ANALISIS HUMAN GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK TRANSPORTASI DARAT BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI KOTA YOGYAKARTA

Rahayu Dwi Katrunanda, Kurnia Nur Fitriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui human governance dalam pelayanan publik transportasi darat bagi penyandang disabilitas di Kota Yogyakarta. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian informan didasarkan pada purposive sampling, sehingga Informan dalam penelitian ini meliputi: Dishub DIY, Dishub Kota Yogyakarta, PT JTT, PT AMI, Lembaga SIGAB, dan kelompok penyandang disabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwahuman governance dalam pelayanan publik transportasi darat bagi penyandang disabilitas di Kota Yogyakarta masih belum optimal, dibuktikan dari adanya aspek-aspek yang belum berjalan dengan baik tercermin dari 3 indikator yakni pertama, adanya akuntabilitas sosial seperti belum adanya SOP penumpang berkebutuhan khusus, laporan pertanggungjawaban sifatnya internal perusahaan, dan belum tersedianya aksesibilitas non-fisik. Kedua, Pendidikan Bagi Warga negara seperti pengelolaan SDM pekerja yang belum optimal. Ketiga, Kesamaan dan Kebebasan seperti belum terdapat lembaga yang khusus concert menangani kasus diskriminasi di lingkungan pelayanan transportasi publik. Kemudian aspek-aspek yang sudah berjalan dengan baik tercermin dari 2 indikator yaitu pertama, Partisispas menunjukan masing-masing aktor sudah turut andil sesuai dengan tugas dan kewajiban dalam pelayanan transportasi publik. Kedua, Reliabilitas seperti adanya keterbukaan tarif biaya dan ketepatan waktu dari masing-masing transportasi.  

Full Text:

PDF

References


Abdurrohman, Muhammad., Aksesbilitas dan Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas Fisik pada Transportasi Publik: Studi kasus PT Kereta Api Indonesia Stasiun Yogyakarta DAOP VI Kota Yogyakarta, Skripsi, Tidak diterbirtkan, Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020.

Ackerman, John M., Social Accountability in The Public Sector: A Conceptual Discussion, Participation and Civic Engagement Paper, Washingthon, D.C, World Bank Group, Number 82, Maret, 2005.

Bovens, Mark., Analysing and Assesing Public Accountability: A Conceptual Framework, European Governance Paper (EUROGOV), No C-06-01, 2006.

Dinsoskertrans Kota Yogyakarta, Profil tahun 2021, Yogyakarta, 2022.

Dwiyanto, A., Manajemen Pelayanan Publik: Peduli Inklusif Dan Kolaborasi, UGM PRESS, 2018.

Economic and Social Commission for Asia and the Pasific (ESCAP) United Nations Building., Disability at a Glance 2015: Strengthening Employment Prospects for Person with Disabilities in asia and the Pacific, ESCAP United Nations Publication, Bangkok, Thailand, 2016.

Hanapiyah, Z.M. et. al., Human Governance and Level of Corruption Risk, Journal Procedia Economics and Finance, Volume 35, Number 1, 2016, pp. 127-135.

Marwandianto, M., Pelayanan Transportasi Publik yang Mudah Diakses oleh Penyandang Disabilitas dalam Perspektif HAM, Jurnal HAM, Volume 9, Number 2, 2018, pp. 175-190.

Purnomosidi, A., Konsep Perlindungan Hak Konstitusional Penyandang Disabilitas Di Indonesia, Jurnal Ilmu Hukum, Volume 1, Number 2, 2017, pp 161-174.

Rahayu, S. et. al., Pelayanan Publik Bidang Transportasi bagi Difabel di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jurnal SOCIA, Volume 10, Number 2, 2013, pp. 108-119.

Sugiyono., Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, AFABETA, Bandung, 2019.

Syafi'ie, M., Pemenuhan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, INKLUSI Journal of Disability Studies, Volume 1, Number 2, 2014, pp. 269-308.

Syarifuddin. Dkk., Pengaruh Persepsi Pendidikan & Pelatihan Sumber Daya Manusia Pada Kantor Dinas Dikota Makassar, Jurnal Bata ilyas Educational Management Review, Volume 1, Number 2, 2021.

Thoha, Miftah., Ilmu Administrasi Publik Kontemporer, Kencana, Yogyakarta, 2008.

Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 4 tahun 2019 tentang Pemajuan, Perlindungan, dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas.

Zakiyah, U., & Fadiyah, D., Inovasi Pelayanan Transportasi Publik Ramah Penyandang Disabilitas di DKI Jakarta, Jurnal Ilmu Administrasi Publik dan Pembangunan (ADMINISTRATIO), Volume 11, Number 1, 2020.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v8i6.20739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress