PELAKSANAAN PELAYANAN PENERBITAN SURAT KETERANGAN ASAL (SKA) BERDASARKAN PERMENDAG RI NOMOR 24 TAHUN 2018 TENTANG KETENTUAN DAN TATA CARA PENERBITAN SKA DI DISPERINDAG DIY

Anggraita Pramesti, Argo Pambudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan memperoleh pengetahuan mengenai pelaksanaan maupun faktor penghambat dari pelaksanaan
pelayanan  penerbitan Surat  Keterangan  Asal  (SKA) berdasarkan Permendag RI Nomor 24 Tahun 2018 di Disperindag DIY.
Penelitian ini juga ditujukan sebagai referensi bagi  pembaca  dan  instansi  terkait  serta  sebagai  evaluasi  
dan  pertimbangan  bagi  pemerintah  untuk memperbaiki  kinerjanya.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  deskriptif  
dengan  pendekatan  kualitatif dengan  menggunakan  data primer dan  data  sekunder.  Teknik  pemeriksaan  keabsahan  data  
dilakukan dengan triangulasi sumber.Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data,reduksi data,penyajian data,
serta  penarikan  kesimpulan  dan  verifikasi. Hasil  penelitian  menunjukan bahwa pelaksanaan Permendag  RI Nomor 24 Tahun 2018
di Disperindag  DIY dapat  dikatakan  cukup baik dilihat dari 4 indikator pelaksanaan yaitu pembuatan rencana detail seperti
pembuatan rencana jangka pendek dan mengorganisir sumber-sumber yang ada sesuai peraturan, pemberian tugas, monitoring, dan review  
yang telah  dilaksanakan  dengan  cukup  baik dalam  memenuhi  pelaksanaan  pelayanan  yang dibutuhkan masyarakat.
Adapun faktor penghambat yang muncul adalah hambatan dalam pembuatan rencana kegiatan mikro internal IPSKA DIY,kurangnya SDM yang tersedia,
keterbatasan  waktu pelayanan, serta kurangnya  informasi yang diberikan di website Disperindag DIY.

Kata kunci: Pelaksanaan Kebijakan, Pelayanan Penerbitan, SKA

Full Text:

PDF

References


Agustino, Leo. (2008). Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: CV. Alfabeta.

Agus, Erwan. (2012). Implementasi Kebijakan Publik “Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gaya Media.

Batinggi, Achmad. (2004). Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Universitas Terbuka.

Direktorat Fasilitasi Ekspor dan Impor Direktorat Jendral Perdagangan Luar Negeri. (2013). Surat Keterangan Asal

(Certificate Of Origin) untuk Barang Ekspor Indonesia. Jakarta: Kementrian Perdagangan RI.

H.A.S Moenir. (2006). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

(2014). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Kasmir. (2006). Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pasolong, Harbani. (2013). Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta

Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2018 tentang Ketentuan Tata Cara

Penerbitan SKA untuk Barang Asal Indonesia. Sekertariat Jendral Kementrian Perdagangan: Jakarta.

Republik Indonesia.(2003). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara: Jakarta.

Republik Indonesia.(2014).Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia tentang Ketentuan Asal Barang Indonesia.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia: Jakarta.

Republik Indonesia.(2015). Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 67 Tahun 205 tentang Rincian Tugas

dan Fungsi Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Sekertaris Daerah Istimewa Yogyakarta: Yogyakarta

Republik Indonesia. (2008). Peraturan Daerah Provinsi Istimewa Yogyakarta Nomor 6 Tahun 2008 tentang Organisasi

dan Tata Kerja Dinas Daerah Istimewa Yogyakarta. Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta: Yogyakarta

Siagian, S.P.(2008).Filsafat Administrasi. Jakarta: PT Bumi Aksara. Sinambela,L.P.2006.Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi.Jakarta: Bumi Aksara.

(2014). Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Subarsono, AG. (2011). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

(2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

.(2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Subarsono. (2016). Analisis Kebijakan Publik Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Terry, George R. (2006). Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Menperin.(2014). Industri Penunjang Migas Terbelit Masalah. Diakses pada 20 November 2018 pukul 13.00 WIB dari

http://www.kemenperin.go.id/artikel/ 3753/Menperin:-Industri-Penunjang- Migas-Terbelit-Masalah

Pusat Kebijakan Regional dan Bilateral Kementrian Keuangan RI dan Program Studi Kajian Wilayah America.(2012).

Kajian Kerjasama Bilateral Indonesia-Amerika Serikatdi Bidang Ekonomi.Jakarta :Program Pascasarjana Universitas Indonesia.

Diakses pada tanggal 10 November 2018 pukul 15.10 WIB pada http://kemenkeu.go.id/sites/defa ult/files/Kajian_Kerja_Sama_B ilateral_RI-AS.pdf




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i4.20474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress