INOVASI PELAYANAN PERIZINAN USAHA SECARA PARALEL PADA DINAS PERIZINAN KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Kota Yogyakarta dan hambatan yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripsi kualitatif. Informan
penelitian ini adalah Kepala Bidang Perizinan dan Kepala Bidang Regulasi dan Pengembangan Modal serta pengguna layanan
perizinan usaha. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan alat bantu berupa pedoman wawancara, pedoman obeservasi dan dokumentasi.
Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi
dalam perizinan usaha secara paralel ini sudah baik. Inovasi ini dilakukan dengan menggunakan teori inovasi tipologi Inovasi sektor
publik (Mulgan dan Albury). Inovasi ini meliputi pembaharuan dalam produk, proses, metode, kebijakan dan sistem pelayanan. Perubahan
yang paling terlihat adalah perubahan prosedur persyaratan pengajuan izin usaha dimana pengurusan beberapa izin sudah biasa
dilakukan dalam satu kali proses pengajuan. Dalam pelaksanaan inovasi ini juga mengalami beberapa hambatan pada lingkup internal maupun
eksternal.
Kata kunci: inovasi, pelayanan publik, perizinan usaha.
Full Text:
PDFReferences
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media.
Muluk, K. M. 2003. KNOWLEDGE MANAGEMENT Kunci Sukses Inovasi Pemerintah Daerah. Jatim: Bayumedia Publishing.
Mursitama, T. N dkk. 2010. Reformasi Pelayanan Perizinan dan Pembangunan Daerah Cerita Sukses diakses dari http://www.transparansi.or.id/ wp/content/uploads/2011/02/Ot onomi_Daerah.pdf diakses pada 09 Februari 2016
Pudyatmoko, Y. S. 2009. PERIZINAN Problem dan Upaya Pembenahan. Jakarta: PT Grasindo Sumarto, H.S.J. 2004. IPd66. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Suwarno, Y. 2008. Inovasi di Sektor Publik. STIA-LAN Press : Jakarta.
Sari, A. N. 2015. Pelaksanaan Pelayanan Prima di kantor dinas Perizinan kota Yogyakarta. Skripsi.
Samsara, L. 2013. Inovasi pelayanan paspor di di Kantor Imigrasi (Studi Tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan Surat Perjalanan Republik Indoneia di Kantor Imigrasi Klas I Khusus Surabaya). eJounal ilmiah Unair, vol. 1 no 1. Diambil pada tanggal 8 Desember 2015 dari https://scribd.com/document/33 3947379/Ladiatno-Samsara- pdf.
Sulistiyani, D. 2013. Inovasi E- Procurement di Lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
DPMP. (2017). “Dinas perizinan dan penanaman modal kota Yogyakarta” diakses melalui http://perizinan.jogjakota.go.id/ pustaka/ pada tanggal 09 Mei 2017
DPMP. (2017). “Buku Manual Perizinan Online”. Diakses melalui https://perizinanonline.jogjakot a.go.id/file/buku_manual_periz inan_online_jogja.pdf pada tanggal 12 Desember 2018
DPMP. (2017). DPMP Kota Yogyakarta Uji Coba Sistem On Line. Diakses melalui https://pmperizinan.jogjakota.g o.id/web/detail_beritafoto/276 pada tanggal 12 Desember 2018
RI, LAN. (2015). Pemkot Yogyakarta dan LAN Me-Launching Laboratorium Inovasi. Di akses melalui http://makarti.lan.go.id/berita/- /blogs/pemkot-yogyakarta-dan- lan-me-launching- laboratorium-inovasi pada 09 Mei 2017
Kota Yogyakarta. (2014). Keputusan Kepala Dinas Perizinan Kota Yogyakarta Nomor 66 /Kep/Dinzin/2014
MENDAGRI. (2017). Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 19 tahun 2017 tentang pencabutan peraturan menteri dalam negeri on 27 tahun 2009 tentang pedoman penetapan izin gangguan di daerah sebagaimana telah diubah dengan peraturan menteri dalam negeri republik Indonesia nomor 22 tahun 2016 tentang perubahan atas peraturan menteri dalam negeri nomor 27 tahun 2009 tentang pedoman penetapan izin gangguan di daerah.
Walikota. (2016). Peraturan walikota on 14 tahun 2016 tentang penyelenggaraan perizinan
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i4.20485
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress