IMPLEMENTASI ADAPTIVE GOVERNANCE DALAM MENGHADAPI MASA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA

Adib Muhammad Razwan, Argo Pambudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi adaptive governance dalam menghadapi dalam menghadapi masa pandami Covid-19 studi kasus Pemerintah Kota Yogyakarta, penelitian ini menggunakan desain dekriptif kualitatif. Peneliti menggunakan metode tersebut karena dianggap lebih tepat dalam mengetahui sejauh mana implementasi adaptive governance oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dalam menghadapi masa pandemic Covid-19. Penelitan ini dilakukan di Biro Tata PemerintahanSetda DIY, BAPPEDA DIY dan Inspektorat Kota Yogyakarta. Dalam menganalisis data terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan penerapan adaptive governance di Pemerintah Kota Yogyakarta belum dapat terlaksana secara optimal. Masalah lambatnya kebijakan yang dikeluarkan guna penanggulangan pandemi Covid-19, serta masih kurangnnya kapasitas SDM yang berdampak pada lambatnya penanganan serta koordinasi yang dinilai belum efektif dan efisien, hal tersebut menjadikan faktor penghambat dari kurang optimalnya implementasi kebijakan tersebut.

Full Text:

PDF

References


Agustino, Leo. (2006). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aulawi, A. (2020). Penerbitan peraturan pemerintah pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2020 sebagai Strategi Kebijakan Pajak Pemerintah Indonesia Dalam Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Keuangan Negara. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 110-132.

Creswell, John. (1994). Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches, London: SAGE Publications

Grindle, Merilee S. 2007. Good Enough Governance Revisited. Jurnal Development Policy Review, 25 (5), 2007, hal. 553-574.

Miles, M.B & Huberman A.M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.s

Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT

Pratiwi, D. K. (2021). Inovasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Penanganan Covid-19 di Indonesia. Amnesti Jurnal Hukum, 3(1), 37-52.

Subarsono, M.Si.,MA. 2015. Analisis Kebijakan Publik (Konsep, Teori dan Aplikasi. Cetakan VII. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: AlfabetaDaellenbach, Hans G., McNickle, Donald C., Management science, Decision making through systems thinking, Palgrave Macmilan, 2005.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v8i1.20680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress