KINERJA PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) PEMERINTAH KABUPATEN BANTUL DALAM PENYELENGGARAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

Farisa Ulfah, Argo Pambudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami kinerja pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) Pemkab Bantul dalam penyelenggaraan keterbukaan informasi publik beserta hambatan yang muncul dalam pelaksanaannya. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Desain penelitian ini dianggap mampu menjelaskan penelitian ini secara mendalam. Lokasi penelitian di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) Pemkab Bantul dalam penyelenggaraan keterbukaan informasi publik sudah berjalan dengan baik. Hal ini dilihat dari indikator produktivitas yaitu, telah adanya perbaikan dan perkembangan ke arah yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Terdapat jumlah kenaikan permohonan informasi serta kenaikan jumlah badan publik yang informatif. Responsivitas terhadap layanan publik juga telah menyediakan layanan dengan baik meskipun belum optimal. Layanan secara offline yang belum optimal, terbantu dengan adanya layanan online yang lebih baik. Akuntabilitas terhadap publik ditujukkan dalam bentuk laporan yang tertata dengan baik. Laporan dibuat dalam bentuk hardfile dan softfile sehingga masyarakat dapat mengaksesnya dimanapun. Meskipun masih terdapat faktor  penghambat dalam prosesnya yaitu sarana pelayanan permohonan informasi secara offline masih kurang, anggaran dalam proses penyelenggaraan keterbukaan informasi terbatas, sumber daya manusia untuk pelayanan dan pembinaan terbatas.

Full Text:

PDF

References


Ardina, Mega &Erni S. 2021. “Implementasi Keterbukaan Informasi Publik di Kabupaten Bantul.” Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 5(1): 49-61

DISKOMINFO Bantul. 2021. “ Laporan Akhir= Belanja Penelitian Indeks Kepuasan Layanan Informasi Publik Kabupaten Bantul Terhadap Penyelenggaraan Informasi Publik.” Bantul: Aksa Digital

Dwiyanto, Agus. 2008. Reformasi Birokrasi Publik Di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Edison, Emron, Yohny anwar, Imas Komariyah. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava

Media

Komisi Informasi Daerah DIY. 2018. “Laporan Monev Keterbukaan Informasi Publik Daerah Istimewa Yogyakarta.” Yogyakarta

Mahmudi. 2019. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nupikso, D. 2017. “Public Agency Performance In The Implementation Public Information Disclosure Act In Yogyakarta

Special Region.” Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik 21(1): 123424

PPID Kabupaten Bantul, 2022. Diakses dari https://ppid.bantulkab.go.id

Ratmianto, & Atik Septi W. 2018. Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s

Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Redaksi DDTCNews. “Ini Daftar Peringkat Keterbukaan Informasi Lembaga Publik 2020”, dalam News.ddtc, 26

November 2020, Diakses dari https://news.ddtc.co.id/ini-daftar-peringkat-keterbukaan-informasi-lembaga-publik-2020- 25855

Rizaty, Monavia A. “Indeks Keterbukaan Informasi Publik Indonesia Sebesar 71,37 pada 2021.” Dalam Databoks,

Katadata, 23 September 2021, Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/23/indeks-keterbukaan- informasi-publik-indonesia-sebesar-7137-pada-2021

Sari, Mela, dan Rizky Mulyadi. 2020. “Kinerja Pejebat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Bungo

Dalam Pemenuhan Ketersediaan Informai Publik.” Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi 3(2):109–18. doi:10.31334/transparansi.v3i2.1141.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Trijayanto, Danang, dan Iqbal Aidar Idrus. 2019. “Peran PPID Pemerintah Kota Yogyakarta Dalam Pengelolaan Dan

Penyelenggaraan Keterbukaan Informasi Publik.” Ikraith Humaniora 3(1):107-117




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v8i6.20727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress