STRATEGI PENERAPAN RAIL TIKET SISTEM DI PT. KERETA API INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA MASYARAKAT DI STASIUN BESAR YOGYAKARTA, DAERAH OPERASIONAL VI YOGYAKARTA
Abstract
dalam meningkatkan pelayanan pada masyarakat dan mengetahui faktor pendukung dan
penghambat dalam rangka penerapan program rail tiket sistem di Stasiun besar Yogyakarta,
Daerah Operasional VI Yogyakarta. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian
adalah deskritif pendekatan kualitatif. Desain penelitian ini dianggap mampu menjelaskan
penelitian secara mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi penerapan rail tiket
sistem yang dilakukan oleh PT.Kereta Api Indonesia belum berjalan dengan baik dalam pelaksanaanya.
Adapun implementasi strategi dalam program penerapan rail tiket sistem di daerah operasional VI
Yogyakarta yang teridentifikasi yakni (1) menetapkan aturan atau kebijakan Pelayanan Penjualan
Tiket Kereta Api (2) mempersiapkan sumberdaya untuk mendorong pelaksanaan,PT.Kereta Api Indonesia
harus sesuai dengan visi dan misi.(3) menghantarkan kebijakan konkrit.Daerah Operasional VI Yogyakarta
harus mengoptimalkan layanan penjualan tiket online dan juga mengawasi secara langsung progam penerapan
rail tiket sistem di daerah operasional VI Yogyakarta khususnya di Stasiun besar Yogyakarta.
Kata kunci: PT.Kereta Api Indonesia, Penerapan Rail Tiket Sistem, Pelayanan
Full Text:
PDFReferences
Tjiptono, Fandy. (2001). Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta.
Abdul Wahab, Solichin. (2008). Pengantar Analisis Kebijakan Publik.
Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press
Lexy Moleong J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya
Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis,
Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat.Jakarta.
Anwar, M. Khoirul dan Oetojo S, Asianti.(2004). SIMDA: Aplikasi Sistem Informasi Manajemen
Bagi Pemerintah Di Era Otonomi Daerah. Yogakarta: Pustaka Pelajar
Hasan, Alwi dkk. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Jakarta: Departemen Pedidikan Nasional Balai Pustaka
Hasan, Iqbal.(2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya.
Jakarta: Ghalia Indonesia
Indrajit, Richardus Eko.(2006). Electronic Government (Strategi Pembangunan
dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital).Yogyakarta: Andi
Jugiyanto. (2005). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi
Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Makmur. (2011). Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Bandung: Refika Aditama.
Nazir, Mohammad. (1988). Metode Penelitian. Jakarta:Ghalia Indonesia O’Brein.
James A. (2005). Pengantar Sistem Informasi.Jakarta: Salemba 4
Bandung: Alfabeta Sondang P.Siagian,(2001), Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta:Bumi Aksara
Ratminto dan Atik Septi Winarsih (2008) Manajemen Pelayanan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i4.20441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress