KEMITRAAN ANTARA PEMERINTAH, SWASTA DAN MASYARAKAT DALAM MENANGANI PERMASALAHAN LINGKUNGAN PABRIK GULA MADUKISMO

Dian Ummah, Sugi Rahayu

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  kemitraan  antara  pemerintah,  swasta  dan  masyarakat  dalam
menangani permasalahan lingkungan akibat limbah Pabrik Gula Madukismo.Desain penelitian yang dipakai adalah
metode  penelitian  deskriptif  kualitatif.  Informan  penelitian  adalah    Kepala  Sub  Bidang  Pengendalian  
Pencemaran Lingkungan  Hidup  serta  Kepala  Sub  Bidang  Pengaduan  dan  penyelesaian  sengketa    Badan  Lingkungan  
Hidup kabupaten  Bantul,  sie  PPL  PG-PS  Madukismo,  dan  masyarakat  sekitar  pabrik  khususnya  Desa  Tirtonirmolo  
dan Desa  Midi  .  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  wawancara,  observasi,  dan  dokumentasi.  
Teknik keabsahan  data  yang  digunakan  berupa  triangulasi  sumber.  Teknik  analisia  data  terdiri  dari  pengumpulan  
data, penyajian data, reduksi data, dan verifikasi serta penegasan kesimpulan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa  kemitraan  yang  dilakukan  terwujud  dalam  bentuk  pemberian  input  dari  masing-masing  pihak.  Input  yang
dimaksud    berupa  informasi  dan  data  menganai  kondisi  dari  lingkungan    sekitar.  Kemitraan  yang  terjadi
menggunakan  model  kemitraan  mutualistik  yang  dilakukan  atas  dorongan  saling  membutuhkan  dan menguntungkan  
satu  sama  lain.  Pelaksanaan  kemitraan  ini  dilihat  dari  penerapan  prinsip  kemitraan  menurut Tennyson  yaitu,  
prinsip  kesetaraan  yang  dilihat  dengan  adanya  kesadaran  akan  peran  dan  kedudukan  masing- masing  sehingga  
memiliki  keselarasan  dalam  kemitraan.  Prisip  keterbukaan  dengan  saling  tersampaikannya informasi  secara  
transparan  antar  pihak  baik  secara  formal  maupun  non-formal.  Prinsip  saling  menguntungkan  yang ditandai
dengan tercapainya tujuan dan  manfaat  bersama berupa pengurangan limbah di lingkungan sekitar pabrik.

Kata kunci: Kemitraan, Pemerintah, Swasta, Masyarakat, Lingkungan.


Full Text:

PDF

References


Dwiyanto, A. 2008. Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik.yogyakarta : Gajah Mada University Press

Ditjen P2M & PL. 2004. Pelatihan Manajemen P2L & PL Terpadu Berbasis Wilayah Kabupaten/Kota Membina

Kemitraan Berbasis Institusi. Depkes RI.

Moleong, L. J. 2008. Metode Penelitian Kualitatif,Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Notoatmojo, S. 2010. Promosi Kesehatan teori & aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta

Sedarmayanti. 2009.Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrsi dan Kepemimpinan Masa Depan .

Bandung: PT Refika Aditama.

Sulistiyani, A. T. 2004. Kemitraan dan Model-Model Kemitraan,Yogyakarta :Gava Media.

Thoha, M. 2003.Birokrasi dan Politik di Indonesia. Penerbit Raja Grafindo Persada. Jakarta

Tjokroamijoyo, B. 1996. Manajemen Pembangunan. Jakarta. Toko Gunung Agung.

Wibisono, Y. 2007. Membedah Konsep & Aplikasi CSR.Gresik : Fascho Publishing.

Cahyaningrum, Rina (2014) tentang Kerjasama Pemerintah dan LSM Pattiro Dalam Program Pemeliharaan Kesehatan

Masyarakat Surakarta. Ilmu Pemerintahan, Universitas Diponegoro.

Ramadhani, Nur (2014) tentang Kemitraan Antara Pemerintah dan Ikatan Pekerja Soaial Masyarakat dalam

Menangani Masalah Anak Jalanan di Kota Yogyakarta. Ilmu Administrasi Negara, Universitas Negeri Yogyakarta.

Anam,Q. R and , Munawar Cholil, M.Si (2018) Analisis Kualitas Air Anak Sungai Bedok Akibat Limbah Pabrik

Gula Madukismo di Desa Tirtonirmolo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hanapiah, Pipin. 2007 . Good Governance : Membangun Masyarakat Yang Demokratis Dan Nasionalis dalam

http://pustaka.unpad.ac.id/wp- content/uploads/2009/05/gogo_all.pdf Diakses pada tanggal 30 Januari 2016 Pukul 15.30 WIB.

http://nasional.kompas.com/read/2009/06/02/1 8305289/bupati.bantul.yakin.maduki smo.bersalahdi akses pada 10 februari 2016 pukul 23.00 WIB

www.globalhumanitoryplatform.org, Prinsip- prnsip Kemitraan. 2007 diakses pada 10 februari 2016 pukul 23.00 WIB

http://blh.bantulkab.go.id/hal/profil2007 diakses pada 10 oktober 2016 pukul 23.00 WIB




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i5.20880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress