PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DE CENDS ALOEVERA DI KABUPATEN KULON PROGO PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DE CENDS ALOEVERA DI KABUPATEN KULON PROGO

Atikah Nur Aini, Marita Ahdiyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberdayaan UMKM De Cends Aloevera di Kabupaten Kulon Progo, beserta faktor penghambat pemberdayaan UMKM De Cends Aloevera.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan yang meliputi penciptaan iklim, menguatkan potensi dan daya masyarakat, serta melindungi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan UMKM De Cends Aloevera di Kabupaten Kulon Progo masih belum berjalan dengan optimal. Hal ini ditunjukkan dengan masih ditemukannya beberapa aspek yang masih belum berjalan dengan optimal dan perlu adanya perbaikan, seperti lamanya proses perizinan dan legalitas usaha, belum mampunya UMKM De Cends Aloevera dalam melibatkan masyarakat secara maksimal, kurangnya kemampuan dan pengetahuan tenaga kerja UMKM De Cends Aloevera, serta keberlanjutan program yang masih belum dijalankan dengan baik oleh Pemerintah Daerah Kulon Progo. Hasil penelitian mengandung implikasi bahwa pentingnya kesadaran dan kerjasama antara pemerintah, swasta, pelaku usaha dan pihak-pihak yang terlibat dalam menjalankan peran masing-masing dalam pemberdayaan.

Full Text:

PDF

References


https://www.bi.go.id/id/umkm/penelitian/Documents/Profil%20Bisnis%20UMKM.pdf diakses Juli 2022.

Prabowo, L., & rafli, M.T., Pengaruh Otonomi Daerah Terhadap Kesejahteraan Rakyat Indonesia. Jurnal Rechten: Riset Hukum dan Hak Asasi Manusia, Volume 2, Number 2, 2020, pp. 20-28.

https://www.dprd-diy.go.id/sektor-pariwisata-dan-pendidikan-dapat-mendukung-pemulihan-perekonomian-diy/ diakses Juli 2022.

https://djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/diy/id/profil/309-artikel/3294-kajian-fiskal-regional-d-i-yogyakarta-triwulan-i-tahun-2022.html diakses Agustus 2022.

https://www.bps.go.id/subject/9/industri-besar-dan-sedang.html diakses Juli 2022.

Karimah, K., Muhtadi, & Kamali, K., Stretagi Penganggulangan Pengangguran Melalui Peran Usaha Kecil Menengah Genting. Jurnal Manajemen & Keuangan Syariah, Volume 2, Number 1, 2021.

http://bappeda.jogjaprov.go.id/dataku/data_dasar/index/107-umkm diakses Juni 2022.

Wicaksono. A & Nugroho. M. R., Laporan Akhir: Kajian pengembangan Usaha KUMKM Kabupaten Kulon Progo. Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kulon Progo, 2019.

Ratri, R.D. & Munandar, M.A., Efektifitas Kebijakan Publik Pemerintah Daerah Kulon Progo dalam Pengembangan Potensi Lokal Melalui Koperasi & UMKM Kabupaten Kulon Progo Tahun 2017-2019. Unnes Political Science Journal, Volume 6, Number 2, 2022, pp. 36-41.

https://jogja.idntimes.com/food/dining-guide/paulus-risang-pratama-1/10-makanan-khas-kulon-progo-bikin-lidah-bergoyang?page=all diakses Mei 2022.

https://jogja.tribunnews.com/2021/08/04/galery-de-cends-aloe-vera-kulon-progo-olah-lidah-buaya-jadi-aneka-produk-yang-menyehatkan diakses Mei 2022.

Halim, A., Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, Volume 1, Number 2, 2020, pp. 157-172.

Moleong, L. J., Metodologi Penelitian Kualitatif (Rev. ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Sukmadinata, N. S., Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Miniarni, E.W., Utami, D. S., Prihatiningsih, N., Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Melalui Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan Dengan Budidaya Sayuran Organik Dataran Rendah Berbasis Kearifan Lokal Dan Berkelanjutan. JPPM (Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Pemberdayaan Masyarakat), Volume 1, Number 2, 2017, pp. 147-154

Mardikanto, T. & Soebiato, P., Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta, 2015.

Harsono., Fasilitas Peranan Sarana dan Prasarana Terhadap Produktivitas Kerja UKM di Kota Magelang. Jurnal Bina Praja, Volume 4, Number 4, 2012, pp. 237-242

Anwas, O. M., Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung: Alfabeta, 2014.

Zubaedi., Pengembangan masyarakat: wacana dan praktik. Kencana Prenada Media Group, 2014.

Maryani, D., & Nainggolan, R. R. E., Pemberdayaan Masyarakat. Deepublish, 2019.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v9i1.20729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress