PERAN LEMBAGA OMBUDSMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK

Kelvin Swapradinta, Kurnia Nur Fitriana

Abstract


Penelitian ini menjelaskan peran Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (LO DIY) dalam mengawasi pelayanan publik di Yogyakarta. Penelitian ini penting untuk memahami peran dan strategi LO DIY dalam pengawasan pelayanan publik serta membangun citra yang baik bagi lembaga tersebut. Pengawasan yang dilakukan oleh LO DIY terhadap pelayanan publik bersifat eksternal dan represif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan melibatkan Ketua LO DIY dan Komisioner Wakil Ketua Bidang Pelayanan Laporan sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (LO DIY) dalam mengawasi pelayanan publik sudah baik. LO DIY berperan dalam menyusun program kerja untuk mengoptimalkan pengawasan pelayanan publik di DIY, termasuk melakukan evaluasi terhadap kinerja instansi pemerintah yang memberikan pelayanan publik dan memberikan rekomendasi perbaikan jika ditemukan masalah. LO DIY juga berperan sebagai lembaga dalam masyarakat yang mengawasi pelayanan publik dengan melakukan pengoordinasian dan kerja sama untuk mendorong penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, penyalahgunaan wewenang, dan tindakan sewenang-wenang. Selain itu, LO DIY juga berperan dalam pengelolaan laporan dari masyarakat untuk mengoptimalkan pengawasan pelayanan publik di DIY. LO DIY juga berperan sebagai lembaga dalam struktur sosial dengan melakukan peninjauan kebijakan penyelenggaraan pemerintahan di DIY agar sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola yang baik

Full Text:

PDF

References


http://www.ombudsman.jogjaprov.go.id diakses Januari 2023.

Anjela, P. M., & Muchtar, H. (2021). Peran Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat Sebagai Pengawas Bidang Pendidikan. Journal of Civic Education, 3(4). https://doi.org/10.24036/jce.v3i4.428.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (M. Dr.Ir.Sutopo.S.Pd (Ed.)). Alfabeta..

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r & d. Alfabeta.

Septiningrum L, Budiantara IN., Estimator Matrik Variance Covariance Spline Covariance Spline Truncated Pada Regresi Nonparametrik Birespon (Studi Kasus: IPM dan IPG Provinsi di Pulau Jawa), Tesis, Program Magister Statistika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2020.

http://www.itu.int/ITU-D/ict/statistics/, diakses Oktober 2020




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v8i2.20691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress