakan indisipliner beberapa petugas, rendahnya
kesadaran penumpang terhadap lingkungan dan kebersihan, kurang taatnya penumpang terhadap peraturan.
Kata Kunci: Strategi, Kualitas Pelayanan, Kereta Api Indonesia.
Full Text:
PDFReferences
Barata, Atep Adya. (2003). Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta : PT Gramedia Pustaka.
B.Siswanto Sastrohadiwiryo. (2003). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta : Bumi Aksara
B.N Marbun. (2003). Kamus Manajemen. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Creswell, John W. (1993). Research Design: Qualitative & Quantitative Approach. London: Sage Publication.
Griffin. (2004). Komitmen Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Ibrahim, Amin. (2008). Teori dan Konsep Pelayanan Publik serta Implementasinya. Jakarta: Mandar Maju.
Lovelock, C and Wirtz, . (2004). “Services Marketing”, Fifth Edition, Prentice Hall, New Jersey.
Moleong, Lexy J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Nawawi, Hadari, (2000), Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Romansyah, Kartika M. P. (2015). Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan PT. KAI (Persero) DAOP VIII Stasiun Gubeng Surabaya (Studi pada Ticketing). Surabaya: Program Ilmu Administrasi Negara, FIS, UNESA.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suhendra, K. (2006). Peranan Birokrasi dalam Pemberdayaan Masyarakat. CV. Alfabeta. Bandung.
Surjadi, (2009). Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung. PT Rafika ADITAMA
Wibisono. (2006). Manajemen Kinerja:Konsep Desain dan Teknik Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Erlangga
Winardi. (2004). Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yanuaria, Lusi W. (2012). Strategi PT. Kereta Api Indonesia (KAI) dalam Meningkatkan Pelayanan Transportasi Kereta Api (Studi Kasus di Kantor Daerah Operasi VII Madiun Periode 2009-2011). Yogyakarta: Program Ilmu Administrasi Negara, FIS, UNY.
Republik Indonesia. (2003). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang pedoman umum penyelenggaraan pelayanan publik. Jakarta: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.
Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Perhubungan No. 47 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Minimum untuk Angkutan Orang dengan Kereta Api. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014, Nomor 1571. Jakarta: Menteri Perhubungan Republik Indonesia.
Republik Indonesia. (2015). Peraturan Menteri No. 48 Tahun 2015 tentang Standar Minumum Angkutan Orang dengan Kereta Api. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2015, Nomor 322. Jakarta: Menteri Perhubungan Republik Indonesia.
PT. Kereta Api Indonesia. (2015). Keputusan Direksi PT Kereta Api Indonesia Nomor KEP.U/LL.003/XI/1/KA-2015 tentang Syarat-Syarat dan Tarif Angkutan Kereta Api Penumpang. Bandung: Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia.
https://bps.go.id. Diakses tanggal 18 Maret 2019 pukul 13.00 WIB.
https://www.google.com/amp/s/bisnis.tempo.co/amp/1157564/menhub-usul-lansia-dapat- diskon-saat-beli-tiket-kereta-api. Diakses tanggal 19 Maret 2019 pukul 13.15 WIB
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i5.20927
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress