IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD MUHAMMADIYAH GENDOL III KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Erfika Hidayati, Francisca Winarni

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  implementasi  kebijakan  pendidikan  inklusif  di  SD Muhammadiyah Gendol III Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta dan faktor penghambatnya. Desain  penelitian  yang  digunakan  adalah  deskriptif  kualitatif.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa implementasi kebijakan pendidikan inklusif di SD Muhammadiyah Gendol III Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta belum baik dilihat dari empat variabel yaitu: komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. 1) Komunikasi, komunikasi antara SD Muhammadiyah Gendol III dengan aktor- aktor penyelenggara pendidikan inklusif intensitasnya masih rendah; 2) Sumber daya, pemahaman guru- guru  untuk  menyusun  kurikulum  khusus  masih  rendah  dan  fasilitas  toilet  untuk  anak  berkebutuhan khusus  kurang  terawat;  3) Disposisi,  SD  Muhammadiyah  Gendol  III  belum  melaksanakan  tugas  sesuai dengan  ketentuan  yaitu  belum  menyusun  kurikulum  untuk  anak  berkebutuhan  khusus;  4)  Struktur Birokrasi, standard operating procedure dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif belum dibuat oleh SD  Muhammadiyah  Gendol  III.  Adapun  faktor  penghambatnya  yaitu  faktor  internal  pihak  SD Muhammadiyah Gendol III kurang memanfaatkan sumber daya yang dimiliki dan faktor eksternal yaitu ketidakjelasan informasi mengenai pembagian tugas antara Dinas Dikpora DIY dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif.

Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Inklusif  Abstract

Full Text:

PDF

References


Anggara, Sahya. (2014). Kebijakan Publik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Desliana, Maulipaksi.(2017). Sekolah Inklusi dan Pembangunan SLB Dukung Pendidikan Inklusi.(Diakses pada tanggal 30 September 2018 dari https://www.kemdikbud.go.id/ma in/blog/2017/02/sekolah-inklusi- dan-pemba ngunan-slb- dukung-pendidikan-inklusi).

Dunn. William N. (1999). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Moleong, Lexy J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroho,Riant.(2011). Public Policy Dinamika Kebijakan-Analisis Kebijakan-Manajemen Kebijakan.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Purwanto, Erwan Agus dan Dyah Ratih Sulistyastuti.(2015). Implementasi Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.

Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tilaar, H.A.R dan Riant Nugroho. (2012). Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarno, Budi. (2012). Kebijakan Publik Teori, Proses, dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i4.20476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress