EVALUASI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DARING DITINJAU DARI ASPEK INFRASTRUKTUR PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR DI CIGOMBONG, BOGOR

Alfin Santana, Argo Pambudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi kebijakan pembelajaran daring ditinjau dari aspek infrastruktur pendidikan pada sekolah dasar di Cigombong, Bogor. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan memakai metode studi kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori evaluasi kebijakan Dunn dengan 6 kriteria evaluasi kebijakan diantaranya; efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, dan perataan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran secara daring pada sekolah dasar di Cigombong, Bogor tidak dapat berjalan dengan maksimal. Disebabkan oleh karena fasilitas publik yang belum memadai di daerah Cigombong seperti listrik, akses jaringan internet, dan keterbatasan kepemilikan alat/media penunjang pembelajaran daring secara pribadi oleh siswa seperti; smartphone, laptop, komputer dan wifi. Kebijakan ini belum memenuhi kebutuhan aktual di lapangan, sehingga kebijakan pembelajaran daring dinilai belum tepat jika diterapkan di Cigombong, Bogor.


Full Text:

PDF

References


Andriani, T. (2016). Sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Sosial Budaya, 12(1), 117-126. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SosialBudaya/article/view/1930

Badrudin, A. R., Ginanjar, M. H., & Wartono, W. (2020). The Effectiveness of Online Based Learning During the Covid-19 Pandemic at Private School in Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(02), 480-494. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v9i02.909.

Chien, T. (2012). Computer Self Efficacy and Factors Influencing E-learning Effectiveness. European Journal of Training and Development, 36(7), 670-686. https://doi.org/10.1108/03090591211255539

SyauChopra, G., Madan, P., Jaisingh, P., & Bhaskar, P. (2019). Effectiveness of e-learning portal from students’ perspective: A structural equation model (SEM) approach. Interactive Technology and Smart Education, 16(2), 94-116. https://doi.org/10.1108/ITSE-05-2018- 0027.

Dunn, W. N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Harahap, R. (2020). Tidak bisa ikuti pjj karena tidak memiliki fasilitas laptop maupun telepon seluler. Diakses pada laman. https://megapolitan.antaranews.com/berita/109498/tidak-punya-hp-ada-siswa-smp-dan-smk-di-kota-Bogor-tidak-bisa-ikuti-pjj#:~:text=Bogor

Ilmadi, I., Zarista, R. H., Aden, A., & Sastro, G. (2020). The Effectiveness of Online Learning for Mathematics Students during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1273-1282. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.372.

Kemendikbud. (2020). Pedoman Pelaksanaan Belajar dari Rumah Selama Darurat Bencana Covid-19 di Indonesia berdasarkan Surat Edaran Sekretariat Jenderal No.15 Tahun 2020.

Diakses pada laman https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

Mintarsih, F. R. (2021). Analisis Kendala dan Media Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah pada masa Pandemi. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 107-116. https://jurnalp4i.com/index.php/academia/article/view/512

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook 4th edition. California: Sage publications.

Moore, J. L., Dickson-deane, C., & Galyen, K. (2010). Internet and Higher Education e-Learning , online learning , and distance learning environments : Are they the same ? 1–7. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Mursid, R., & Yulia, E. (2019). Pengembangan pembelajaran dalam teknologi pendidikan di era ri 4.0. (Undergraduate (S1) thesis, Medan State University). http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38930

Nguyen, T. (2015). The Effectiveness of Online Learning: Beyond No Significant Difference and Future Horizons. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 11(2), 309-319. https://www.researchgate.net/profile/Tuan-Nguyen-186/publication/308171318

Rahmat, U. (2022). Kecamatan Cigombong Bogor Gelar Musrembang untuk Perencanaan 2023. Diakses pada laman https://www.cyber88.co.id/berita/30515/kecamatan-cigombong-bogor-gelar-musrembang-untuk-perencanaan-2023.html

Sholihah, R. M. A. (2021). Evaluasi kebijakan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di Wilayah Korwil 8 Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta 2020 (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung). https://digilib.uinsgd.ac.id/45819/

Suryaningsih, I., & Pamujo, P. (2021). Effectiveness Of Online Learning In Class Iv A Sd Negeri Mertasinga 07 Cilacap. Progres Pendidikan, 2(3), 170-173. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i3.189

Syauqi, A. (2020). Jalan Panjang Covid19. Jkubs, 1(1), 1-19. http://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/jkubs/article/view/115

.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v8i1.20662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress