KUALITAS PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA YOGYAKARTA

Khairunnisa Khairunnisa, Francisca Winarni

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  kualitas  pelayanan  pengujian  kendaraan  bermotor pada  Dinas  Perhubungan  Kota  Yogyakarta  serta  faktor  pendukung  dan  faktor  penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan  wawancara,  observasi  dan  dokumentasi.  Teknik  pemeriksaan  keabsahan  data menggunakan  triangulasi  sumber,  dan  teknik  analisis  data  menggunakan  model  analisis  Miles  dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor pada  Dinas  Perhubungan  Kota  Yogyakarta  sudah  sesuai  dengan  aspek  berwujud,  kehandalan, ketanggapan,  jaminan  dan  empati.  Namun  dalam  meningkatkan  kualitas  pelayanan  memiliki  faktor penghambat yaitu belum terintegrasi dengan sistem informasi managemen Kementerian Perhubungan Republik  Indonesia,  kurangnya  kesadaran  dari  masyarakat  wajib  uji  untuk  melakukan  uji  berkala kelaikan  kendaraan  bermotor,  sosialisasi  pengujian  kendaraan  bermotor  tidak  dilakukan  secara langsung  oleh  pihak  UPT  Pengujian  Kendaraan  Bermotor,  tidak  ada  pendaftaran  secara  online  serta tidak ada layanan untuk jasa pemasangan tanda samping dan pemasangan plat uji.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Pengujian Kendaraan Bermotor 


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistika Kota Yogyakarta. (2018). Kota Yogyakarta Dalam Angka. Kota Yogyakarta: BPS Kota Yogyakarta.

Creswell, John W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik; Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Moleong, Lexy J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Afrizal, dkk. 2015. Studi Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Semarang. Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.

Chantika, O. D. 2013. Kinerja Organisasi UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Wiyung Kota Surabaya. Program studi Ilmu Adminitrasi Negara, FISIP, Universitas Airlanggan. Volume 1, Nomor 1, Halaman 6.

Damayanti, Rosi. 2012. Pelaksanaan Pengujian Kendaraan Bermotor Terkait dengan Keselamatan Penumpang (Studi di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Wati, A. 2017. Studi Tentang Pengujian Kelaikan Kendaraan Bermotor Di UPT Dinas Perhubungan Kota Samarinda. Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Volume 5 Nomor 1 Halaman 10.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2005 tentang pedoman penyusunan dan penerapan Standar Pelayanan Minimal.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan publik.

Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 16 tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan Pengujian Kendaraan Bermotor.

Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan.

https://perhubungan.jogjakota.go.id/profil/i ndex/22 (Diakses pada tanggal 26 Oktober 2018).

upik@jogjakota.go.id (diakses pada tanggal 22 Maret 2019).




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v4i2.19334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress