MANAJEMEN STRATEGIS PENGELOLAAN SAMPAH DALAM UPAYA PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN MAGELANG

Dian Irmawati, Dwi Harsono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan manajemen strategis pengelolaan sampah dalam upaya pembangunan berkelanjutan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang.  Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan proses manajemen strategis yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang optimal akan tetapi masih terdapat faktor penghambat dalam pelaksanaannya. Beberapa kendala ditemukan pada indikator pengamatan lingkungan, implementasi strategi, dan evaluasi strategi antara lain kurangnya sumber daya manusia baik dari segi jumlah maupun kompetensi pegawai, kurangnya anggaran dana, realisasi anggaran yang belum tepat, pelaksanaan program yang masih menemui kendala, dan target kinerja akhir Renstra yang belum terpenuhi. Rekomendasi penelitian diantaranya meningkatkan sumber daya manusia baik dari segi jumlah maupun kompetensi pegawai, memperbaiki dan menambah sarana prasarana dalam pengelolaan sampah yang ramah lingkungan, dan merealisasikan seluruh program secara optimal.

Full Text:

PDF

References


Fia Rahmawati, A., Amin, Rasminto, & Dola Syamsu, F. Analisis Pengelolaan Sampah Berkelanjutan Pada Wilayah Perkotaan di Indonesia. Bina Gogik, Volume 8, Number , 2021, pp.1–12

Suryani, dkk. Indikator kesejahteraan, indikator keberlanjutan lingkungan hidup dan implementasinya di Indonesia. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Jakarta, 2017.

Badan Pusat Statistik. Jumlah Penduduk Kabupaten Magelang. Pemerintah Kabupaten Magelang, Magelang, 2023.

https://bsilhk.menlhk.go.id/index.php/2022/06/02/ikn-tantangan-kelola-sampah-standar-minimal-harus-berjalan/ diakses Februari 2023.

Fitriyati.Responsivitas DLH (Dinas Lingkungan Hidup) dalam Penanganan Penumpukan Sampah Dan Pencemaran Lingkungan Di TPA Pasuruhan. Universitas Negeri Tidar Magelang, Magelang, 2021.

https://radarsemarang.jawapos.com/berita/jateng/mungkid/2022/03/30/sampah-berserakan-di-pinggir-jalan-raya-sekitar-tpa-pasuruhan/?amp= diakses Januari 2023.

Yusuf, Adie Erar dan Karantino SS. Manajemen Strategik Dalam Pengembangan Diklat. Universitas Terbuka, Tangerang, 2019.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung, 2018.

Miles, Matthew dan Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Terbaru. Universitas Indonesia Press, Jakarta, 2014.

Rencana Strategis Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang Periode 2019-2024;

Wheelen, Thomas L dan J. David Hunger. Strategic Management and Business Policy, 13 ed. Prentice Hall, United States of America, 2012.

Peraturan Bupati (PERBUP) Kabupaten Magelang Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pembentukan, Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi, Serta Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Daerah Pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 97 Tahun 2017 Tentang Kebijakan Dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Magelang Tahun 2019-2024.

Laporan Pertanggungjawaban (LKjlP) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang tahun 2022.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v8i6.20731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress