COLLABORATIVE GOVERNANCE DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DI KABUPATEN KULON PROGO (STUDI KASUS GERAKAN BELA-BELI KULON PROGO)

Rainma Afifah Rahmadanti, Kurnia Nur Fitriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses dan faktor pendukung serta penghambat collaborative governance dalam pengembangan ekonomi kreatif melalui Gerakan Bela-Beli Kulon Progo di Kabupaten Kulon Progo. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa collaborative governance mampu memberikan ruang untuk menginisiasi aktor-aktor yang terlibat untuk berproses positif dalam pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Kulon Progo melalui Gerakan Bela-Beli Kulon Progo. Namun demikian terdapat dinamika kerentanan masalah berupa peran yang belum maksimal dari beberapa pihak koperasi dalam penerapan kebijakan Gerakan Bela-Beli Kulon Progo di Program Toko Milik Rakyat (ToMiRa). Faktor pendukung dalam proses kolaborasi ini adalah tingkat kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi, kepentingan pemerintah, struktur sosial dan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah. Sedangkan, faktor penghambat dalam proses kolaborasi ini adalah kemasan produk lokal yang kurang mendukung, pemasaran produk bela-beli melalui website https://belabeliku.id/home/about yang belum optimal, rendahnya komitmen para pelaku UMKM dan Koperasi, dan juga kondisi mentalitas masyarakat.

Full Text:

PDF

References


BPS Kabupaten Kulon Progo, Statistik Daerah Kabupaten Kulon Progo 2021, Kabupaten Kulon Progo: BPS Kabupaten Kulon Progo, 2021

BPS Kabupaten Kulon Progo, "Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Kulon Progo Menurut Lapangan Usaha 2016-2020," Badan Pusat Statistik Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Kulon Progo, 2021

H. Susanto, "Analisis Dampak Sosial Ekonomi dalam Pembangunan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo," Majalah Ilmiah Bijak, 2020.

Kemenparekraf, "Teladan Dalam Senyap: Belajar Nasionalisme Ekonomi Dan Bela Pribumi Dari Kulon Progo," 26 September 2020. [Online]. Available: https://kotakreatif.kemenparekraf.go.id/teladan-dalam-senyap-belajar-nasionalisme-ekonomi-dan-bela-pribumi-dari-kulon-progo/.

U. Prihatsanti, S. and W. Hendrian, "Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi," Buletin Psikologi, 2018

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alphabet, 2019.

Humas DIY, "Tingginya Potensi Ekonomi Kreatif di DIY," 29 January 2022. [Online]. Available: https://jogjaprov.go.id/berita/detail/9843-tingginya-potensi-ekonomi-kreatif-di-diy.

DPMT, "Potensi Investasi," 11 February 2022. [Online]. Available: https://dpmpt.kulonprogokab.go.id/detil/563/potensi-investasi#:~:text=Kabupaten%20Kulon%20Progo%20memiliki%20keunggulan,lainnya%20di%20Daerah%20Istimewa%20Yogyakarta.&text=Berbagai%20fasilitas%20pendukung%20seperti%20Pelabuhan,dibangung%20di%20Kabupaten%2

R. Rosita, "Pengaruh Pandemi COVID-19 Terhadap UMKM," Jurnal Lentera Bisnis, 2020.

B. Jati, "Bisnis UMKM Lesu, Kurangnya SDM Mumpuni Jadi Kendala," 25 February 2022. [Online]. Available: https://kulonprogo.sorot.co/berita-7747-bisnis-umkm-lesu-kurangnya-sdm-mumpuni-jadi-kendala.html.

Katadata.co.id, "Kabupaten Ini Miliki Tingkat Kemiskinan Tertinggi di Yogyakarta," 10 January 2022. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/10/kabupaten-ini-miliki-tingkat-kemiskinan-tertinggi-di-yogyakarta.

A. Mustanir, "Pengaruh Motivasi dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pembangunan Di Kelurahan Lalebata Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang," Jurnal Ilmiah Clean Government, 2018.

C. Ansell and A. Gash, "Collaborative in Theory and Practice," Journal of Public Administration Research and Theory, 2008

Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta, 2013, p. 374.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v8i2.20692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress