EFEKTIVITAS INOVASI PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MELALUI E-SAMSAT DI KOTA YOGYAKARTA
Abstract
pelayanan pajak kendaraan bermotor melalui e-samsat di Kota Yogyakarta. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa efektivitas inovasi pelayanan pajak kendaraan bermotor melalui e-samsat
di kota tersebut belum tercapai dikarenakan dua dari tiga indikator efektivitas menurut Duncan
belum terpenuhi. Hal ini dapat dilihat dari indikator pencapaian tujuan dan integrasi.
Pada indikator pencapaian tujuan, inovasi pelayanan e-samsat belum memenuhi faktor target waktu
dan dasar hukum. Selain itu, pada indikator integrasi, inovasi pelayanan e-samsat belum
memenuhi faktor sosialisasi. Faktor penghambatnya antara lain: (1) Masyarakat masih belum
merasa nyaman dengan pelayanan e-samsat. (2) Pelayanan e-samsat hanya bisa diakses oleh pengguna ATM
Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY saja. (3) Nama yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP) harus sama
dengan nama di rekening.
Kata kunci: Efektivitas, Pajak Kendaraan Bermotor, Inovasi Pelayanan E-samsat.
Full Text:
PDFReferences
Budiani, N.W. 2009. “Efektivitas Program Penanggulangan Pengangguran Karang Taruna Eka Taruna Bhakti Desa Sumerta
Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar”.Jurnal Ekonomi dan Sosial. Vol 1, No 2. Halaman 53.Universitas Udayana.
Hardiawan, A. 2015. Efektivitas Program Pembinaan Dinas Sosial pada Wanita Pekerja Seks di Kota Cilegon.
Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Herdiansyah, H. 2010. Metodologi Penelitian Kualitataif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
http://www.nusakini.com/news/e-samsat- yogyakarta-permudah-pelayanan-dan- upaya-kikis-pungli diakses pada 11 Juni 2019 pukul 13:30 WIB
Makmur. 2015. Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Muawanah, R. 2014. Hubungan antara Tingkat Religiusitas dengan Berpacaran pada Mahasiswa Semester VI Fakultas Psikologi
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Ratminto, & Winarsih, A.S. 2013. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Steers, R.M.1985. Efektivitas Organisasi. (Terjemahan Magdalena Jamin). Jakarta: Erlangga.(Edisi asli diterbitkan tahun 1977
oleh Goodyear Publishing Company Inc. Santa Monica California).
Sucahyowati, H. 2017. Pengantar Manajemen. Jakarta: Wilis.
Tangkilisan, H.N.S. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: Grasindo.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.
Wijayanti, F. 2013. Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor di SAMSAT Kota Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta.
Zainal, A.M & Hasrul, H. 2009. “Tingkat Integritas Instansi Pelayanan BPN dan SAMSAT di Provinsi DIY”. Jurnal Fakultas Hukum. Universitas Gajah Mada.
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i3.20427
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress