STRATEGI PENERAPAN RAIL TIKET SISTEM DI PT. KERETA API INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA MASYARAKAT DI STASIUN BESAR YOGYAKARTA, DAERAH OPERASIONAL VI YOGYAKARTA

Emda Nugroho, Argo Pambudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan PT.Kereta Api Indonesia
dalam meningkatkan pelayanan  pada  masyarakat  dan  mengetahui  faktor  pendukung  dan
penghambat dalam rangka penerapan program rail tiket sistem di Stasiun  besar Yogyakarta,
Daerah  Operasional  VI  Yogyakarta. Desain  penelitian  yang  digunakan  dalam  penelitian  
adalah deskritif  pendekatan  kualitatif. Desain  penelitian ini dianggap mampu menjelaskan
penelitian secara mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi penerapan rail tiket
sistem yang dilakukan oleh PT.Kereta Api Indonesia belum berjalan dengan baik dalam pelaksanaanya.
Adapun implementasi strategi dalam program penerapan rail tiket sistem di daerah operasional VI
Yogyakarta yang teridentifikasi yakni (1) menetapkan aturan atau kebijakan Pelayanan Penjualan
Tiket Kereta Api (2) mempersiapkan sumberdaya untuk mendorong pelaksanaan,PT.Kereta Api Indonesia
harus sesuai dengan visi dan misi.(3) menghantarkan kebijakan konkrit.Daerah Operasional VI Yogyakarta
harus mengoptimalkan layanan penjualan tiket online dan juga mengawasi secara langsung progam penerapan
rail tiket sistem  di daerah operasional VI Yogyakarta khususnya di Stasiun besar Yogyakarta.

Kata kunci: PT.Kereta Api Indonesia, Penerapan Rail Tiket Sistem, Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Tjiptono, Fandy. (2001). Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta.

Abdul Wahab, Solichin. (2008). Pengantar Analisis Kebijakan Publik.

Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press

Lexy Moleong J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis,

Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat.Jakarta.

Anwar, M. Khoirul dan Oetojo S, Asianti.(2004). SIMDA: Aplikasi Sistem Informasi Manajemen

Bagi Pemerintah Di Era Otonomi Daerah. Yogakarta: Pustaka Pelajar

Hasan, Alwi dkk. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jakarta: Departemen Pedidikan Nasional Balai Pustaka

Hasan, Iqbal.(2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya.

Jakarta: Ghalia Indonesia

Indrajit, Richardus Eko.(2006). Electronic Government (Strategi Pembangunan

dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital).Yogyakarta: Andi

Jugiyanto. (2005). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi

Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Makmur. (2011). Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Bandung: Refika Aditama.

Nazir, Mohammad. (1988). Metode Penelitian. Jakarta:Ghalia Indonesia O’Brein.

James A. (2005). Pengantar Sistem Informasi.Jakarta: Salemba 4

Bandung: Alfabeta Sondang P.Siagian,(2001), Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta:Bumi Aksara

Ratminto dan Atik Septi Winarsih (2008) Manajemen Pelayanan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i4.20441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress