Hubungan Layanan E-Commerce terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Nadhifathur Rahmanisa, Nabila Venusia Nur Haliza, Eryca Putri Maharani, Ghina Nailil Inayah, Nainta Agustanta

Abstract


Tujuan dari artikel ini untuk menganalisis hubungan layanan e-commerce terhadap usaha mikro kecil dan menengah. Metode analisis yang digunakan yaitu kualitatif. Dalam rangka mengetahui hubungan tersebut, dilakukan pengumpulan sumber data sekunder dengan mengumpulkan berbagai sumber terkait yang relevan. Hasil dari artikel ini menyebutkan bahwa pemanfaatan e-commerce oleh UMKM di Indonesia memiliki potensi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Pemasaran melalui media sosial dapat lebih mempromosikan produk sehingga dikenal oleh pasar. Namun, terdapat tantangan bagi pelaku UMKM dalam menerapkan strategi e-commerce bagi pemasaran produknya seperti kurangnya keamanan dalam transaksi, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang penggunaan media sosial, serta permasalahan lainnya. 

Full Text:

PDF

References


Yusuf, M., Pengaruh Electronic Commerce (E-Commerce) terhadap Peningkatan Pendapatan pada UMKM di Kecamatan Bekasi Utara, Jurnal Akuntansi STEI, Volume 5, Number 1, 2022, pp. 19-30.

Firmansyah, D., Husna, R., Pengaruh Media Sosial dengan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, Volume 13, Number 3, 2021, pp. 135-141.

Fadilah, M., Dkk., Pengaruh E-Commerce untuk UMKM dan Pengembang Ekonomi di Indonesia. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, Volume 16, Number 1, 2023, pp. 55-58.

Lathifah, Z., Dkk., Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Perkembangan Usaha Kecil dan Menengah Kuliner Wilayah Solo Raya. Jurnal Komunikasi Pembangunan, Volume 16, Number 1, 2022, pp. 75-88.

Tiandra, N., Dkk., Analisis Pengaruh E-Commerce terhadap Peningkatan Kinerja UMKM (Studi Kasus pada UMKM di Kabupaten Sumbawa). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Volume 4, Number 1, pp. 7-10.

Ahmadi, R S., Dkk., Peningkatan Volume Penjualan pada UMKM Industri Kreatif Makanan Minuman Melalui E-Commerce di Kota Bandung, Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, Volume 22, Number 2, 2020, pp. 172-180.

Wang, G., Zhang, Z., Dkk. Research on the Influencing Factors of Sustainable Supply Chain Development of Agri-Food Products Based on Cross-Border Live-Streaming E-Commerce in China. Journal foods, Volume 12, 2023.

Mursito, H. Sosial Media Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Produk UKM (Studi Kasus di SMESCO Jakarta). Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, Volume 4, Number 22, 2019.

Xiao, M., He, Q,G,X., Selection of Sales Mode for E-Commerce Platform Considering Corporate Social Responsibility, Systems, 2023.

Aola Zahrotul Ilmiah, N. W., Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kualitas Pelayanan E-Commerce X dengan Loyalitas Konsumen pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya, Jurnal Penelitian Psikologi, Volume 8, Number 1, 2021, pp. 122-133.

Bambang Supradono, A. N. Peran Sosial Media untuk Manajemen Hubungan dengan Pelanggan pada Layanan E-Commerce. Value Added, Volume 7, Number 2, 2011, pp. 122-133.

Bannykh, G. Digital Capital and the Labour Market: Factors of Mutual Influence. Advences in Economics, Bussinies and Management Research, Volume 128, 2020, pp. 2946-2951.

Esti, N. E-Commerce: Pasar Digital dan Barang Digital, 2020, pp. 5-19.

Handayani, B. F. Analisis Pengaruh E-Commerce terhadap Penjualan UMKM, pp. 12-24.

Hasnawiya Hasan, H. H. Pemberdayaan Masyarakat UMKM Sulawesi dalam Implementasi Digitalisasi UMKM, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2022, pp. 43-59.

Kristina Berliana Hun, F. A., Kajian Hubungan Antara Kualitas Pelayanan E-Commerce, Kepuasan Pelanggan, dan Keputusan Pembelian, INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 2023, pp. 1-9.

Lalitulah Maghfiroh, S. B., Adopsi E-Commerce Memediasi Hubungan Kesiapan Teknologi, Lingkungan Eksternal dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan UMKM, Journal Akuntansi, 2022, pp. 2118-2150.

Pradana M,. Klasifikasi Bisnis E-Commerce di Indonesia, MODUS, Volume 27, Number 2, 2021, pp. 163-173.

Selvi Ulandari, N. W., Pengaruh Manfaat Kemudahan dan Evektivitas terhadap Minat Penggunaan E-Commerce (Studi Pelaku Bisnis UMKM Kota Surabaya Barat Pengguna E-Commerce), 2023, pp. 1-10.

Yaser Khaled Al Harazi, G. T., Unlocking the Potensial of E-Commerce in Yemen: Identifying Key Impecting Factors and Exploring Strategic Solutions. Sustainability, 2023, pp. 1-9.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v8i2.20698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress