EFEKTIVITAS PELAYANAN PENERBITAN SURAT KETERANGAN ASAL BARANG EKSPOR DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Alfian Nurochman, Utami Dewi

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisis  efektivitas  pelayanan  penerbitan  Surat Keterangan  Asal  (SKA)  barang  ekspor  
di Dinas  Perindustrian  dan  Perdagangan  Daerah Istimewa  Yogyakarta  serta  faktor  pendukung  dan  penghambat  dalam  pelayanan  
penerbitan Surat  Keterangan  Asal  barang  ekspor  tersebut.  Metode  penelitian  yang  digunakan  adalah metode  deskriptif  kualitatif.  
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  efektivitas  pelayanan penerbitan SKA sudah tercapai, tetapi belum berjalan secara maksimal.  
Hal ini dikarenakan masih  ditemui  permasalahan  pada  keterbatasan  sumber  daya  manusia  yang  ada  di  dalam pelayanan dan juga masih ditemui
kegiatan pelayanan yang tidak sesuai prosedur penerbitan SKA.  Faktor  pendukung  dalam  pelayanan  penerbitan  SKA  adalah  sarana  prasarana,  
adanya mahasiswa  magang,  adanya  pegawai  non  ASN.  Sedangkan  faktor  penghambat  adalah terbatasnya jumlah pegawai, ketidaktahuan pengguna layanan
tentang perubahan regulasi, masih banyak pelaku usaha yang menggunakan kargo atau jasa pengiriman serta masih terdapat tumpang tindih tugas dan fungsi Disperindag DIY.

Kata kunci: Efektivitas Pelayanan, Surat Keterangan Asal Barang Ekspor dan Perdagangan Internasional

Full Text:

PDF

References


Almanshur Fauzan, Ghony Djunaidi (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar‐ Ruzz Media

Claude, Nazrudin (1994). Intergrasi Ketahanan Sosial. Jakarta : Erlangga

Indrawijaya (2010). Perilaku Organisasi. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Makmur (2011). Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Bandung : Refika Aditama

Moleong, Lexy J (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ratminto dan Septi, Atik (2005). Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar : Yogyakarta

Ridwan, Juniarso. dan Sudrajat, Achmad Sodik (2009). Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan Pelayanan Publik. Bandung: NUANSA

Steers, Richard M. (1985). Efektivitas Organisasi (Kaidah Perilaku). Erlangga : Jakarta

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta : Bandung

Tangkilisan, Nogi Hessel (2005). Manajemen Publik. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia : Jakarta.

Tyson, Shaun dan Tony Jackson (2000). Perilaku Organisasi. Andi and Pearson Education Asia Pte Ltd, Yogyakarta.

Erfan Erfiani dan Yanuardi, M.Si. (2017). Efetivitas Pelayanan Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW)

di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal. Fakultas Ilmu Sosial UNY : Yogyakarta

Relita Fisan Putri dan Drs. Argo Pambudi M.Si. (2018). Efektivitas One Stop Service di Dinas Penanaman Modal

dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Magelang. Jurnal. Fakultas Ilmu Sosial UNY: Yogyakarta

Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 22/M-DAG/PER/3/2015 Tentang Ketentuan dan Tata Cara Penerbitan Surat Keterangan Asal untuk Barang Asal Indonesia

Laporan Realisasi Ekspor periode Desember 2018

http://e-ska.kemendag.go.id/home.php/home/form diakses pada tanggal 13 Desember 2018 pukul 21.22 WIB

https://www.suaramerdeka.com/smcetak/b aca/51888/pemkot-berlakukan-e-ska- untuk-permudah-ekspor diakses pada tanggal 15 Maret 2019 pukul 14.30 WIB

http://lampung.tribunnews.com/2018/11/1 1/layanan-dokumen-ekspor-cuma- hitungan-menit?page=all.diakses pada tanggal 15 Maret 2019 pukul 14.30 WIB




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i4.20475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress