Inovasi Pelayanan Publik Sistem Perpustakaan Terpadu Jogja Library For All Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah DIY

Fauzan Dita Nurrahman, Fransisca Winarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana inovasi Sistem Perpustakaan Terpadu Jogja Library For All (Sepatu Jolifa) di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa inovasi Sepatu Jolifa sudah dilakukan dengan baik. Hal tersebut dapat terlihat dari indikator 1) keunggulan relatif yang dapat dilihat dari adanya inklusifitas serta kemudahan pelayanan yang diberikan. 2) Kesesuaian, terlihat dari adanya kesesuian inovasi Sepatu Jolifa dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan di DPAD DIY dan kebutuhan masyarakat (pemustaka). 3) Kerumitan, terdapat beberapa hambatan yang dihadapi oleh DPAD DIY dalam mengembangkan inovasi Sepatu Jolifa. 4) Kemampuan diuji cobakan, inovasi Sepatu Jolifa telah melewati berbagai tahapan uji coba yang melibatkan banyak pihak. 5) Kemampuan diamati, sosialisasi rutin dilakukan untuk mengenalkan inovasi Sepatu Jolifa kepada masyarakat. Faktor Pendukung inovasi Sepatu Jolifa terdiri dari kepemimpinan yang mendukung inovasi, dukungan dari perpustakaan anggota dan perkembangan teknologi. Faktor Penghambat terdiri dari perbedaan teknologi, sistem dan kebijakan, sumber daya manusia, serta anggaran.

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

E. K. Putri dan A. Pambudi, "Inovasi Pelayanan Akta Kelahiran Melalui Egovernment Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta," NATAPRAJA, vol. 6, no. 1, 2018.

A. W. Putra dan F. Niswah, "Inovasi Layanan Drive-Thru Perpustakaan Untuk Meningkatkan Budaya Literasi (Studi Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur)," Publika, pp. 25-38.

K. Nicholson, Innovation in Public Libraries Learning From International Library Practice, Chandos Publishing, 2017.

H. Prabowo, D. Suwanda dan W. Syafitri, Inovasi Pelayanan Pada Organisasi Publik., Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2022.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2017 Tentang Inovasi Daerah

L. D. Putri dan D. Mutiarin, "Efektifitas Inovasi Kebijakan Publik; Pengaruhnya Pada Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia," in Tantangan Pascasarjana Di Era Revolusi Industri 4.0, 2018.

Purboningsih, D, Muluk, M dan Noor, I, "Peningkatan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Umum Melalui Pendekatan Sistem Lunak (Soft Sistem) (Studi Pada Perpustakaan Umum Kota Kediri).," Wacana, Jurnal Sosial dan Humaniora,, vol. 17, no. 3, pp. 106-118, 2014.

F. Hanivah, "Strategi Promosi Sebagai Upaya Mengeksistensikan Perpustakaan di Era Serba Digital," Jurnal Ilmu Perpustakaan, vol. 9, no. 3, pp. 1-5, 2020.

BAPPEDA DIY, "Jumlah Peserta Didik," 2023. [Online]. Available: http://bappeda.jogjaprov.go.id/dataku/data_dasar/cetak/482-jumlah-peserta-didik.

DPAD DIY, Rancangan Akhir Rencana Strategis 2022-2027 Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY, Yogyakarta: DPAD DIY, 2022.

S. T. Yeh dan Z. Walter, "Determinants of Service Innovation in Academic Libraries through the Lens of Disruptive Innovation.," College & Research Libraries, vol. 77, no. 6, 2016.

Peraturan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perpustakaan

F. Andriansyah dan L. Christiani, "Efektivitas Interlibrary Loan Dengan Metode Bulk Loan System Bagi Perpustakaan Sekolah Anggota Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah (LTPS) Kota Semarang," Jurnal Ilmu Perpustakaan, vol. 9, no. 2, pp. 23-32, 2020.

L. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya , 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2007.

M. E. Rogers, Diffusion of Innovation, fifth ed., Free Press, 2003.

G. Cook, M. Matthews dan S. Irwin, Innovation in Public Sector: Enabling Better Performance, Driving New Performance, Australia National Audit Office, 2009

.

Y. Suwarno, Inovasi Di Sektor Publik, STIA-LAN PRESS, 2008.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v9i1.20766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress