STRATEGI PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN AKSES LAYANAN PUBLIK MELALUI JOGJA SMART SERVICE

Ferry Andriawan, Francisca Winarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi Pemerintah Kota Yogyakarta dalam meningkatkan akses layanan publik melaui Jogja Smart Service beserta faktor pendorong dan penghambat yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Peneliti adalah instrumen penelitian didukung dengan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi Pemerintah Kota Yogyakarta dalam meningkatkan akses layanan publik melalui Jogja Smart Service sudah dilaksanakan dengan baik. Program strategi yang dibuat sudah action-oriented. Penganggaran didukung oleh anggaran belanja
daerah dengan jumlah biaya yang disertakan pada tiap-tiap program strategi. Setiap program strategi memiliki prosedur urutan penyelesaian pekerjaan. Dukungan kelembagaan menjadi faktor pendorong dalam bentuk peraturan, SDM dan infrastruktur jaringan internet.  Hambatan yang ditemui adalah kurangnya kesiapan teknologi bagi penduduk berusia tua, permasalahan sistem e-government dan keterbatasan anggaran.

Kata kunci:  implementasi strategi, Jogja Smart Service dan akses layanan publik
 


Full Text:

PDF

References


Amir, Taufik. (2011). Manajemen Strategik Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Anonim.(2019). Topten Pertanyaan. UPIK Pemerintah Kota Yogyakarta.

Didapat dari upik.jogjakota.go.id/index.php/stati stik/topten_pertanyaan

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.(2017). Penetrasi dan Pengguna Internet Indonesia 2017.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Didapat dari www.apjii.or.id

Creswell, John W.(2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dinas Kominfosan Kota Yogyakarta.(2019). Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2018. Yogyakarta: Dinas Kominfosan Kota Yogyakarta.

Dwiyanto, Agus. (2014). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Effendi, Sofian. (2010). Reformasi Tata Kepemerintahan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hunger, J. David dan Thomas L. Wheelan. (2003). Managemen Strategis. Yogyakarta: Andi

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nainggolan, Desriani Paulina. (2018). Strategi Penerapan E-Government Di Kota Pekanbaru. JOM FISIP. 5 (1):1-13

Neuman, W. Lawrence. (2017). Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Indeks.

Nugraha, Joko Tri. (2018). E-Government dan Pelayanan Publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government Di Pemerintah Kabupaten Sleman).

Jurnal Komunikasi dan Kajian Media. 2 (1): 32-42

Peraturan Walikota Yogyakarta No. 15 Tahun 2015 tentang E-Government.

Salusu, J. (1996). Pengambilan Keputusan Stratejik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Jakarta: Grasindo.

Scwaab, Klauss. (2017). The Global Competitiveness Report 2017-2018. Geneva: World Economic Forum.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Wardhani, Christi Mahatma. (19 Januari 2019). Diskominfosan Kota Yogyakarta Kembangkan JSS untuk Smartphone IOS. Tribun Jogja.

Didapat dari jogja.tribunnew s.com/2019/01/19/diskominfosan- kota-yogyakarta-kembangkan-jss- untuk-smartphone-ios




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i4.20442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress