EVALUASI PROGRAM ASURANSI USAHATANI PADI DI KECAMATAN ADIMULYO DAN KECAMATAN ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN

Nur Fatmah Puspitasari, Pandhu Yuanjaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan program dengan melakukan evaluasi program Asuransi Usahatani Padi (AUTP) di Kecamatan Adimulyo dan Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan informasi yang akurat, peneliti memilih beberapa informan antara lain yaitu petugas PPL, petugas POPT-PHP, perwakilan Dinas Pertanian dan Pangan, perwakilan perusahaan pelaksana asuransi, dan petani. Dalam upaya pengumpulan data dilakukan teknik pengumpulan data melalui langkah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program AUTP telah menunjukkan responsivitas terhadap masalah yang dihadapi petani. Sumber daya yang terdiri dari SDM, anggaran, dan sarana prasarana telah menunjang pelaksanaan program AUTP. Program AUTP telah dilaksanakan dengan optimal di Kecamatan Rowokele tetapi belum dilaksanakan secara optimal di Kecamatan Adimulyo. Tujuan dari program AUTP berupa perlindungan telah banyak dirasakan petani di Kecamatan Rowokele, tetapi belum banyak dirasakan petani di Kecamatan Adimulyo.

Full Text:

PDF

References


F. Mufidah, “Efektivitas Program Asuransi Usahatani Padi (AUTP) Di Kabupaten Pati,” Unnes Repos., 2020.

B. R. Saefudin, T. P. Sendjaja, D. Rochdiani, R. S. Natawidjaja, dan E. Rasmikayati, “Analisis Tingkat Bahaya, Kerentanan Dan Risiko Perubahan Iklim: Studi Komparatif Petani Padi Jawa Barat Dan Jawa Timur,” Mimb. Agribisnis J. Pemikir. Masy. Ilm. Berwawasan Agribisnis, 2021.

M. Mandang, M. F. L. Sondakh, dan O. E. H. Laoh, “Karakteristik Petani Berlahan Sempit Di Desa Tolok Kecamatan Tompaso,” Agri-Sosioekonomi, 2020.

Sulaiman A.A, Asuransi Pengayom Petani. Jakarta: IAARD PRESS, 2017.

M. Fleckenstein dkk., “Crop insurance: A barrier to conservation adoption?,” J. Environ. Manage., 2020.

Wang, Z. Qiao, S. Kimura, dan A. Suraya, “Is the crop insurance program effective in China? Evidence from farmers analysis in five provinces,” J. Integr. Agric., 2015.

Kementrian Pertanian RI, “Peraturan Menteri Pertanian RI No 40 Tahun 2015 tentang Fasilitasi Asuransi Pertanian.” Jakarta, 2015.

Kementrian Pertanian RI, “Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 01/Kpts/SR.210/B/01/2022 tentang Pedoman Bantuan Premi Asuransi Usahatani Padi.” Jakarta, 2022.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta, 2013.

F. Nugrahani, Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Cakra Books, 2014.

Taufiqurakhman, “Kebijakan Publik Pendelegasian Tanggungjawab Negara Kepada Presiden Selaku Penyelenggara Pemerintahan,” Jakarta Pusat: Jakarta Pusat: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Moestopo Beragama, 2014.

S. Anggara, Kebijakan Publik. Bandung: Bandung: CV Pustaka Setia, 2014.

D. L. Stufflebeam dan G. Zhang, The CIPP Evaluation Model: How to Evaluate for Improvement and Accountability. New York: The Guilford Press, 2017.

S. N. A. Fayda, G. Ulusoy, dan I. I. Meydanli, “Design of Post Project Analysis and Risk Management Processes for R&D Projects,” Tech. Rep Sabanci Univ, 2003.

G. C. Edward III, Public Policy Implementing. London-England: Jai Press Inc, 1984.

Y. Oktavia dan Z. Azriani, “Analisis Komunikasi Program Asuransi Usaha Tani Padi dan Persepsi Petani di Kabupaten Solok,” JOSETA J. Socio-economics Trop. Agric., 2020.

BPBD Kabupaten Kebumen, “Peta Resiko Bencana.” bpbd.kebumenkab.go.id. Dikutip pada 20 Januari 2023 dari https://bpbd.kebumenkab.go.id/index.php/web/post/194/peta_resiko-bencan, 2021.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v9i2.20851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress