Kualitas Pelayanan Penyediaan Air Bersih Pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDAM) Kabupaten Tangerang

Ihsan Rafi Muta'ali, Lena Satlita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai Kualitas Pelayanan Penyediaan Air Bersih yang dilakukan oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDAM) Kabupaten Tangerang serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan kualitas pelayanan penyediaan air bersih pada PERUMDAM Kabupaten Tangerang sudah baik, namun masih terdapat dua dari sepuluh indikator pelayanan belum sesuai dengan harapan pelanggan. Pada dimensi responsivitas pada indikator daya tanggap dalam penanganan keluhan yang dialami oleh pelanggan masih tergolong lambat. Pada dimensi responsibilitas pada indikator kelangsungan distribusi pelayanan air bersih, masih kerap terjadi kemacetan aliran air yang dihasilkan. Sebaliknya pada dimensi akuntabilitas semua indikator di dalamnya sudah berjalan dengan baik. Dalam pelayanan penyediaan air bersih yang dilakukan oleh PERUMDAM Kabupaten Tangerang juga terdapat berbagai faktor pendukung seperti seperti, hadirnya sistem informasi pelayanan publik yang jelas, sarana prasarana yang memadai guna menunjang pelayanan, faktor organisasi dan faktor aturan. Sedangkan untuk faktor penghambat pelayanan diantaranya faktor keterlambatan pembayaran rekening dari pelanggan, faktor musim, serta faktor eksternal perusahaan yaitu  pemadaman listrik dari PLN.

Full Text:

PDF

References


Referensi

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Irawan, A. "Kualitas Pelayanan PT . Pertamina ( Persero ) Dalam Penyaluran Bahan Bakar Minyak ( BBM ) di Kabupaten Merauke.," Jurnal Politik dan Kemasyarakatan, vol. 11, no. 1, pp. 152-168, 2019

Ratminto. Atik Septi Winarsih. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2007.

Tjiptono, F & Diana, A. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset, 2003.

Hein, S.V, "Kekeringan dan Kelangkaan Air Melanda Iran," DW.

Kementerian PUPR, Buku Kinerja BUMD Air Minum, 2020.

Undang-Undang Republik Indonesia No 7 Tahun 2004 Tentang Sumber Daya Air

Wibawana, A, "Musim Kemarau 2023 di Indonesia Diprediksi Lebih A.wal, Ini Penjelasan BMKG," [Online]. Available: https://news.detik.com/berita/d-6606094/musim-kemarau-2023-di-indonesia-diprediksi-lebih-awal-ini-penjelasan-bmkg.

Red, "31 Ribu Pelanggan Perumdam TKR Terancam Krisis Air Bersih, Dirut : Langsung Koordinasi dengan BBWSCC," [Online]. Available: https://www.detakbanten.com/advertorial/31-ribu-pelanggan-perumdam-tkr-terancam-krisis-air-bersih-dirut-langsung-koordinasi-dengan-bbwscc.

E. K. Putri dan A. Pambudi, "Inovasi Pelayanan Akta Kelahiran Melalui Egovernment Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta," NATAPRAJA, vol. 6, no. 1, 2018.

L. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya , 2017.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2019.

Peraturan Bupati Kabupaten Tangerang Nomor 07 Tahun 2009 Tentang Tarif Air Minum dan Biaya Lainya pada PDAM TKR Kabupaten Tangerang.

Lenvine, Public Administration: Challenges, Choices,Consequences . Illionis : Scot Foreman, 1990.

Dwiyanto, A.Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada Press University, 2014.

Peraturan Kementrian Kesehatan No 32 Tahun 2017 Tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua, dan Pemandian Umum.

Kumorotomo, W., Akuntabilitas Birokrasi Publik, Sketsa Pada Masa Transisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Moenir, Manajemen Pelayanan Umum di Indoensia. PT: Bumi Aksara, 2014




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v9i1.20746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress