EVALUASI KEBIJAKAN KABUPATEN LAYAK ANAK KABUPATEN MAGELANG

Dwi Fitri, Lena Satlita

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  evaluasi  pelaksanaan  Kebijakan  Kabupaten  Layak Anak  (KLA)  
dan  mengetahui  hambatan  evaluasi  pelaksanaan  Kebijakan  KLA  khususnya  dalam pemenuhan  klaster  pendidikan,  
pemanfaatan  waktu  luang  dan  kegiatan  budaya  di  Kabupaten Magelang. Desain penelitian yang digunakan adalah
evaluasi proses. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kebijakan KLA  dilaksanakan sesuai  dengan program  dalam  
Rencana Aksi Daerah Kabupaten Layak  Anak  periode  tahun  2016-2020,  meskipun  ada beberapa  program  yang  
pelaksanaannya  belum optimal.  Dari  segi  sikap  aktor  pelaksana  diketahui  bahwa  ada  aktor  yang  mendukung  
dan  sebagian kecil aktor yang kurang mendukung dilaksanakannya kebijakan. Sedangkan untuk segi hasil, dari lima
indikator  yang  ditentukan,  Kabupaten  Magelang  sudah  dapat  mencapai  tiga,  diantaranya  angka partisipasi  
kasar  Pendidikan  Anak  Usia  Dini  (PAUD)  sudah  melebihi  angka  partisipasi  kasar  PAUD nasional,  jumlah  
sekolah  yang  memiliki  program,  sarana  dan  prasarana  perjalanan  anak  ke  dan  dari sekolah sudah  meningkat
setiap tahunnya, dan sudah tersedianya   fasilitas untuk  kegiatan kreatif  dan rekreatif  yang  ramah  anak  
di  luar  sekolah.  Hambatan  evaluasi  pelaksanaan    Kebijakan  KLA  yaitu keterbatasan  anggaran,  kurangnya  
koordinasi  Gugus  Tugas  KLA,  dan  belum  semua  pihak bersunggung-sungguh dalam melaksanakan Kebijakan KLA
di Kabupaten Magelang.

Kata kunci: evaluasi, kabupaten layak anak

Full Text:

PDF

References


Agustino, Leo. 2016. Dasar-Dasar Kebijakan Publik Edisi Revisi. Bandung : Alfabeta.

Aslikudin, Nur. 2015. Persepsi Masyarakat tentang Pentingnya Pendidikan Formal Implikasinya dalam

Sikap Kedewasaan Anak di Dusun Semoyo, Desa Sugihmas, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Institute Agama Islam Negeri Salatiga : Salatiga.

Cipto Utama, Rahardi. 2014. Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Etika Berlalu Lintas pada Satuan

Pendidikan di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta (Studi Kasus pada SMPN 9 Yogyakarta dan SMAN 6 Yogyakarta).

Universitas Negeri Yogyakarta : Yogyakarta.

Kusumanegara, Solahuddin. 2010. Model dan Aktor dalam Proses Kebijakan.Yogyakarta : Gava Media.

Lenny N. Rosalin, SE, MSc, MFin. 2018. Evaluasi Kabupaten/Kota Layak Anak 2018. Kementerian Pemberdayaan

Perempuan dan Perlindungan Anak : Jakarta.

Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Indikator Kabupaten/Kota Layak Anak

Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 12 tahun 2011 tentang Indikator Kabupaten/Kota Layak Anak

Prastowo, A. 2012. Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta : ArRuzz Media.

Rencana Aksi Daerah Kabupaten Layak Anak Kabupaten Magelang 2016- 2020

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

http://apkapm.data.kemendikbud.go.id/ind ex.php/cberanda/apkapmsekolah?kod e_wilayah=000000&tahun=

https://magelangkab.bps.go.id/dynamictabe l/2017/11/20/107/angka-partisipasi- sekolah-aps-penduduk-usia-7-18- tahun-menurut-kelompok-umur- 2011-2016.html




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i5.20887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress