IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TRANSAKSI NON TUNAI MELALUI PENERAPAN QRIS DALAM PEMBAYARAN RETRIBUSI PARKIR DI KOTA YOGYAKARTA

Mela Asoka Anggraeni, Argo Pambudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi kebijakan transaksi non tunai melalui penerapan QRIS dalam pembayaran retribusi parkir di Kota Yogyakarta serta faktor pendukung dan juga faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari perwakilan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Ketua paguyuban parkir Yogyakarta, perwakilan juru parkir TKP Limaran dan Jalan Professor Yohanes dan juga masyarakat. Teknik analisis data menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan transaksi non tunai melalui penerapan QRIS telah dilakukan dengan penetapan standar dan sasaran kebijakan, karakteristik organisasi yang mendukung kebijakan, komunikasi antar organisasi yang berjalan baik serta adanya disposisi atau sikap para pelaksana kebijakan yang melakukan kewenangan sesuai dengan aturan. Dari segi sumber daya manusia kurangnya pengetahuan juru parkir tekait teknologi masih menjadi kendala serta adanya pengaruh dari lingkungan ekonomi, sosial dan politik dapat mempengaruhi kondisi pada saat pelaksanaan kebijakan dilapangan. Faktor pendukung implementasi kebijakan ini karena adanya regulasi yang jelas dan adanya komunikasi yang baik antar pelaksana. Sedangkan faktor penghambatnya ialah kualitas sdm juru parkir serta rendahnya tingkat partisipasi masyarakat.

Full Text:

PDF

References


https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/ritel/elektronifikasi/default.aspx, diakses Januari 2024.

“The Steps For Cashless Management In Central Java,” vol. 30, no. 1, 2022.

Y. Kurniati and H. Nurasa, “Implementasi Kebijakan Transaksi Non Tunai Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah Di Kabupaten Bandung (Studi pada Sekretariat Daerah …,” MODERAT áJurnal Ilm. Ilmu …, vol. 7, pp. 293–310, 2021, [Online]. Available: http://36.92.119.108/index.php/modrat/article/view/2441

https://www.bi.go.id/id/publikasi/laporan/lpp/Pages/Laporan-Perekonomian-DI-Yogyakarta-Agustus-2022.aspx, diakses Januari 2024.

K. Nisa, D. Sukarno, and A. Buchori, “Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Retribusi Parkir Tunai Di Kawasan Taman Dewi Sartika Pelataran Balai Kota Bandung,” JANE - J. Adm. Negara, vol. 13, no. 2, p. 225, 2022, doi: 10.24198/jane.v13i2.28688.

O. B. Saputri, “Preferensi Konsumen Dalam Menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran Digital,” Journals Econ. Bus. Mulawarman, vol. 17, no. 2, pp. 1–11, 2020.

S. Saleh, “Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung,” Anal. Data Kualitatif, p. 180, 2017, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf

D.A. Trisliatanto, “Metodologi Penelitian,” 2020.

A. Arfandi, I. Ismail, and S. Aminah, “Implementasi Kebijakan Transaksi Non Tunai dalam Pengelolaan Keuangan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Wajo,” J. Ada Na Gau Public Adm., vol. 3, no. 1, pp. 820–833, 2022.

H. Haryono, “Analisis Penerapan Sistem Transaksi Non Tunai Dalam Meningkatkan Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Landak,” JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akunt. Fak. Ekon. Univ. Tanjungpura), vol. 9, no. 2, 2020, doi: 10.26418/jaakfe.v9i2.43768.

S. D. Pradita and I. H. Utomo, “Efektivitas Sistem Parkir Elektronik (E-Parkir) Dalam Pengelolaan Parkir Di Kota Surakarta,” J. Gov. Policy Innov., vol. 1, no. 1, pp. 33–45, 2021, doi: 10.51577/jgpi.v1i1.67.

N. K. Karim, S. Atikah, and I. P. Lenap, “Pelatihan Perencanaan Keuangan Bagi Petugas Parkir Kota Mataram,” J. Abdimas Sangkabira, vol. 3, no. 1, pp. 41–50, 2022, doi: 10.29303/abdimassangkabira.v3i1.287.

D. E. Artamalia and I. Prabawati, “Evaluasi Program E-Parking Di Kawasan Parkir Balai Kota Surabaya,” Publika, vol. 7, no. 3, pp. 1–8, 2019.

N. Mustari, “Pemahaman Kebijakan Publik( Formulasi,Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik),” Kebijak. Publik Deliberatif, vol. 1, p. 286, 2015.

https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/cerita-bi/Pages/cara-membuat-qris.aspx, diakses Januari 2024.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v9i2.20859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress