EFEKTIVITAS INOVASI PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MELALUI E-SAMSAT DI KOTA YOGYAKARTA

Dien Andharista, Argo Pambudi

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  mengetahui  efektivitas  serta  faktor  penghambat  dalam  inovasi  
pelayanan pajak  kendaraan  bermotor  melalui  e-samsat  di  Kota  Yogyakarta.  Penelitian  ini  
menggunakan  desain penelitian  deskriptif  dengan  pendekatan  kualitatif.  Hasil  penelitian  
menunjukkan  bahwa  efektivitas inovasi  pelayanan  pajak  kendaraan  bermotor  melalui  e-samsat  
di  kota  tersebut  belum  tercapai dikarenakan dua dari tiga indikator efektivitas menurut Duncan
belum terpenuhi. Hal ini dapat dilihat dari indikator pencapaian tujuan dan integrasi.
Pada indikator pencapaian tujuan, inovasi pelayanan e-samsat belum  memenuhi  faktor  target  waktu  
dan  dasar  hukum.  Selain  itu,  pada  indikator  integrasi,  inovasi pelayanan  e-samsat  belum  
memenuhi  faktor  sosialisasi.  Faktor  penghambatnya  antara  lain:  (1) Masyarakat masih belum
merasa nyaman dengan pelayanan e-samsat. (2) Pelayanan e-samsat hanya bisa diakses oleh pengguna ATM
Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY saja. (3) Nama yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP) harus sama
dengan nama di rekening.

Kata kunci: Efektivitas, Pajak Kendaraan Bermotor, Inovasi Pelayanan E-samsat.



Full Text:

PDF

References


Budiani, N.W. 2009. “Efektivitas Program Penanggulangan Pengangguran Karang Taruna Eka Taruna Bhakti Desa Sumerta

Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar”.Jurnal Ekonomi dan Sosial. Vol 1, No 2. Halaman 53.Universitas Udayana.

Hardiawan, A. 2015. Efektivitas Program Pembinaan Dinas Sosial pada Wanita Pekerja Seks di Kota Cilegon.

Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Herdiansyah, H. 2010. Metodologi Penelitian Kualitataif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

http://www.nusakini.com/news/e-samsat- yogyakarta-permudah-pelayanan-dan- upaya-kikis-pungli diakses pada 11 Juni 2019 pukul 13:30 WIB

Makmur. 2015. Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Muawanah, R. 2014. Hubungan antara Tingkat Religiusitas dengan Berpacaran pada Mahasiswa Semester VI Fakultas Psikologi

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ratminto, & Winarsih, A.S. 2013. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Steers, R.M.1985. Efektivitas Organisasi. (Terjemahan Magdalena Jamin). Jakarta: Erlangga.(Edisi asli diterbitkan tahun 1977

oleh Goodyear Publishing Company Inc. Santa Monica California).

Sucahyowati, H. 2017. Pengantar Manajemen. Jakarta: Wilis.

Tangkilisan, H.N.S. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: Grasindo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Wijayanti, F. 2013. Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor di SAMSAT Kota Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta.

Zainal, A.M & Hasrul, H. 2009. “Tingkat Integritas Instansi Pelayanan BPN dan SAMSAT di Provinsi DIY”. Jurnal Fakultas Hukum. Universitas Gajah Mada.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i3.20427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress