IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMAPH DI KOTA TIDORE KEPULAUAN

Widia Ningsi La Madi, Pandhu Yuanjaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan capaian hasil dari implementasi kebijakan pengelolaan sampah di Kota Tidore Kepulauan. Desain penelitian inimenggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pengelolaan sampah di Kota Tidore Kepulauan kurang terlaksana. Hal ini disebabkan karena sosialisasi atas pengurangan sampah berhenti di tahun 2020. Konsistensi juga masih minim karena belum adanya upaya ketegasan penerapan sanksi administrasi bagi pelaku usaha yang tidak membayar retribusi maupun masyarakat yang membuang sampahnya di TPSliar. Sebagian besar SDM pelaksana kebijakan ini khususnya untuk pengawas hanya memiliki tingkat pendidikan SLTP dan SLTA sederajat sementara untuk di DLH sendiri minimnya pengalaman serta pegawai yang berlatar belakang pendidikan dari bidang teknik lingkungan. Anggaran yang terbatas menyebabkan pengadaan mesin untuk daur ulang sampah sulit direalisasikan, sarana dan prasarana juga terbatas, dan sikap pelaksana sudah menunjukkan komitmen dan kejujuran. Adanya SOP terkait pengelolaan sampah dan fragmentasi yang melibatkan DLH, Kecamatan hingga masyarakat di kelurahan. Faktor pendukung yaitu komitmen pemerintah dan adanya kerja sama serta dukungan dari berbagai stakholder. Sementara faktor penghambat meliputi lemahnya peran komunitas lingkungan, perilaku dan kesadaran masyarakat dalam pemilahan sampah, dan lemah penegakan hukum.

Full Text:

PDF

References


Anna S. Wahongan, K. C. P. (2022). Urgensi Hukum terhadap Sistem Pengelolaan Sampah di Kota Manado. Law Review, 1, 48–57.

Azwar, A. (2010). Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan. Mutiara Sumber Widya.

Azwar, S. (2001). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W. (2019). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

DLH Kota Tikep (2023). Strategi Optimalisasi Peran Bank Sampah Dalam Meningkatkan Produktifitas dan Kinerja Pengelolaan Sampah di Daerah Secara Berkelanjutan (PAS-Kopi Dabe) Pada Kota Tidore Kepulauan. Laporan Proyek Perubahan 2023, 1-119.

DLH Kota Tikep (2022). Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Dinas Lingkungan Hidup Kota Tidore Kepulauan 2022, 1-91.

DLH Kota Tikep (2021). Rencana Strategis Dinas Lingkungan Hidup Kota Tidore Kepulauan 2021-2023. 1-51.

Herlina, Nina. (2015). Permasalahan Lingkungan Hidup dan Penegakan Hukum Lingkungan Di Indonesia. Galuh Justisi. 3(1).

Kartikawan, Y. (2007). Pengelolaan Persampahan. J. Lingkungan Hidup.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja.

Mubarok, S,. Zauhar, S., & Setyowati, E., et.al (2020). Policy Implementation Analysis: Exploration

George Edward III, Marilee S Grindle, and Mazmanian and Sabatier Theories in the Policy Analysis Triangle Framework. Journal of Public Administration Studies. 5 (1). 33-38.

Pranita, E. (2021). Masalah Sampah Indonesia Target Nol Emisi, Kok Bisa? Kompas.com.

Sahupala, M. I. (2020). Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sampah di Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya (Studi di Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya). Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(4), 152.

Siregar, L. P. (2019). Implementasi kebijakan pengelolaan sampah di Kota Palembang (studi di Kecamatan Sukarami).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet Ghozali.

Winarno, Budi. (2016). Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Pessindo.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v8i6.20726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress