PENGARUH PENERAPAN E-GOVRNMENT TERHADAP KUALITAS LAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN SLEMAN

Aisha Shafira Ariani, Argo Pambudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan E-Government melalui Sleman Smart Apps terhadap kualitas layanan publik di Kabupaten Sleman. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan software Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan E-Government melalui Sleman Smart Apps berpengaruh (positif) secara signifikan terhadap kualitas layanan publik di Kabupaten Sleman. Serta, kontribusi pengaruh penerapan E-Government melalui Sleman Smart Apps sebesar 59,8% (Cukup Baik) terhadap kualitas layanan publik dan sisanya 40,2% pada kualitas layanan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2020). Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan dan Jenis Kelamin di Kabupaten Sleman (Jiwa), 2020-2021. BPS Kabupaten Sleman, diakses pada laman https://slemankab.bps.go.id/indicator/12/80/1/jumlah-penduduk-hasil-sp2020-menurut-kecamatan-dan-jenis-kelamin.html

Chen, Y.,& James. P. 2003. “Outsourcing for E-Govemment: Managing for Success” dalam Public Performance & Management Review 26 (4). 404:421. Published by: ME. Sharpe, Inc.Stable. http://www.jstor.org/stable/3381115

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman. (2021). Indeks Kepuasan Masyarakat Tahun 2021 Semester II, diakses pada laman. https://kominfo.slemankab.go.id/wp-content/uploads/2022/07/NILAI-IKM-KOMINFO-PUBLIKASI-2021-Semester-2.pdf

Harahap, S. H. (2018). Pengaruh Penerapan E-Government Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dinas Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Medan. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/8497

Hasibuan, Z.A., & Santoso, H.B. (2005). Standarisasi aplikasi E-Goverment untuk instansi pemerintah. Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia. ITB, 3-4 Mei 2005. https://digilib.itb.ac.id/index.php/gdl/view/4246

Indrajit, R. E. (2004). Electronic Government (Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital). Yogyakarta: Andi offset.

Iqbal, M. (2020). Factors that influence E-Government utilizing towards E-Report application (case study: comparation between Lapor Sleman and Jogja smart service (JSS) in 2018). KKU International Journal of Humanities and Social Sciences, 10(1), 1-25. https://so04.tci-thaijo.org/index.php/KKUIJ/article/view/199941

Kumar, R., & Best, M. L. (2006). Impact and Sustainability of E-Government Services in Developing Countries: Lessons Learned from Tamil Nadu, India. The Information Society 22(1), 1-12. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/01972240500388149

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2020). Transformasi Digital Pelayanan Publik Harus diikuti dengan Perubahan Mindset, diakses pada laman. https://www.kominfo.go.id/content/detail/31552/transformasi-digital-pelayanan-publik-harus-diikuti-dengan-perubahan-mindset/0/berita

Lemeshow, S., Hosmer, D. W., Klar, J., & Lwanga, S. K. (1997). Besar sampel dalam penelitian kesehatan. Yogyakarta: Gajah Mada University.

Nautami, D. T., & Fathul, W. (2019). Penerapan Metode E-Govqual untuk Mengevaluasi Kualitas Layanan Aplikasi E-Filing oleh Wajib Pajak. Prosiding Seminar Nasional Geotik 2019, 325-334. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/10828

Nasrullah, N. (2017). Implementasi Electronic Government Dalam Mewujudkan Good Governance dan Smart City (Studi Kasus: Pemerintah Kota Makassar). E-Jurnal Jusiti: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 6(2), 23-31. http://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jusiti/article/view/51

Nurhakim, M. R. S. (2014). Implementasi E-Government Dalam Mewujudkan Transparansi Dan Akuntabilitas Sistem Pemerintahan Modern. Jurnal Ilmu Administrasi Media Pengembangan dan Praktik Administrasi, 11(3), 403-422. http://jia.stialanbandung.ac.id/index.php/jia/article/view/59

Papadomichelaki, X., & Mentzas, G. (2012). E-Govqual : A multiple-item scale forassessing E-Government service quality. Government Information Quarterly, 29(1), 98–109. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0740624X11000773

Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman. (2017). Sleman Smart Apps, diakses pada laman http://www.slemankab.go.id/sleman-smart-apps

Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman. (2019). Wujudkan Smart Regency, Sleman Gelar Workshop SPBE, diakses pada laman http://www.slemankab.go.id/15672/wujudkan-smart-regency-sleman-gelar-workshop-spbe.slm

Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman. (2021). Booklet Panduan ROADMAP Pemngembangan Smart City Kabupaten Sleman 2017-2026, diakses pada laman , https://kominfo.slemankab.go.id/wp-content/uploads/2021/10/Booklet-SC-2021-fix.pdf

Prybutok, V. R., Zhang, X., & Ryan, S. D. (2008). Evaluating leadership, IT quality, and net benefits in an E-Government environment. Information & Management, 45(3), 143–152. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0378720608000165

Rachmawati, R. (2014). Pengembangan Perkotaan dalam Era Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Septa, F., Yudhana, A., & Fadlil, A. (2019). Analisis Kualitas Layanan E-Government dengan Pendekatan E-Govqual Modifikasi. JSINBIS (Jurnal Sistem Informasi Bisnis), 9(2), 157-164. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jsinbis/article/view/24235

Sosiawan, E. A. (2008). Evaluasi Implementasi E-Government pada Situs Web Pemerintah Daerah di Indonesia : Perspektif Content dan Manajemen. Seminar Nasional Informatika 1 (5) 88-98. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/759

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:PT Alfabeta.

Wahyuningsih, S., Yulianti, R., & Berthanilla, R. (2021). Effect of E-Government on Improving the Quality of Public Services in Serang Municipality. Sawala: Jurnal Administrasi Negara, 9(2), 213-233. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/Sawala/article/view/4035

Zeithaml, V. A., A. Parasuraman, & Leonard L. B. (1990). Delivering Service Quality: Balancing Customer Perception and Expectations. New York: The Pree Press. https://books.google.co.id/books?id=RWPMYP7-sN8C&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v8i2.20685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress