MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JASA TRANSPORTASI KRL COMMUTER LINE OLEH PT KERETA COMMUTER INDONESIA

Dina Hidayati, Lena Satlita

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  manajemen  perubahan  dalam  meningkatkan  kualitas pelayanan  jasa  transportasi  KRL  Commuer  Line  oleh  PT  Kereta  Commuter  Indonesia  dan  faktor penghambatnya. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai saran perbaikan dalam pelayanan jasa transportasi untuk PT Kereta Commuter Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian dilihat dari delapan tahapan perubahan. Pertama, rasa urgensi muncul karena  adanya  kesadaran  dari  direktur  perusahaan  PT  KCI.  Kedua,  koalisi  pengarahan  dibentuk  apabila terdapat  suatu  masalah  yang  bersifat  khusus.  Ketiga,  PT  KCI  melakukan  pembaharuan  visi  yang diselaraskan  
dengan  visi  PT  KAI.  Keempat,  pengkomunikasian  perubahan  dilakukan  PT  KCI  melalui berbagai  media.  Kelima,  pemberdayaan  secara  luas  dilakukan  dengan  perbaikan  sistem,  struktur  serta pelatihan pegawai. Keenam, kemenangan jangka pendek dengan melihat pencapaian kepuasan pelanggan terhadap layanan. Ketujuh, mendorong
lebih banyak perubahan dengan memberikan penghargaan kepada pegawai maupun pengguna Commuter Line. Kedelapan, melandaskan pendekatan baru dengan memperkuat perubahan. Faktor penghambat dalam manajemen perubahan ini adalah minimnya wewenang yang dimiliki PT  KCI  untuk  melakukan  perubahan  di  bidang  sarana  prasarana  stasiun,  serta  kurangnya  kesadaran masyarakat dalam menggunakan transportasi publik yang baik dan benar.

Kata kunci: Manajemen Perubahan, Kualitas Pelayanan, PT Kereta Commuter Indonesia

Full Text:

PDF

References


Hendriana, Nana. (2013). Manajemen Bisnis Syariah dan Kewirausahaan. Bandung: CV Pustaka Setia

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Robbins, Stephen P. (2006). Perilaku Organisasi Edisi Bahasa Indonesia.

Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

PT Kereta Commuter Indonesia. (2017). Menuju Kereta Commuter Indonesia.

Jakarta: PT Kereta Commuter Indonesia

Saefullah, Asep dan Ahmad Rusdiana. (2016). Manajemen Perubahan. Bandung: Pustaka Setia.

Wibowo. (2011). Manajemen Perubahan, Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Amaliah, Ulfah. (2016). Manajemen Perubahan PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta dalam Meningkatkan

Kualitas Pelayanan Jasa Kereta Api.Skripsi Tidak Terpublikasi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

A.R. Firmansyah, Rio Bagus. (2015). Kualitas Pelayanan Transportasi Publik (Studi Deskriptif

tentang Kualitas Pelayanan Jasa Angkutan Umum Perum Damri unit Angkutan Bus Khusus Gresik – Bandara Juanda).

Skripsi tidak terpublikasi. Surabaya: Universitas Airlangga.

UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Peraturan Presiden RI Nomor 83 Tahun 2011 tentang Penugasan kepada PT Kereta Api Indonesia (PERSERO)

untuk menyelenggarakan prasarana dan sarana kereta api Bandar Udara Soekarno-Hatta dan

Jalur Lingkar Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang- Bekasi.

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan.

Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 48 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimum (SPM)

Untuk Angkutan Orang dengan Kereta Api.

Buku Statistik Transportasi DKI Jakarta 2017

Annual Report 2008 PT KAI

Annual Report 2015 PT KCJ

Annual Report 2016 PT KCJ

Annual Report 2017 PT KCI




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i4.20477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress