KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo, dan mengetahui apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang kependudukan dan pencatatan sipil. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo telah baik, namun terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan menurut Gespersz, yaitu terdapat 10 aspek pelayanan publik, diketahui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo telah menerapkannya dengan baik. Terdapat faktor penghambat dalam pelayanan publik yaitu terkait kelengkapan, bahwa aspek kelengkapan masih dirasa kurang, karena diketahui terdapat kekurangan komputer e-KTP, dan belum terdapat genset, sedangkan untuk faktor pendorong yaitu menerapkan berbagai inovasi pelayanan.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Full Text:
PDFReferences
Barata, Atep Adya. 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Yudistira
Bogdan dan Taylor. 2012. Prosedur Penelitian. Dalam Moleong. Pendekatan Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Fulthoni dkk. 2009. Memahami Administrasi Kependudukan. Jakarta: The Indonesian Legal Resource Center (ILRC)
Harbani, Pasolong. 2013. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.
H.A.S Moenir. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2006. Manajemen Pelayanan.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sinambela, Litjan Poltak 2010. Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Tjiptono, Fandy 2000. Manajemen jasa. Yogyakarta: AndiOffset.
Zaenal, Mukaron dan Muhibudin Wijaya Laksana. 2015. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV Pustaka Setia.
Achni Sutopo. Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada tanggal 23 Oktober 2018.
Eka Puspitasari. 2015 Efektivitas Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2018.
UU No. 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan
UU No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
UU No. 24 Tahun 2013 Tentang Pencatatan Sipil
Lembaga Administrasi Negara, 1998. Tentang Bentuk Pelayanan Publik
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pelayanan Publik
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2004 Tentang Pelayanan Publik
Keputusan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81 Tahun 1995
Peraturan Bupati Purworejo Nomor 64 Tahun 2017 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo.
Peraturan Daerah Kabupaten Purworejo No 2 Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo
Data Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo Semester 2 Tahun 2017
Data Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo Semester 1 Tahun 2018
Disdukcapil.purworejokab.go.id/
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i3.19398
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress