KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PURWOREJO

Wiji Astuti, Francisca Winarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan  Sipil  Kabupaten  Purworejo,  dan  mengetahui  apa  saja  faktor  penghambat  dan  faktor pendukung  Dinas  Kependudukan  dan  Pencatatan  Sipil  Kabupaten  Purworejo  dalam  meningkatkan kualitas  pelayanan  publik  di  bidang  kependudukan  dan  pencatatan  sipil.  Metode  penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  kualitas  pelayanan  yang  ada  di  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo telah baik, namun terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan menurut Gespersz, yaitu terdapat 10 aspek pelayanan publik, diketahui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo telah menerapkannya dengan baik. Terdapat faktor penghambat dalam pelayanan publik yaitu terkait kelengkapan,  bahwa  aspek  kelengkapan  masih  dirasa  kurang,  karena  diketahui  terdapat  kekurangan komputer  e-KTP,  dan  belum  terdapat  genset,  sedangkan  untuk  faktor  pendorong  yaitu  menerapkan berbagai inovasi pelayanan. 

Kata kunci: Kualitas Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil   


Full Text:

PDF

References


Barata, Atep Adya. 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Yudistira

Bogdan dan Taylor. 2012. Prosedur Penelitian. Dalam Moleong. Pendekatan Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Fulthoni dkk. 2009. Memahami Administrasi Kependudukan. Jakarta: The Indonesian Legal Resource Center (ILRC)

Harbani, Pasolong. 2013. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

H.A.S Moenir. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2006. Manajemen Pelayanan.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sinambela, Litjan Poltak 2010. Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Tjiptono, Fandy 2000. Manajemen jasa. Yogyakarta: AndiOffset.

Zaenal, Mukaron dan Muhibudin Wijaya Laksana. 2015. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Achni Sutopo. Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada tanggal 23 Oktober 2018.

Eka Puspitasari. 2015 Efektivitas Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2018.

UU No. 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan

UU No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

UU No. 24 Tahun 2013 Tentang Pencatatan Sipil

Lembaga Administrasi Negara, 1998. Tentang Bentuk Pelayanan Publik

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pelayanan Publik

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2004 Tentang Pelayanan Publik

Keputusan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81 Tahun 1995

Peraturan Bupati Purworejo Nomor 64 Tahun 2017 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo.

Peraturan Daerah Kabupaten Purworejo No 2 Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo

Data Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo Semester 2 Tahun 2017

Data Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo Semester 1 Tahun 2018

Disdukcapil.purworejokab.go.id/




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i3.19398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress