TATA KELOLA KEMITRAAN ANTARA PT. GOTO GOJEK TOKOPEDIA TBK DENGAN MITRA PENGEMUDI DAN MITRA USAHA GOFOOD DI SERANG, BANTEN

Shelma Widya Utami, Dwi Harsono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tata kelola kemitraan Gojek dengan mitra pengemudi dan mitra usaha di Serang, Banten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini meliputi Gojek Cabang Serang, Mitra Pengemudi dan Usaha, Dinas Perhubungan Provinsi Banten, dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari observasi dan wawancara, serta data sekunder berupa isi perjanjian kemitraan, dokumen sanksi dan komitmen Gojek, Peraturan Menteri Perhubungan, dan dokumen penyalahgunaan posisi tawar kemitraan dari KPPU. Berdasarkan hasil penelitian, tata kelola kemitraan ini termasuk ke dalam Pathological Partnership dan tidak layak disebut sebagai hubungan kemitraan dikarenakan tidak ada kolaborasi di dalamnya. Pada indikator agreement, pembuatan perjanjian kemitraan dibuat sepihak oleh perusahaan tanpa melibatkan mitra. Kemudian pada indikator management, semua pengaturan terkait pembagian hasil, jam kerja, tugas dan tanggung jawab, serta hak dan kewajiban diputuskan sepihak oleh perusahaan dan hanya perusahaan yang dapat mengubahnya. Pada indikator komitmen, Gojek mengembangkan komitmennya dalam memberikan healthy kit hingga workshop pada masa pandemi alih-alih memberikan jaminan kesehatan kepada mitra. Pada indikator accountability, tanggung jawab Gojek hanya sebatas memfasilitasi keluhan mitra dan tidak bertanggung jawab pada setiap kerusakan dan kerugian yang dialami oleh mitra dalam pelaksanaan kemitraan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta, 2013.

Grossman, A.S., Partnership Governance. in Grossman, A,S., & Holzer, M., Partnership Governance in Public Management: A Public Solutions Handbook, Routledge, New York, 2015.

Grossman, S. A., The role of entrepreneurship in public-private partnerships: The case of business improvement districts, Disertasi, Program Doktoral Administrasi Publik, Rutgers University, 2008.

Haerani, R., Perjanjian Kemitraan antara PT. Gojek Indonesia dengan Driver Transportasi Berbasis Teknologi di Pulau Lombok (Study di Pulau Lombok). Res Justitia: Jurnal Ilmu Hukum, Volume 1, Number 2, 2021, pp. 157–167.

https://www.serangkota.bps.go.id, diakses 20 Februari 2023.

https://theconversation.com/riset-empat-alasan-kemitraan-gojek-grab-hingga-maxim-merugikan-para-ojol-159832, diakses 19 Februari 2023.

https://www.bantennews.co.id/ribuan-driver-ojol-desak-dprd-banten-tolak-kenaikan-harga-bbm-bersubsidi/, diakses 3 Maret 2023.

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200317150135-37-145529/217-juta-masyarakat-indonesia-pakai-transportasi-online, diakses 20 Februari 2023.

https://www.merdeka.com/uang/riset-ldui-pendapatan-mitra-gojek-meningkat-sejak-2021.html, diakses 1 Maret 2023.

Izzati, N. R., & Sesunan, M. M. G., ‘Misclassified partnership’ and the impact of legal loophole on workers. Bestuur, Volume 10, Number 1, 2022, pp. 57—67.

Nawawi, H., Metode Penelitian Bidang Sosial. Gajah Mada University Press, Yogyakarta, 2005.

Novianto, A., Keban, Y. T., & Hernawan, A., Menyoal Kerja Layak dan Adil dalam Ekonomi Gig di Indonesia, IGPA Press, Yogyakarta, 2021.

Novianto, A., Mengurai persoalan tarif murah bagi pengemudi online di Indonesia: Dari tarif layanan antar penumpang, barang, dan makanan, IGPA Press, Yogyakarta, 2022.

Parmana, N., Tinjauan Terhadap Perjanjian Kerjasama Kemitraan Antara Restoran Dengan PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Go-Jek) Dalam Layanan Go-Food Di Pekanbaru. Skripsi, Program Sarjana Hukum, Universitas Islam Riau, 2019.

Rachmawati, R., et al., Urban gig workers in Indonesia during COVID-19: The experience of online ‘ojek’ drivers. Work Organisation, Labour & Globalisation, Volume 15, Number 1, 2021, pp. 31—45.

Sugiyono., Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta CV, Bandung, 2012.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v8i6.20744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress