STAKEHOLDER ANALYSIS DALAM PENGEMBANGAN SUSTAINABLE TOURISM DI PANTAI GLAGAH KABUPATEN KULON PROGO

Fauzan Rohman, Kurnia Nur Fitriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan menjelaskan stakeholder analysis dalam pengembangan prinsip sustainable tourism wisata Pantai Glagah Kulon Progo. Urgensi penelitian ini untuk mengetahui peran dan kategori masing-masing stakeholder dalam pengembangan prinsip sustainable tourism guna mengetahui berbagai kepentingan, dan pengaruh dari setiap stakeholder yang dapat berguna untuk evaluasi kegiatan pengembangan sustainable tourism. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Tempat penelitian dilakukan di Pantai Glagah, dan Dinas Pariwisata Kulon Progo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan sustainable tourism di wisata Pantai Glagah diterapkan oleh tujuh stakeholder. Selanjutnya pada klasifikasi dan kategorisasi stakeholder dikategorikan menjadi t: 1)key players: Dinpar Kulon Progo,2)subjects: Paguyuban UMKM Pantai Glagah, Pemerintah Kalurahan Glagah, dan Warga Masyarakat sekitar,3)crowds: Kelompok Sadar Wisata Kalurahan Glagah, Wisatawan Pantai Glagah, dan Perhimpunan Hotel dan Resto Indonesia (PHRI) Kulon Progo.4)context setter tidak ada stakeholder yang termasuk. Kemudian pada tahapan investigasi hubungan antar stakeholder dikategorikan menjadi hubungan komunikasi, koordinasi, dan kerjasama, dimana hampir setiap stakeholder terlibat di dalamnya. Dampak penelitian ini terkait dengan pengembangan sustainable tourism berimplikasi pada teridentifikasinya setiap peranan stakeholder sehingga dapat dipetakan permasalahan yang ada, dan solusi yang diberikan terkait pelaksanaan pengembangan sustainable tourism di Pantai Glagah.

Full Text:

PDF

References


S. Kusumarani, Sustainable Tourism Development Untuk Mneingkatkan Ekonomi Masyarakat LokaL Dalam Bingkai Collaborative Governance: Desa Wisata Jambu Kabupaten Kediri, Skripsi, Manajeman dan Kebijakan Publik, Universitas Gadjah Mada, 2022.

P. E. Wirawan dan V. Octaviany., Pengantar Pariwisata. Nilacakra, Bandung, 2022.

D. Talib, Analisis Peran Stakeholder Dalam Pengembanga Pariwisata, Jurnal Ilmu Pariwisata, Volume 3, Number 01, 2020, pp. 12–18.

T. Rahmat, D. Apriliani, dan Al-Ghifari., Model Pengembangan Desa Wisata Berbasis Sustainability Tourism Dalam Perpsektif Green Hrm,” KarismaPro, Volume 13, Number 02, 2022, pp. 87–98.

D. P. Wulandari., Analisis Dampak Perkembangan Pariwisata Terhadap Perubahan Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Kersik Tuo Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci, Jurnal Ensiklopedia , Volume. 2, Number 01, 2019, pp. 241–249.

M. S. Reed et al., Who’s in and why? A typology of stakeholder analysis methods for natural resource management, Journal Environmental Management, Volume. 90, Number, 2009, pp. 1933–1949.

Yohanes, S. F. Eddyono, dan D. Entas, Indikator perencanaan pengembangan pariwisata berkelanjutan. Anugrah Utama Raharja, Bandar Lampung, 2019.

Salsabila, T.S, dan Santoso.R.S, Analisis Stakeholder (Aktor Kebijakan) Dalam Pengembangan Objek Wisata Candi Gedongsongo Di Kabupaten Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, Volume 7, Number 2, 2018, pp. 1-15.

Handayani, F., dan Warsono, H, Analisis Peran Stakeholder dalam Pengembangan Objek Wisata Pantai Karang Jahe di Kabupaten Rembang. Journal of Public Policy and Management Review, Volume 6, Number 3, 2017, pp. 1-13.

J. W. Creswell, Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Edisi 4, Sage publications, California, 2017.

M. Choiri., Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan, Edisi 1, Nata Karya, Ponorogo,2019.

L. J. Moleong, Metodelogi penelitian, Penerbit Remaja Rosdakarya, Bandung, 2016.

D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta, Bandung 2016.

S. P. Rukin, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Edisi 2, Jakad Media Publishing, Sulawesi Selatan, 2021.

Z. Abdussamad., Metode Penelitian Kualitatif, Edisi 1, Syakir Media Press,

Makassar, 2021.

V. Maximova, Stakeholders ’ Analysis, Journal Management Business, Volume 7, Number 03, 2019, pp. 26–35.

M. Berliandaldo, Kolaborasi dan Sinergitas Antar Stakeholder dalam Pembangunan Berkelanjutan Sektor Pariwisata Di Kebun Raya Cibinong, Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, Volume 4, Number 02, 2021, pp. 221–234.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v9i1.20750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress