Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Aplikasi Dukcapil Smart di Disdukcapil Kabupaten Bantul

Muffida Hanum Nur’aini, Kurnia Nur Fitriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan faktor pendorong serta faktor penghambat inovasi pelayanan administrasi kependudukan berbasis Aplikasi Dukcapil Smart di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya inovasi berbasis Aplikasi Dukcapil Smart ini dapat memberikan kontribusi terhadap pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul karena menjadikan pelayanan lebih efektif dan optimal. Namun masih ditemukan beberapa faktor penghambat seperti masih adanya eror sistem di aplikasi, terdapat beberapa petugas yang masih menjalankan doubledesk sehingga kurang fokus, sosialisasi yang kurang maksimal karena sebagian masyarakat belum mengetahui aplikasi ini, dan kurangnya sarana prasarana yang dimiliki masyarakat sehingga tidak dapat mengakses pelayanan menggunakan Aplikasi Dukcapil Smart.  

Full Text:

PDF

References


Anisa & Rino. (2019). Inovasi Pelayanan Melalui Aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta. Jurnal Administrasi Publik. 7(2) : 103-115.

Creswell, J.W. (2016). Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitaif, dan Campuran. 4th ed. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Drucker, P. F. (2012). Inovasi dan Kewiraswastaan. Jakarta: Erlangga.

Mardalis. (2003). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Melinda, M., dkk. (2020). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (Paduko) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang. Jurnal Ilmu Pemerintahan. 19 (2) : 202-216.

Miles, M.B & Huberman A.M. (1984). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh. Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

Moleong, L.J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Pratama, Y.I., & Fanida, E.H. (2018). Inovasi Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Kelurahan Dinoyo (Sakdino) Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Jurnal Publika. 6(9).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Suwarno, Y. (2008). Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN Press.

Pratama, Y.I., & Fanida, E.H. (2018). Inovasi Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Kelurahan Dinoyo (Sakdino) Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Jurnal Publika. 6(9).

Widyaning, A. (2022). Ombudsman RI Luncurkan Laporan Tahunan 2021, Layanan Pemda Paling Banyak Dilaporkan Masyarakat. Diakses pada 23 Juli 2022 dari https://ombudsman.go.id/news/r/ombudsman-ri-luncurkan-laporan-tahunan-2021--layanan-pemda-paling-banyak-dilaporkan-masyarakat




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v8i2.20684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress