RESPONSIVITAS PEMERINTAH KOTA TANGERANG SELATAN DALAM PROGRAM KELUARGA HARAPAN

Karenta Nurma Gustami, Marita Ahdiyana

Abstract


Penelitian dilakukan demi mencapai tujuan untuk mendeskripsikan Responsivitas Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam Program Keluarga Harapan (PKH) serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat khususnya di Kecamatan Pamulang, Kelurahan Pamulang Barat. Hasil wawancara dalam penelitian kualitatif ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Tangerang Selatan telah menjalankan Program Keluarga Harapan (PKH) dengan optimal dalam menghimpun data, menyalurkan program, maupun menerima aspirasi dan keluhan dari masyarakat. Meskipun demikian, terdapat banyaknya keluhan dari masyarakat maupun penempatan pengguna jasa yang belum berjalan baik. Hal ini karena memang PKH menjadi program yang bersifat cukup sentral di Pemerintah pusat, Pemerintah daerah dengan berbagai komponennya, mulai dari Dinas Sosial Kota Tangerang Selatan, Kantor Kelurahan, hingga Pendamping KPM hanya menghimpun dan mengajukan nama. Sebenarnnya, ada komitmen kuat dalam memberikan pelayanan dari pemerintah setempat, terutama koordinator kota dan pendamping social. Namun kendala seperti validasi data yang kurang dan keterbatasan administrasi membuat PKH sulit optimal dan menimbulkan banyak keluhan.  


Full Text:

PDF

References


Amalia, Maulida Farah. (2022). “Peran Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Di Kelurahan Pondok Benda Kota Tangerang Selatan”. Skripsi. Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. (2022). Rencana Kerja Pemerintah Daerah ((RKPD) Kota Tangerang Selatan Tahun 2022. Dapat diunduh: file:///C:/Users/USER/Downloads/1%20(1)%20(2).pdf

Badan Pusat Statistik. (2022). Persentase Penduduk Miskin Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Banten (Persen), 2019-2021. Diunduh dari https://banten.bps.go.id/indicator/23/78/1/persentase-penduduk-miskin-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-banten-.html

Dwiyanto, Agus. (2010). Manajemen pelayanan publik: Peduli, inklusif dan kolaboratif. Yogyakarta. Gajah Mada University Press.

Firmansyah, Dinata, Fentiny Nugroho. (2021). Implementasi Program Keluarga Harapan Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Pekerja Sosial. Volume 20. Nomor 2.

Johnson, R. B., & Christensen, L. B. (2004). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. Boston, MA: Allyn and Bacon.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Moeheriono. 2012. “Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi”. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, pada alinea Ke-4.

Purwanto, S., & Rofiah, K. (2017). Pendidikan Kemiskinan dan Pembangunan Masyarakat. Jakarta: Deepublish.

Rosadi, N. C. (2021). Efektivitas Program Bantuan Sosial Tunai (BST) pada Masa Pandemi Covid-19 di Perumahan Taman Cikande, Jayanti-Tangerang. Skripsi, 1–168.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA.

Sukmadinata, Nana Syaodih (2011). Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tangkilisan, Hessel N.S. (2005). Manajemen Publik. Jakarta: PT. Grasindo

Thoha, M. (2003). Administrasi Publik dan Otonomi Daerah. PT Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1974 yang digantikan dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v8i6.20736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress