EFEKTIVITAS PELAYANAN PENERBITAN SURAT KETERANGAN ASAL BARANG EKSPOR DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Abstract
di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelayanan
penerbitan Surat Keterangan Asal barang ekspor tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan penerbitan SKA sudah tercapai, tetapi belum berjalan secara maksimal.
Hal ini dikarenakan masih ditemui permasalahan pada keterbatasan sumber daya manusia yang ada di dalam pelayanan dan juga masih ditemui
kegiatan pelayanan yang tidak sesuai prosedur penerbitan SKA. Faktor pendukung dalam pelayanan penerbitan SKA adalah sarana prasarana,
adanya mahasiswa magang, adanya pegawai non ASN. Sedangkan faktor penghambat adalah terbatasnya jumlah pegawai, ketidaktahuan pengguna layanan
tentang perubahan regulasi, masih banyak pelaku usaha yang menggunakan kargo atau jasa pengiriman serta masih terdapat tumpang tindih tugas dan fungsi Disperindag DIY.
Kata kunci: Efektivitas Pelayanan, Surat Keterangan Asal Barang Ekspor dan Perdagangan Internasional
Full Text:
PDFReferences
Almanshur Fauzan, Ghony Djunaidi (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar‐ Ruzz Media
Claude, Nazrudin (1994). Intergrasi Ketahanan Sosial. Jakarta : Erlangga
Indrawijaya (2010). Perilaku Organisasi. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Makmur (2011). Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Bandung : Refika Aditama
Moleong, Lexy J (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ratminto dan Septi, Atik (2005). Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar : Yogyakarta
Ridwan, Juniarso. dan Sudrajat, Achmad Sodik (2009). Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan Pelayanan Publik. Bandung: NUANSA
Steers, Richard M. (1985). Efektivitas Organisasi (Kaidah Perilaku). Erlangga : Jakarta
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta : Bandung
Tangkilisan, Nogi Hessel (2005). Manajemen Publik. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia : Jakarta.
Tyson, Shaun dan Tony Jackson (2000). Perilaku Organisasi. Andi and Pearson Education Asia Pte Ltd, Yogyakarta.
Erfan Erfiani dan Yanuardi, M.Si. (2017). Efetivitas Pelayanan Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW)
di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal. Fakultas Ilmu Sosial UNY : Yogyakarta
Relita Fisan Putri dan Drs. Argo Pambudi M.Si. (2018). Efektivitas One Stop Service di Dinas Penanaman Modal
dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Magelang. Jurnal. Fakultas Ilmu Sosial UNY: Yogyakarta
Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 22/M-DAG/PER/3/2015 Tentang Ketentuan dan Tata Cara Penerbitan Surat Keterangan Asal untuk Barang Asal Indonesia
Laporan Realisasi Ekspor periode Desember 2018
http://e-ska.kemendag.go.id/home.php/home/form diakses pada tanggal 13 Desember 2018 pukul 21.22 WIB
https://www.suaramerdeka.com/smcetak/b aca/51888/pemkot-berlakukan-e-ska- untuk-permudah-ekspor diakses pada tanggal 15 Maret 2019 pukul 14.30 WIB
http://lampung.tribunnews.com/2018/11/1 1/layanan-dokumen-ekspor-cuma- hitungan-menit?page=all.diakses pada tanggal 15 Maret 2019 pukul 14.30 WIB
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i4.20475
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress