KUALITAS PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor pada Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor pada Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta sudah sesuai dengan aspek berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati. Namun dalam meningkatkan kualitas pelayanan memiliki faktor penghambat yaitu belum terintegrasi dengan sistem informasi managemen Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, kurangnya kesadaran dari masyarakat wajib uji untuk melakukan uji berkala kelaikan kendaraan bermotor, sosialisasi pengujian kendaraan bermotor tidak dilakukan secara langsung oleh pihak UPT Pengujian Kendaraan Bermotor, tidak ada pendaftaran secara online serta tidak ada layanan untuk jasa pemasangan tanda samping dan pemasangan plat uji.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Pengujian Kendaraan Bermotor
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistika Kota Yogyakarta. (2018). Kota Yogyakarta Dalam Angka. Kota Yogyakarta: BPS Kota Yogyakarta.
Creswell, John W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik; Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Moleong, Lexy J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Afrizal, dkk. 2015. Studi Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Semarang. Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.
Chantika, O. D. 2013. Kinerja Organisasi UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Wiyung Kota Surabaya. Program studi Ilmu Adminitrasi Negara, FISIP, Universitas Airlanggan. Volume 1, Nomor 1, Halaman 6.
Damayanti, Rosi. 2012. Pelaksanaan Pengujian Kendaraan Bermotor Terkait dengan Keselamatan Penumpang (Studi di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Wati, A. 2017. Studi Tentang Pengujian Kelaikan Kendaraan Bermotor Di UPT Dinas Perhubungan Kota Samarinda. Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Volume 5 Nomor 1 Halaman 10.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2005 tentang pedoman penyusunan dan penerapan Standar Pelayanan Minimal.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan publik.
Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 16 tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan Pengujian Kendaraan Bermotor.
Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan.
https://perhubungan.jogjakota.go.id/profil/i ndex/22 (Diakses pada tanggal 26 Oktober 2018).
upik@jogjakota.go.id (diakses pada tanggal 22 Maret 2019).
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i2.19334
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress