ANALISIS STAKEHOLDER REVITALISASI PASAR RAKYAT PRAWIROTAMAN KOTA YOGYAKARTA

Anggun Anastya, Francisca Winarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan analisis stakeholder dalam revitalisasi Pasar Prawirotaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Fokus dalam penelitian ini adalah menganalisis proses revitalisasi pasar tradisional. Data primer diperoleh melalui hasil wawancara dan observasi dengan informan terkait secara langsung. Data sekunder diperoleh melalui studi pustaka, laporan, dan dokumentas. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta harus melakukan pendekatan kepada pedagang pasar. Karena Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta yang paling memiliki power dalam kebijakan ini, pedagang pasar prawirotaman merupakan subjek yang terkena dampak langsung dari kebijakan ini. Melalui penelitian ini dapat diketahui stakeholder yang perlu dipertimbangkan untuk menyelesaikan permasalahan sudut pandang tersebut, yaitu Pedagang Pasar Prawirotaman dan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta.


Full Text:

PDF

References


Referensi

Wiji, Pemerintah Jokowi Akan Revitalisasi 5000 Pasar Tradisional DetikFinance. 2015.

Abdilas, R., Kementerian Perdagangan Klaim Sudah Revitalisasi 4.211 Pasar Rakyat di Indonesia. TribunNews.Com, 2019.

Craswell, Penelitian Kualitatif dan Desain Riset, Pustaka Belajar, Yogyakarta, 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta Bandung, Bandung, 2017.

Bryson, John., Humphrey, H., P, A., What To Do When Stakeholders Matter: A Guide to Stakeholder Identification and Analysis Techniques By University of Minnesota Visitting Professor for 2002, Public Management Review, 2016.

Mitchell, R. K., Agle, B. R., & Wood, D. J., Toward a Theory of Stakeholder Identification and Salience: Defining The Principle of Who and What Really Counts. Academy of Management Review, 1997.

Alfianita, E., Wijaya, A. F., & Siswidiyanto, Revitalization of Traditional Market Based on Good Governance Perspective (a study at Tumpang Market in Kabupaten Malang. Jurnal Administrasi Publik, 2015.

Firmansyah, R., Pedoman Kelompok Sadar Wisata. Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, 2012.

Aprilia, R., Dampak Revitalisasi Pasar Tradisional Terhadap Pendapatan Pedagang di Pasar Bulu Semarang. Economics Development Analysis Journal, 2018.

Crosby, B., Stakeholder Analysis : A Vital Tool for Strategic Managers. U.S Agency for International Development, 1991.

Eden, C., Ackermann, F., Making Strategy: The Journey of Strategic Management, Sage Publications, 1998.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v9i1.20747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress